Perbedaan Batu Lavender Dengan Kecubung ( Amethyst )

Batu lavender adalah salah satu jenis yang populer dikalangan para gemslover Indonesia . Tidak kalah populer dengan lavender , jenis batu kecubung ungu atau asihan ( Amethyst ) juga diincar oleh banyak orang . Lantas , diantara batu lavender dan kecubung manakah yang terbaik? . Jika kita melihat dari bentuk kristal ,  kekerasan ( ketahanan) ,  dan kepadatan , maka jenis batu kecubung lebih diunggulkan dibandingkan lavander . Dan kecubung ( Amethyst ) memiliki peminat yang lebih tinggi daripada lavender .

Perbedaan Batu Lavender Dengan Kecubung

Gambar Batu Lavender via Google.co.id

Mengetahui Perbedaan Batu Lavender Dengan Kecubung ( Amethyst )

Bagi mereka para gemslover pemula , tentu melihat kesamaan dari kedua jenis batu ini yang sama-sama memiliki warna ungu . Sehingga sering kali mereka sulit untuk membedakan mana yang kecubung dan mana yang termasuk kedalam jenis batu lavender . Sebagai penambah informasi , kami akan coba untuk menjelaskan satu persatu untuk dapat mengetahui perbedaan batu lavender dengan kecubung .

Batu Kecubung

Batu Kecubung Amethyst

Batu kecubung atau Amethyst merupakan jenis mineral kuarsa ( Quartz ) yang memiliki kekerasan 7 Skala Mohs . Jenis ini banyak ditemukan di beberapa daerah di Pulau Kalimantan . Dan kalimantan sudah dikenal sejak lama menghasilkan jenis batuan mineral kuarsa terbaik di Indonesia . Seperti berbagai varian jenis lainnya yang disebut kecubung teh , air , dan lain-lain . Memiliki ciri-ciri berwarna ungu , tekstur jernih dan kekristalan sangat baik .

Simak juga: Jenis Batu Akik Kecubung Yang Paling Banyak Dicari

Batu Lavender

Batu lavender adalah jenis Natural Chalcedony Purple Color yang memiliki kekerasan antara 6 – 6.5 Skala Mohs . Jenis ini banyak ditemukan di Sumatera Selatan tepatnya di daerah Baturaja ( Ogan Komering Ulu ) , dan beberapa daerah lainnya seperti Aceh , Bengkulu , dan Sukabumi . Batu lavender memiliki ciri-ciri berwarna ungu abu-abu , terkadang terdapat biasan warna putih yang merupakan bentuk dari zat kalsium yang tertanam didalam batu . Bahkan dalam beberapa kasus , anda dapat menemukan motif junjung drajat .

Simak juga: Cara Menghilangkan Kapur Batu Lavender

bagaimana cara membedakan dari kedua jenis diatas ?

Yang paling mencolok dari kedua jenis diatas adalah warnanya . Amethyst atau kecubung memiliki warna yang lebih cerah dan terkadang lebih pekat . Tidak memiliki biasan putih abu-abu yang terdapat pada batu lavender . Saat disenter warna ungu tidak mengalami pengurangan . Berbanding terbalik dengan jenis Lavender , yang memiliki gradiasi warna abu-abu . Selain itu , perbedaan batu lavender dengan kecubung dapat dilihat dari kekristalannya . Jenis kecubung lebih jernih daripada lavender .

Perbedaan Batu Lavender Dengan Kecubung ( Amethyst ) | Siopung | 4.5