Penjelasan Menu Sahur dan Berbuka Puasa Yang Sehat

Tahukah anda bahwa kebugaran tubuh saat menjalankan puasa di siang hari dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi disaat sahur dan berbuka puasa . Apakah kamu merasakan tubuh yang lemas saat beraktifitas dikala berpuasa? , Jika benar demikian maka kamu sebaiknya mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang ada saat ini . Sebagai penambah pengetahuan anda , maka kami akan menjelaskan secara singkat tentang menu sahur dan berbuka puasa yang sehat .

Menu sahur dan berbuka puasa yang sehat

Perhatian Asupan Vitamin dan Mineral Dalam Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Kurangnya vitamin dan Mineral menjadi salah satu penyebab kenapa kamu menjadi lemas saat menjalankan aktifitas dikala berpuasa . Kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan . Karena kandungan tersebut dapat membantu tubuh dalam menjaga produktifitasnya . Sehingga tubuh kamu bisa lebih sehat dan tampil prima .

Vitamin dan Mineral bisa kamu dapatkan pada makanan yang mengandung buah , sayur , kacang-kacangan , daging , ikan , susu , dan lain-lain . Tips bagi anda yang ingin membuat menu sahur dan berbuka , selalu sertakan tempe , ikan , sayur dalam menu sahur . Dan perbanyak makan buah-buahaan dikala sedang berbuka puasa .

Buah kurma , sudah cukup mewakili dari berbagai jenis buah-buahaan yang memiliki vitamin dan serat yang tinggi . Untuk menunya sendiri , anda dapat mencoba membuat sop buah , jus mentimun , sop buah tomat , dan lain-lain disaat berbuka . Untuk makanannya , mungkin anda dapat mencoba untuk membuat capcay kuah , sayur asem , dan lain-lain .

Dengan mengkonsumsi buah-buahan , anda dapat menjadi lebih tahan lapar . Hal ini dikarenakan buah-buahan mengandung serat yang tinggi. Makanan yang tinggi serat akan lebih bertahan lama di usus. Contohnya saja adalah Apel , Buah Pir , Jeruk , dan lain-lain .

Berdasarkan penjelasan diatas , inti utama makanan yang sehat untuk sahur dan berbuka puasa adalah yang memiliki vitamin , mineral , dan kandungan lainnya yang diperlukan tubuh . Jenis makanan yang memiliki minyak jenuh sebaiknya dihindari , karena dapat berakibat buruk terhadap kesehatan . Apalagi , porsi aktifitas dikala bulan Ramadahan biasanya akan berkurang daripada hari biasanya .

Sebagai tambahan informasi , berikut beberapa pertanyaan terkait menu sahur dan berbuka .

Apakah Mengkonsumsi Makanan Dengan Porsi Banyak Saat Sahur Akan Memiliki Tambahan Energi ?

Jawabannya adalah tidak . Jika saat sahur anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar , maka perut akan merasa kekenyangan dan tubuh anda akan menjadi lemas dan saat di siang hari anda akan merasakan kantuk yang berlebihan .

Apakah Menu Sahur dan Berbuka Puasa Yang Cocok Bagi Orang Diet ?

Jawabannya adalah jenis makanan yang mengandung protein seperti ikan , tempe , tahu . Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang direbus atau dipanggang . Hindari makanan gorengan yang rentan memiliki kandungan lemak jenuh  . Konsumsi buah-buahaan dan sayur-sayuran , karena dapat memberikan anda asupan vitamin dan serat yang cukup .

Tips

Prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh . Hal ini dikarenakan cairan tidak bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama di tubuh . Karena tubuh memiliki keterbatasan dalam menyimpan cairan . Saat kita bernafas tubuh mengeluarkan cairan , disaat kita berkeringat tubuh juga mengeluarkan cairan . Berbeda halnya dengan makanan yang bisa disimpan di dalam tubuh lebih lama. Jadi , perbanyak juga mengkonsumsi air putih gaesss 🙂

Penjelasan Menu Sahur dan Berbuka Puasa Yang Sehat | Siopung | 4.5