Penyebab Masalah Tubuh Lelah Dan Sakit Saat Bangun Tidur

Kelelahan bisa saja terjadi pada zaman modern seperti sekarang ini. Jam kerja yang panjang dan tanggung jawab menuntut kita untuk mengabaikan anjuran 8 jam tidur/malam dan hal tersebut dapat membuat kita merasa lelah.Tetapi bagaimana jika kamu sudah mendapatkan tidur yang cukup setiap malam namun masih merasa lelah? Merasa lelah sepanjang hari memang merupakan sesuatu yang cukup merepotkan dan dapat menurunkan kualitas hidup kita. Merasa lelah dapat menghentikan kita dari menikmati hari-hari akibat perasaan murung dan mudah tersinggung.

Sakit Saat Bangun Tidur

Penyebab Masalah Tubuh Saat Bangun Tidur Via Google.co.id

1. Penyebab Tubuh Terasa Capek Saat Bangun Tidur

Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda masih menderita kelelahan meskipun mendapatkan tidur penuh malam, atau anda merasakan sakit disekujur tubuh saat bangun tidur ? . masalahnya adalah terdapat pada kualitas tidur kamu bukan jumlah jam tidur kamu. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi seberapa baik kualitas tidur kita di malam hari. Maka di sini adalah beberapa alasan yang mungkin yang bisa menjelaskannya.

Tidak Cukup Olahraga

Kamu menghabiskan banyak waktu dengan duduk di meja selama hampir 8 jam. Gaya hidup yang kita jalani sehari-hari dapat mempengaruhi tubuh dan pikiran kita.

Kamu mungkin berpikir bahwa melakukan olahraga rutin hanya akan membuat lelah, tetapi taukah kamu dengan melakukan beberapa olahraga kamu akan meremajakan sel-sel dalam tubuh kamu sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Lakukan olahraga diwaktu senggang yang kamu miliki entah itu di pagi hari, saat istirahat makan siang atau di malam hari, olahraga rutin sehari-hari akan meningkatkan kebutuhan tubuh kamu untuk tidur dengan cara yang produktif dan alami.

Dehidrasi

Berapa banyak air yang kamu minum dalam sehari? Dehidrasi sangat memberikan kontribusi besar untuk kamu merasa lelah. Banyak orang tidak menyadari betapa sedikit air yang mereka minum sepanjang hari karena mereka selalu memberikan asupan cairan mereka dengan minuman bergula dan kafein yang tidak bermanfaat bagi tubuh seperti halnya air.

Dehidrasi memiliki efek yang merugikan pada tubuh kita. Organ kita tidak akan bekerja dengan efisien karena jantung mengirim oksigen pada kecepatan yang lebih lambat sehingga mengakibatkan kelelahan.

Pastikan kamu minum 8-10 gelas sehari dan menghindari minuman manis yang dapat menyebabkan penumpukan energi yang tidak diperlukan.

Diet Yang Buruk

Pola makan yang buruk akan sangat mempengaruhi bagaimana kamu melakukan aktivitas sepanjang hari. Jika kamu memakan makanan yang tinggi lemak atau tinggi karbohidrat maka hal ini bisa menjadi penyebab kamu merasa lebih lelah dari yang seharusnya.Makan makanan sehat sehat, diet seimbang merupakan kunci untuk menghindari kelelahan yang berlebihan.

Oiya, Simak Juga: 6 Cara Unik Terbukti Menurunkan Berat Badan Dalam 30 Hari

Makan sarapan yang sehat untuk memulai hari adalah penting untuk memerangi kelelahan. Tanpa sarapan tubuh kita akan mengalami kelaparan yang menyebabkan tubuh menggunakan sumber daya energi lebih cepat.

Depresi Atau Stres

Penyebab lain kelelahan bisa menjadi depresi atau stres. Kadang-kadang kita tidak selalu menyadari bahwa kita menderita depresi atau stress sampai tubuh kita menunjukkan gejalanya melalui lelah yang berlebihan.

Olahraga secara teratur dan mengatur pola makan kamu agar dapat membantu terhindar dari stres dan depresi serta gunakanlah metode relaksasi seperti mediasi dan yoga. Hal ini sangat penting untuk mengatur keseimbangan pikiran dan tubuh kamu secara bersama-sama.

Gula Darah Tidak Seimbang

Jika kamu banyak memakan makanan olahan atau makanan tinggi gula maka kamu mungkin mengalami kelebihan gula sepanjang hari. Jika hal ini terjadi maka penting untuk mengurangi jumlah gula halus dalam menu makanan kamu untuk menyeimbangkan kadar gula darah kamu.

Bukan berarti harus menghilangkan gula halus sama sekali – gula dari buah jauh lebih sehat sehingga menghindari kadar gula yang terlalu tinggi.

Adanya Masalah medis

Jika kamu berpikir bahwa diet kamu sehat, kamu minum banyak air, kamu tidak memiliki penyebab yang nyata stres dan kamu berolahraga secara teratur tetapi masih menderita kelelahan maka mungkin ada pada kondisi medis tubuh kamu yang perlu ditangani.

Ada banyak penyebab yang berbeda dari kelelahan ekstrim seperti anemia di mana sel-sel darah merah kamu mengalami kesulitan membuat hemoglobin yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kondisi lain bisa bisa jadi adalah sindrom kelelahan kronis, sleep apnea, tiroid kurang aktif, demam kelenjar dan banyak lagi. Tetapi itu semua hanyalah dugaan, yang terbaik adalah dengan pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan jawaban yang pasti.

2. Penyebab Tubuh Sakit Saat Bangun Tidur

Apakah kamu pernah merasakan sakit disekujur tubuh saat bangun tidur ? . Seperti tangan tidak bisa digerakkan atau mati rasa . Sekujur tubuh tidak bisa digerakkan, atau kaki tidak bisa diangkat ? . Ini adalah masalah urat saraf terjepit . Model tidur yang buruk dapat menyebabkan anda mengalami hal ini.

Dalam dunia kedokteran, mati rasa saat bangun tidur disebabkan oleh beberapa hal . Diantaranya adalah sebagai berikut :

Adanya Tekanan Yang Lama Pada Bagian Tubuh Tertentu

Saat anda tidur dalam kondisi miring, maka bagian tangan akan menopang tubuh anda . Jika dibiarkan begitu lama, maka peredaran darah akan terganggu . Saat peredaran darah terganggu, maka anda akan merasakan sakit atau tidak merasakan apa-apa sama sekali .

Untuk itu, tidur dengan posisi terlalu miring sangat berbaha bagi anda .

Malnutrisi atau Kurangnya Asupan Bergizi Pada Makanan Anda

Selain itu, masalah ini bisa jadi sebagi sinyal dari dalam tubuh . Kekurangan gizi dapat menciptakan kekacauan pada organ penting pada tubuh anda .

Oiya, Simak Juga: 7 Tips Sederhana Membuat Tubuh Tetap Sehat Setiap Hari

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur, sertan menghindari makanan cepat saji, adalah salah satu upaya yang bisa anda terapkan untuk tetap menjaga tubuh memiliki nutrisi yang cukup.

Penyebab Masalah Tubuh Lelah Dan Sakit Saat Bangun Tidur | Siopung | 4.5