Rumus Cara Menentukan Lama Menabung Dengan Bunganya

Rumus Cara Menentukan Lama Menabung Dengan Bunganya

Gambar Ilustrasi Menabung Via Pixabay.com

Menabung adalah salah satu kegiatan dari manajemen keuangan yang harus dilakukan oleh semua orang. Menabung cara kita melihat dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Pada saat ini, ada banyak perbankan di tanah air yang menawarkan suku bunga yang sangat sehat untuk anda dapat menyimpan uang tersebut dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, anda akan mendapatkan keuntungan dari bunga tabungan anda.

Untuk kamu yang saat ini sedang merencanakan sesuatu di masa depan, kamu harus memulainya dari sekarang. Dengan menjalankan gaya hidup hemat seperti ini, bukan tidak mungkin dalam 10 tahun kedepan kamu akan mengumpulkan uang yang sangat banyak .

Menabung Adalah Strategi Hidup Di Masa Depan

Menurut pakar keuangan, setidaknya 30%-40% dari penghasilan kita sebaiknya di alokasikan setiap bulannya untuk menabung atau melakukan investasi jangka panjang. Pasalnya, jika kamu tidak menerapkan hal tersebut, keuangan anda akan berada pada situasi yang sangat berbahaya di masa depan.

Tanpa persiapan dari sekarang, kamu pasti akan mendapatkan permasalahan keuangan. Permasalahan keuangan pastinya akan dilalui setiap orang. Perbedaannya, sebagian mempersiapkan untuk hal tersebut, tetapi sebagian lainnya berpikir bahwa hal tersebut tidaklah perlu. Padahal, untuk hidup di masa depan, kamu harus memberikan pondasi yang kuat mulai dari sekarang.

Menentukan Berapa Lama Anda Menabung

Setiap tabungan yang anda punya haruslah memiliki tujuan yang jelas. Seperti tabungan rumah, pendidikan, atau liburan. Kurun waktu lamanya tergantung dari tujuan anda. Jika anda bertujuan menyimpan untuk untuk pendidikan anak, maka mulailah dari sekarang untuk menyisihkan setidaknya 10% dari gaji anda.

Jika anda memiliki gaji sebanyak 10jt perbulan, dengan menabung selama kurang lebih 5 tahun, anda akan mendapatkan setidaknya simpanan sebanyak 60jt. Di masa depan, nilai uang tersebut tentunya akan mengalami penurunan. Untuk itu, anda harus menyiasatinya dengan melakukan investasi jangka panjang. Seperti emas, properti, atau simpanan deposito .

Jika anda menginginkan bentuk investasi paling aman, maka kami sarankan anda untuk memilih tabungan deposito. Tabungan berjangka seperti ini sangat baik untuk menyiasati agar simpanan anda semakin bertambah.

Rumus Menentukan Lama Menabung Untuk Mencapai Bunga Yang Diinginkan

Untuk menentukan berapa lama anda harus menabung untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari bunga, maka kamu dapat menerapkan rumus dibawah ini .

Diketahui bahwa bunga/tahun untuk simpangan di suatu bank lokal adalah 5% . Anda sendiri memiliki simpanan uang sebanyak Rp 20.000.000. Setiap tahun anda akan mendapatkan keuntungan bersih dari bunga sebanyak Rp 1 juta . Jika anda menargetkan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak 500.000 saja, berapa lama kamu harus menabung?

Untuk menghitungnya, kamu dapat menerapkan rumus :

lama menabung = ( target bunga / bunga pertahun ) x 12 bulan

Jika menggunakan cerita yang diatas maka didapat

LM = ( 500.000/1.000.000) x 12 bulan
= ( 0,5 ) x 12 bulan
= 6 bulan

Baca Dulu Cara Menabung Yang Baik dan Efektif Agar Cepat Kaya

Jadi, untuk mendapatkan keuntungan bunga sebanyak 500.000, kamu setidaknya harus menyimpang uang kamu di bank selama 6 bulan. Setiap bank memiliki syarat dan aturannya masing-masing terkait simpanan berjangka.

Rumus Cara Menentukan Lama Menabung Dengan Bunganya | Siopung | 4.5