Penyebab Pori-Pori Batu Akik Melebar atau Bolong

Salah satu hal yang paling membuat para gemslover frustasi adalah ketika bahan batu akik yang digosok , dalam kondisi yang tidak diinginkan . Hal ini biasanya terjadi apabila batu retak , hancur , atau bolong-bolong alias pori-pori batu akik melebar . Dalam beberapa kasus , melebarnya pori-pori bisa diakibatkan karena kekerasan dan kepadatan batu yang sangat rendah .

Penyebab Pori-Pori Batu Akik Melebar

Selain faktor diatas , faktor lainnya yang menyebabkan batu akik anda menjadi rusak adalah kesalahan dari si penggosok . Penggosok batu akik yang baru belajar , biasanya lebih sering merusak batu daripada mereka yang sudah bertahun-tahun menggeluti pekerjaan tersebut . Pengalaman dan pengetahuan dari si penggosok , seharusnya anda perhatikan terlebih dahulu sebelum  memutuskan untuk menggosok batu akik kesayangan anda .

Selain itu juga salah satu penyebab batu akik anda menjadi rusak adalah tipe perawatan yang salah . Beberapa teknik perawatan yang sangat mainstream saat ini adalah melakukan perendaman dengan berbagai cairan . Cairan tersebut tentunya sangat ampuh untuk merawat batu akik , namun jika anda tidak menguasai tentang sifat dan jenis dari kandungan mineral batu akik anda , bukannya membuat batu akik lebih indah , justru membuatnya menjadi rusak .

Baca juga : Cairan Yang Digunakan Untuk Merawat Batu Akik

Pada umumnya , kekerasan dan kepadatan jenis batu akik di Indonesia bisa dikatakan sangat rendah . Bahkan untuk jenis batu yang populer , kekerasannya tidak bisa melebihi dari angka 7 Skala Mohs . Oleh sebab itu , diperlukan teknik khusus untuk menggosok batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah .

Tips Menggosok Batu Akik Yang Memiliki Kekerasan Rendah

Untuk menggosok batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah , anda pastikan terlebih dahulu bahwa tekstur dari batu gerinda milik anda tidak ada yang timbul atau kasar . Karena , salah satu penyebab utama para pengerajin gagal melakukan penggosokkan adalah kurang siapnya peralatan yang dimiliki .

Namun perlatan tersebut tidak akan berarti apabila anda tidak memiliki pengalaman yang cukup dalam menggosok batu akik . Jika anda kebetulan sekali adalah seorang pengerajin atau penggosok batu akik , selain menggosok batu maka hal-hal yang seharusnya anda pelajari adalah kandungan sifat dari berbagai mineral penyusun batu akik .

Hal ini tentunya akan sangat membantu anda menguasai batu dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan . Dalam menggosok atau mengkilapkan batu akik , yang paling terpenting adalah tetap menjaga suhu batu dalam keadaan normal . Untuk beberapa jenis batu akik tertentu , anda akan melihat perubahaan jika batu mendapatkan suhu yang terlalu panas . Untuk menyiasati hal tersebut , anda dapat menggunakan minyak atau air sebagai pengontrol dari suhu batu .

Penyebab Pori-Pori Batu Akik Melebar atau Bolong | Siopung | 4.5