Melihat Perbedaan Batu Black Jade Dengan Badar Besi

Ada sebuah polemik diantara para penggemar batu black jade aceh . Pasalnya , jenis ini memiliki kesamaan dengan badar besi . Yaitu sama-sama lengket dengan magnet ( besi berani ) dan beberapa spesies batu yang disebut badar besi juga memiliki warna yang hijau saat disenter . Lalu , diamanakah letak perbedaan batu black jade dengan badar besi ? . Pada artikel kali ini , siopung akan mencoba untuk menjelaskan letak perbedaan dari kedua jenis tersebut .

Perbedaan Batu Black Jade Dengan Badar Besi

Batu Black Jade Vs Badar Besi ( Badar Lumut )

Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan kedua jenis batu tersebut . Anda dapat melihatnya secara mudah hanya melalui warna batu .  Hanya saja , terjadi perdebatan dikalangan para gemslover . Apakah black jade lengket dengan magnet atau tidak . Hal ini dikarenakan banyaknya varian jenis black jade aceh yang sama sekali tidak lengket dengan magnet dan ada juga yang lengket dengan magnet .

Sama hal-nya dengan Badar Besi . Sejak dahulu para gemslover tanah air menyebut batu yang lengket dengan magnet  dengan sebutan badar besi . Sehingga semua batu yang dapat lengket dengan magnet disebut sebagai batu badar besi hingga sekarang .

Tapi , tahukah anda bahwa Badar Besi mengarah kearah jenis batuan Hematite . Hematit ( Hematite ) sendiri merupakan bentuk mineral besi (III) oksida (Fe203) . Mengalami kristalisasi dalam sistem rombohedral dan memiliki struktur kristal yang sama dengan imenit dan korundum . Warna umumnya adalah abu-abu perak atau warna baja , abu-abu kehijauan , coklat , merah kecoklatan , dan merah . Dan memiliki kekerasan 5-6 Skala Mohs .

Sedangkan Black Jade adalah jenis batu mineral yang mengandung Magnesium Silkat , Natrium Silikat , dan beberapa komposisi mineral lainnya .Jika pada batu Hematite , Besi Oksida merupakan bahan pembentuk . Tetapi di Batu Black Jade , kandungan ini menjadi senyawa pengotor yang sudah mengalami oksidasi tingkat tinggi .

Perbedaan Batu Black Jade Dengan Badar Besi

Untuk membedakan badar besi dengan Black Jade , anda dapat melihat bentuk kristal dan kebersihan dari batu . Black Jade yang mengandug besi oksida yang lebih sedikit , biasanya akan terlihat tembus cahaya . Sedangkan badar besi pada umumnya sangat sulit untuk tembus cahaya . Karena kandungan besi yang terlalu padat , menyebabkan cahaya sulit untuk menembus struktur batu .

Namun untuk beberapa kasus , anda juga akan menemukan badar besi ( badar lumut ) yang tembus cahaya . Untuk mengetahui apakah batu tersebut badar besi atau black jade , perhatikan kepekatan warna . Black Jade memiliki warna hitam pekat , sedangkan badar besi berwarna hitam abu-abu dan terkadang terlihat warna coklat dan terlihat lebih kotor .

Simak juga : Membuat Black Jade Cepat Tembus Dalam 7 Hari

Badar besi memiliki beragam variasi warna yang mungkin akan anda temui di masa depan . Untuk menambah informasi dan wawasan anda , kami sertakan beberapa gambar dari jenis batuan Hematite dibawah ini ,

Hematite

Ini adalah ragam bentuk dan warna dari batuan Hematite yang memiliki kandungan besi dominan . Ada yang berwarna merah dan yang paling umum ditemui memiliki warna abu-abu . Demikian artikel tentang cara melihat perbedaan batu black jade dengan badar besi . Semoga artikel ini dapat membantu .

Melihat Perbedaan Batu Black Jade Dengan Badar Besi | Siopung | 4.5