7 Ramuan Obat Herbal Dan Cara Membuatnya Untuk Segala Penyakit

7 Ramuan Obat Herbal Dan Cara Membuatnya Untuk Segala Penyakit

Gambar Ramuan Pengobatan Herbal Tradisional Via Pixabay.com

Sudah banyak masyarakat baik di perkotaan maupun di perkampungan yang tidak lagi menggunakan obat – obatan herbal. Jikalau ada, tentu beberapa dari mereka membelinya secara instan, tanpa meracik/mengolahnya sendiri. Dengan adanya obat – obatan kimia yang lebih baik, manjur, dan memberi pengaruh yang cepat, membuat daya beli masyarakat terhadap obat – obatan tersebut menjadi sangat tinggi.

Tentu dikarenakan minimnya waktu yang dimilki oleh beberapa pasien, membuat mereka tidak ada pilihan lain selain membeli dan membeli obat – obat tersebut. Namun, tidak ada salahnya bukan jika anda masih menggunakan obat – obatan herbal yang langsung diperoleh dari alam Indonesia yang kaya ini? .

Baca Dulu 8 Manfaat Dan Cara Membuat Minuman Susu Kunyit Khas India

Nah, lantas disini akan dijelaskan beberapa resep obat – obatan herbal untuk penyakit yang sering dialami masyarakat Indonesia.

1. Salesma/Pilek

Seperti yang sudah banyak diketahui, penyakit ini disebabkan oleh virus influenza, debu, rasa kedinginan, kehujanan, bahkan hingga meminum minuman yang terlalu dingin. Jika sudah terserang penyakit yang satu ini, rasanya tentu akan sangat terganggu bahkan saat sedang ibadah, tidur, maupun sekedar bernafas.

Berikut bahan – bahan herbal yang diperlukan untuk mengobati penyakit ini.

Bahan :

Lempuyang 25gram
Cabe 25 gram
Jahe 10 gram
Kunyit 5 gram
Laos 5 gram
Gula aren secukupnya

Cara Membuat :

Semua bahan ditumbuk jadi satu lalu direbus dengan ½ liter dan biarkan hingga tersissa ¼ liter.
Diminum 3x dalam sehari
Untuk resep lain yang lebih mudah, bisa menggunakan jeruk nipis 2 buah dan gula aren secukupnya. Seduh kedua bahan tersebut dengan segelas air panas dan minum dengan rutin 2x sehari.

2. Sakit tenggorokan / Batuk

Sumber menyatakan bahwa ada dua macam jenis sakit tenggorokan, yang pertama disebut sakit batang tenggorokan yang diiringi dengan gejala gatal pada pangkal tenggorokan, suara parau/serak, kepala pusing dan sesak napas. Yang kedua disebut sakit cabang tenggorokan yang gejalanya batuk berlendir, kadang berarah tulang dada terasa sakit, nafas sesak, gelisah dan tidak keluar keringat. Nah, berikut bahan dan cara membuat obat herbalnya.

Bahan :

Bunga sirih 10 rangkai
Tulang daun sirih 5 batang
Gula batu bubuk 3 sendok makan
Garam dapur seperlunya

Cara Membuat :

Semua bahan diaduk dalam 1 gelas air panas, kemudian biarkan hingga dingin dan minum sampai habis tanpa perlu dirasa – rasa. Diminum pada pagi hari, dan untuk sore harinya buat kembali yang baru.

3. Insomnia

Tentu bukan hal yang wajar memiliki penyakit seperti ini. Terkadang diawali dengan kebiasaan, namun tentu terlalu berlebihan dan tak sedikit kerabat anda yang pasti memiliki penyakit seperti ini. Penyebabnya yang diketahui adalah banyak pikiran/memikir hal yang berat – berat, rasa takut, gangguan syaraf hingga frustasi. Berikut resep obat herbalnya.

Bahan :

Daun kangkung 50gram
Daun pegagan 10 gram
Ketumbar 5 gram
Jinten 3 gram

Cara Membuat :

Ketumbar dan jinten ditumbuk halus, kemudian semua bahan direbus jadi satu sampai masak, kemudian konsumsi selagi hangat. Dengan meminumnya secara rutin, penyakit ini pasti bisa cepat sembuh sambil dibarengin dengan kebiasaan/gaya hidup yang sehat.

4. Sakit Maag

Sakit maag ini akan sangat menganggu dalam kondisi mendesak sekalipun. Itu dikarenakan jadwal makan yang tidak teratur, terlalu banyak makan pedas, bercuka dan meminum minuman keras, pekerja maniak tanpa istirahat, makananan tidak dikunyah lebih dahulu, bahkan masalah tekanan batin juga berpengaruh.

