Pertanyaan Umum dan Jawaban Seputar 4G Lengkap

4G adalah salah satu teknologi standar keempat dari jaringan telepon seluler yang menggunakan jaringan pita lebar ultra, yang mampu memberikan kecepatan internet lebih baik dibandingkan teknologi jaringan yang sebelumnya. Berkaitan dari perkembangan teknologi jaringan tersebut, ternyata masih banyak masyarakat indonesia yang belum memiliki pemahaman dan pengetahuan yang mendalam . Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar 4G.

Seputar Jaringan 4G

Gambar Ilustrasi Jaringan 4G Via Google.co.id

Apakah 4G Bisa 3G ?

Ini adalah salah satu pertanyaan sederhana yang sering kali ditanyakan . 4G merupakan salah satu jaringan yang disedikan tanpa menghilangkan jaringan sebelumnya. Di pengaturan tipe jaringan yang ada di smartphone , anda akan menemukan sebuah pilihan prioritas jaringan . Anda bisa memilih sendiri apakah anda menginginkan hp anda hanya menggunakan jaringan 4g atau 3g .

Jika Jika anda memilih jaringan 4g, disaat jaringan tersebut hilang, maka otomatis hp anda akan mencari jaringan 3g. Jadi jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak hilang. Jaringan 3G tidak akan hilang meski anda menggunakan jaringan 4g . Yang terpenting bahwa HP dan kartu SIM yang anda miliki mendukung untuk jaringan 4G.

Apakah 4G Lebih Boros ?

4G Boros

Gambar Ilustrasi Penggunaan Data Jaringan 4G

Pertanyaan sederhana kedua adalah apakah 4g lebih boros ? . Maka jawabannya adalah relatif , tergantung bagaimana pengguna memanfaatkannya . Jaringan 4g yang memiliki kecepatan upload/download yang lebih bcesar, tentu akan menghabiskan kuota anda lebih cepat . Semakit cepat anda membuka sebuah laman, tanpa anda sadari anda akan terus-menerus membuka halaman lainnya tanpa menyadari kuota anda juga habis .

Hal ini tentunya  berdampak pada psikologi anda bukan penggunaan data anda . Penggunaan data menggunakan jaringan 4g saat membuka suatu website yang sama dengan menggunakan jaringan 3g, tentulah sama . Setiap website memiliki ukuran yang sama jika dibuka dari berbagai macam perangkat . Jadi jawabannya adalah lebih memerlukan kuota yang lebih besar dibandingkan jaringan 3g .

Apakah 4g Lebih Boros Baterai ?

Jika ditanya apakah 4g lebih boros baterai , tentu jawabannya adalah iya . Namun, smarthphone terbaru yang sudah dibekali oleh jaringan 4g tentu akan diberikan kapasitas baterai yang lebih besar daripada biasanya . Hal ini mengingat bahwa jaringan 4g yang ada di indonesia berada pada kisaran 1800 MHz . Untuk mendapatkan frekuensi tersebut, perangkat keras akan bekerja lebih keras daripada berada di jaringan 2g atau 3g .

Jadi, untuk menghemat penggunaan baterai, dianjurkan untuk anda hanya memakai jaringan 3g saja . Hal ini sangat membantu jika kondisi baterai anda dalam keadaan lowbet .

Apakah 4G Harus Ganti Kartu dan Tidak Bisa Digunakan Di HP 3G ?

Kartu sim yang anda gunakan saat ini untuk dijaringan 3G tidak dibuat untuk jaringan 4G. Jadi anda wajib untuk menukarkannya ke pihak provider . Pada saat ini pihak provider yang ada di indonesia sudah mulai membuka program penukaran untuk upgrade 3G ke 4G di seluruh indonesia. Jadi, segera ganti kartu anda dan dapatkan pengalaman menggunakan 4g yang sangat istimewa .

Simak Juga: Tips Ampuh Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android

Lalu, jika HP anda hanya memiliki teknologi 3g, apakah tetap bisa menggunakan jaringan 4g? . Sampai saat ini hal itu tidaklah mungkin . Dikarenakan untuk menggunakan jaringan 4g, perangkat keras yang ada pada smartphone anda harus diganti dan diprogram untuk jaringan 4g. Demikian beberapa pertanyaan seputar 4g yang banyak dipertanyakan oleh masyarakat indonesia.

Pertanyaan Umum dan Jawaban Seputar 4G Lengkap | Siopung | 4.5