Benarkah Pil Vitamin Bermanfaat Atau Justru Berbahaya Bagi Tubuh

Manfaat Pil Vitamin

Gambar Berbagai Macam Suplemen Vitamin Via Google.co.id

Apakah kamu sedang mencoba untuk mulai mengkonsumsi lebih banyak suplemen vitamin? Kamu mungkin sekarang sedang mempertimbangkan apakah suplemen vitamin adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Tetapi pada saat yang sama kamu khawatir terhadap risiko dan efek samping dari suplemen tersebut. Mari kita lihat pro dan kontra dari suplemen vitamin dan tentukan apakah konsumsi suplemen vitamin merupakan jalan keluar yang baik atau tidak!

Pil Vitamin Sangat Bermanfaat

Kadang-kadang, gaya hidup kita yang sibuk dan aktif membatasi kita untuk mendapatkan asupan makanan yang sehat. Sebenarnya bukan suatu pilihan yang ideal, akan tetapi dalam situasi ini, mengkonsumsi suplemen vitamin dapat memasok vitamin dan mineral yang hilang dari pola makan kita yang buruk.

• Meningkatkan kesehatan mental
Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan suplemen vitamin dan mineral dapat membantu kesehatan mental. Para peneliti mengatakan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin akan mengurangi stres, kelelahan, kecemasan, dan gejala kejiwaan ringan. Juga, pasokan vitamin dan mineral yang memadai akan meningkatkan fungsi otak yang mengatur suasana hati kita.

• Meningkatkan energi
Vitamin B dan zat besi yang terkandung dalam suplemen memberikan pasokan energi. Vitamin B memberikan dukungan dalam metabolisme energi dan mempengaruhi bagaimana nutrisi yang diubah menjadi energi. Demikian pula dengan zat besi, di sisi lain, akan membantu tubuh kita mendapatkan oksigen dari aliran darah. Jika kita tidak memiliki pasokan zat besi yang cukup di dalam tubuh, kita akan mudah merasa lelah.

Pil Vitamin Sangat Berbahaya

Dalam survey yang dilakukan pada tahun 2013, ditemukan bahwa 50% orang Amerika mengkonsumsi multivitamin setiap hari sebelum melakukan aktivitas. Persentase ini termasuk kedalam kategori tingkat yang mengkhawatirkan . Hal ini dikarenakan banyaknya artikel dan penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin tidak diperlukan.

Karena tubuh kita hanya akan membuang suplemen tersebut tersebut sebagai sampah dan beberapa hipotesis mengungkapkan bahwa mengkonsumsi suplemen setiap hari itu berbahaya untuk tubuh.

• Terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin dapat menyebabkan keracunan vitamin.
Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin dalam satu hari yang tidak sesuai dengan rekomendasi dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan kita. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru pada perokok.

• Dapat meningkatkan risiko gagal jantung
Penelitian lain menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dari suplemen vitamin E dapat meningkatkan risiko gagal jantung. Para ahli kesehatan dan ahli gizi masih sangat menyarankan kita untuk makan makanan sehat dan alami untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini karena suplemen tidak memiliki faktor makanan tertentu, seperti serat makanan, yang biasa kita peroleh dari dalam makanan yang kita konsumsi.

Multivitamin kebanyakan hanya direkomendasikan jika tubuh kamu benar-benar memerlukan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Misalnya, wanita menstruasi membutuhkan lebih banyak zat besi karena kehilangan mineral. Para ahli juga merekomendasikan bahwa kita harus benar-benar memperhatikan dosis yang direkomendasikan dalam sebuah multivitamin.

Oiya, Baca Juga 6 Manfaat Vitamin D Bagi Wanita Yang Harus Kamu Ketahui

Kesimpulannya adalah, masih dianjurkan untuk memprioritaskan makan makanan yang sehat dan menjaga berat badan kamu dalam posisi ideal agar kamu dapat sehat luar dan dalam.

Benarkah Pil Vitamin Bermanfaat Atau Justru Berbahaya Bagi Tubuh | Siopung | 4.5