Oleh karena itu, banyak penderita penyakit maagh yang berusaha menjaga pola makan mereka agar tetap teratur namun tidak memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Nah, berikut resep obat herbal yang bisa dibuat oleh penderita sakit maag.

Bahan :

Temulawak 8 potong
Bawang putih 2 siung
Kacang hijau ½ gelas

Cara Membuat :

Temulawak dan bawang putih diiris tipis – tipis. Kemudian, semua bahan direbus dengan 1 ½ gelas air hingga meresap menjadi ½ gelas saja. Konsumsi rutin pada pagi dan sore hari.  Untuk resep yang lebih instan, anda bisa membeli buah bengkuang, kemudian diparut lalu peras airnya. Dibubuhi sedikit garam lalu diminum setelah sarapan pagi. Sore harinya buat ramuan yang baru lagi.

5. Sembelit / Susah Buang Air Besar

Sembelit ini sendiri bukanlah penyakit, melainkan hanya gejala suatu penyakit. Sebelit ini bisa disebabkan karena kebanyakan duduk, kurang bergerak, dan tentunya kurang mengkonsumsi sayur dan buah – buahan. Berikut resep obat herbalnya

Bahan :

Wortel 2 batang
Air panas 2 sendok makan
Garam sedikit

Cara Membuat :

Wortel diparut, dibubuhi air panas 2 sendok makan, lalu diperas, dan bubuhi garam. Aduk rata, dan diminum 2 kali sehari. Untuk resep sederhananya yang lebih mudah, anda bisa membeli buah nanas 3 buah yang besar dan masak. Kupas kulitnya, bersihkan dan cuci lalu parut. Peraslah untuk diambil airnya. Minumlah 2x sehri ½ gelas. Anda juga bisa membeli jus nanas asli dan segar, atau bisa ditambahkan sawi agar kesegarannya lebih berasa.

6. Sakit di Waktu Haid

Menjadi kaum hawa itu tidaklah mudah. Banyak beberapa organ – organ yang memerlukan
perhatian dan perawatan ekstra. Untuk gejala penyakit dikala haid ini, biasanya beberapa
hari ebelum haid akan terasa nyeri pada perut bagian bawah.

Kadang rasa sakit itu bisa
menjalar hingga ke punggung, pinggang dan pangkal paha. Selain itu, kepala pusing dan sering muntah. Tentu rasa nyeri seperti itu akan menghilang jika sudah mengeluarkan darah haid tersebut. Namun, untuk mengantisipasi hal seperti ini, berikut resep obat herbalnya.

Bahan :

Umbi pisang kepok 1 kepalan tangan
Air garam 2 – 3 sendok makan

Cara Membuat :

Umbi pisang kepok diparut llau diemas dengan air garam, diperas dan disaring. Konsumsi air perasan tersebut 2x sehari dan diminum tiap 2 sendok makan. Untuk resep yang lebih mudah, sediakanlah 2 butir bawang putih, buang kulitnya, kunyah halus dan terus ditelan disusul dengan minum air hangat 2 sendok makan. Lakukan cara ini 2x sehari. Pikirkanlah khasiat daripada rasa, hal itu dapat membantu anda untuk menjalani hidup sehat.

7. Sukar Buang Air Kecil / Anyang – anyangan

Sangat tidak nyaman sekali jika sudah merasakan ini. Rasanya perih dan sedikit nyeri namun membuat perasaan tidak nyaman karena rasanya bertumpu pada satu bagian. Anda tentu akan sangat resah jika sudah seperti ini dan rasanya tidak ingin cepat beranjak dari kamar mandi hingga air kecil anda benar – benar keluar semua.

Untuk pengobatan herbalny, ada banyak sekali langkah mudah yang bisa anda lakukan, seperti berikut :
Konsumsi banyak dan rutin sayuran setiap harinya khsususnya lobak, sawi, dan sayur jagung muda.
Minum air rebusan daun meniran
Makan bawang mentah yang dikupas terlebih dahulu
Makan buah duku
Banyak minum air kelapa hijau

Baca Dulu 8 Rahasia Agar Wajah Awet Muda Tanpa Perawatan dan Pengobatan

Buat ramuan akar alang – alang dengan cara mengambil seseondok akarnya yang dilembutkan, kemudian rebus dengan 2 gelas air dan tambahan beberapa batang tang kwe. Biarkan airnya meresap hingga setengahnya, lalu saring dan minum selagi hangat.

7 Ramuan Obat Herbal Dan Cara Membuatnya Untuk Segala Penyakit | Siopung | 4.5