Daftar 20 Sungai Terpanjang Di Indonesia dan Dunia

Sungai Terpanjang Di Indonesia dan Dunia – Sungai adalah sebuah aliran air yang memiliki ukuran besar dan memanjang , mengalir secara terus menerus dari hulu hingga ke hilir . Hulu merupakan tempat dimana aliran sungai berawal , sedangkan hilir adalah tempat dimana aliran air tersebut berakhir . Aliran air sungai memiliki gerak dari dataran tinggi hingga ke dataran rendah . Tempat pertemuan antara sungai dan laut disebut sebagai Muara . Muara merupakan habitat yang sangat baik untuk banyak hewan . Sehingga wilayah tersebut banyak dijadikan sebagai pemukiman terkait tingginya keanekaragaman hayati .

Sungai Terpanjang Di Indonesia dan Dunia

Gambar Pemandangan Sungai Via Google.co.id

Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya

 

Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu juga berasal dari lelehan es/salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan. Ada banyak sekali manfaat dari sungai yang bisa kita ambil . Diantaranya adalah menjadi sumber kehidupan bagi manusia .

Air sungai dimanfaatkan untuk minum , mencuci pakaian , dan menjadi wilayah yang dapat dimanfaatkan untuk perekonomian masyarakat . Seperti perternakan dan sektor pariwisata . Namun faktanya dilapangan , kita sudah tidak mempedulikan kelestarian sungai . Manusia saat ini memandang sungai bukanlah sesuatu yang penting bagi kehidupan . Sehingga , sering kali kita mendapatkan kerugian dari akibat yang ditimbulkan . Membuang sampah dan limbah, pengrusakan hutan , menjadi permasalahaan yang harusnya kita selesaikan bersama .

Selain itu , sungai juga bermanfaat sebagai sumber irigiasi . Hal ini diperuntuhkan untuk mengairi sawah . Jika sungai tidak ada , maka kehidupan manusia yang membutuhkan pangan akan terancam . Sawah tidak akan mendapatkan pasokan air , dan tumbuhan yang ditanam oleh para petani akan rusak karena kekeringan . Tentu hal tersebut sangat menakutkan .

Daftar 10 Sungai Terpanjang Di Dunia

Di dunia ini terdapat beberapa sungai yang memiliki aliran air panjang dari hilir ke hulu . Negara yang mendominasi adalah China , Rusia , dan Amerika Selatan . Walaupun demikian , sebenarnya ada banyak sungai yang memiliki ukuran sangat panjang di dunia ini . Seperti di benua australia , amerika , asia , eropa dan lain-lain . Namun kami hanya akan membagi 10 nama sungai terpanjang di dunia . Untuk mengetahui lebih lanjut , kami sertakan beberapa nama-nama sungai , negara , serta panjangnya berikut ini .

  1. Sungai Nil ( Afrika ) – 6.650 Km
  2. Sungai Amazon ( Amerika Selatan ) – 6.437 Km
  3. Sungai Chang Jiang ( China ) – 6.300 Km
  4. Sungai Kuning Hwang Hoo ( China ) – 5.465 Km
  5. Sungai Yenisei ( Rusia ) – 5.539 Km
  6. Sungai Parana ( Amerika Selatan ) – 4.880 Km
  7. Sungai Zaire ( Kongo ) – 4.700 Km
  8. Sungai Irtysh ( Rusia ) – 4.284 Km
  9. Sungai Mississippi ( Amerika Serikat ) – 3.734 Km
  10. Sungai Ob ( Rusia ) – 3.630 Km

Daftar 10 Sungai Terpanjang Di Indonesia

Sungai Di Indonesia Mulai Tercemar

Gambar Sungai Di Indonesia Yang Mulai Tercemar Via Cnnindonesia.com

Di Indonesia dan di beberapa negara di Asia Tenggara , sungai menjadi salah satu yang terpenting dalam menunjang kehidupan masyarakat . Namun permasalahaan sampah menjadi yang paling besar dampaknya saat ini . Untuk mengenal lebih jauh terkait sungai terpanjang di Indonesia , berikut kami sertakan datanya untuk anda .

  1. Sungai Kapuas – Merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.
  2. Sungai Mahakam – Merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.
  3. Sungai Barito – Sungai yang terbesar dan terpanjang di Kalimantan Selatan adalah Sungai Barito. Hulu sungai Barito berada di pegunungan Schwaner, membujur dari wilayah Kalimantan Tengah di bagian utara Pulau Kalimantan hingga bermuara di Laut Jawa, sepanjang kurang lebih 900 Km
  4. Sungai Batanghari – Merupakan  sungai terpanjang di pulau Sumatera sekitar 800 km. Mata airnya berasal dari Gunung Rasan , dan yang menjadi hulu dari Batang Hari ini adalah sampai kepada Danau Diatas, yang sekarang masuk kepada wilayah Kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, dan mengalir ke selatan sampai ke daerah Sungai Pagu, sebelum berbelok ke arah timur. Aliran dari sungai ini melalui beberapa daerah yang ada di provinsi Sumatera Barat dan provinsi Jambi, seperti Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sebelum lepas ke perairan timur sumatera dekat Muara Sabak.
  5. Sungai Musi –  Merupakan sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian .
  6. Sungai Mamberamo – Merupakan sebuah sungai sepanjang 670 km yang terletak di sebelah selatan Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.
  7. Sungai Begawan Solo – Merupakan sungai terpanjang di pulau jawa . Memiliki 548,53 km dan mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur .
  8. Sungai Digul – Merupakan sungai di Papua yang berakhir di laut Arafuru dan memiliki panjang kurang lebih 525 Km .
  9. Sungai Indragiri / Batang Kuantan – Merupakan sungai yang terdapat di kabupaten Kuantan Singingi provinsi Riau dengan panjang 500 Km . Sungai ini berhulu pada Danau Singkarak di provinsi Sumatera Barat dan pada kawasan ini disebut juga dengan nama Batang Ombilin.
  10. Sungai Seruyan –  Merupakan yang melintasi dan mengalir di wilayah Kabupaten Seruyan, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Sungai yang mengalir dari utara ke selatan dan bermuara ke Laut Jawa ini memiliki panjang 350 Km .

Simak juga : Daftar Negara Di Dunia Yang Memiliki Hutan Terluas

Demikian artikel tentang sungai terpanjang di Indonesia dan dunia . Pada saat ini kita seharusnya mulai sadar untuk menjaga kelestarian sungai dan memandangnya sebagai hal yang penting . Apa yang sudah dibuat oleh manusia dalam merusak alam , semata-mata hanya akan membuat kehidupan seluruh manusia terancam .

Daftar 20 Sungai Terpanjang Di Indonesia dan Dunia | Siopung | 4.5