7 Hal Yang Menyebabkan Kamu Terbangun Tengah Malam Setiap Hari

7 Hal Yang Menyebabkan Kamu Terbangun Tengah Malam Setiap Hari

Gambar Ilustrasi Terbangun Tenah Malam Via Pixabay.com

Tentu sangat mengganggu apabila anda sering mendapatkan masalah terbangun tengah malam. Situasi seperti ini tentunya pernah dialami oleh semua orang. Jika dilihat dari usia, mereka yang berusia diatas 30 tahun akan sering mendapatkan permasalahan ini. Hal ini berkaitan dengan kondisi psikis pengidapnya.

Selain dari kondisi psikologi, adapun beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan kamu terbangun tengah malam adalah sebagai berikut .

1. Stress

Kondisi diaman anda mendapatkan banyak tekanan saat bekerja atau permasalahan pribadi yang selalu menghantui anda akan menyebabkan diri anda sering masuk pada fase terjaga. Pada fase tersebut, kesadaran anda akan mendadak kembali disaat tidur. Oleh sebab itu, mereka yang mendapati kondisi stress atau tekanan mental, sering mendapatkan gangguan tidur seperti ini.

Pada saat stress, kondisi tubuh tidak akan bekerja secara maksimal. Salah satunya adalah sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Bahkan pada saat kondisi yang sangat berat, stress dapat membuat anda tidak bisa tidur atau insomnia.

2. Sakit atau Masalah Medis

Jika anda merasa bahwa mood anda dalam kondisi yang baik, maka hal yang harus anda perhatikan jika anda selalu mendapatkan permasalahaan ini adalah kondisi kesehatan tubuh. Beberapa penyakit seperti asma atau paru-paru akan menyebabkan anda sering terbangun tengah malam. Selain itu, penyakit seperti diabetes atau jantung juga sering mengalami hal yang serupa.

Sebaiknya, periksakan kondisi kesehatan tubuh anda kepada ahli nya untuk mendapatkan visualisasi dari kondisi tubuh anda saat ini.

3. Faktor Lingkungan Rumah

Untuk faktor non-medis, kondisi lingkungan rumah memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat anda tetap nyaman saat tidur di malam hari. Kondisi yang bising, akan membuat anda sering mendapatkan gangguan. Selain kebisingan, kondisi suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas juga akan membuat banyak orang terbangun dari tidurnya.

Oleh sebab itu, menciptakan kondisi kamar tidur yang nyaman adalah salah satu upaya yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

4. Cahaya Yang Terlalu Terang

Jika anda adalah tipe orang yang tidak bisa tidur jika lampu dimatikan, maka cobalah untuk mengaturnya agar tidak terlalu terang. Pasalnya, cahaya lampu akan membuat tubuh anda tetap terjaga. Oleh sebab itu, kamu akan sering mendapatkan gangguan terbangun di tengah malam mesikipun tidak ada gangguan sama sekali.

Menurut penelitian, tidur dalam kondisi cahaya yang gelap ternyata lebih sehat daripada terang. Pada saat gelap, tubuh benar-benar istirahat dan tidak terlalu banyak bekerja ketimbang di cahaya yang terang.

5. Selalu Makan Malam

Normalnya anda makan sebelum anda masuk pada waktu tidur adalah 4-3 jam. Jika waktu tidur anda jauh dari jam makan malam, anda akan beresiko mendapatkan kondisi lapar di tengah malam. Pasalnya, 60% orang yang terbangun pada saat tengah malam disebabkan oleh kondisi yang lapar. Hal ini memaksa kita untuk terbangun dan mengambil cemilan.

Untuk itu, usahakan untuk tidak terlalu cepat saat makan malam. Kondisikan kapan waktu anda tidur dengan jam makan malam anda.

6. Membuat To Do List

To Do List adalah catatan atau jadwal kegiatan yang sudah dan belum anda lakukan. Dengan mencatat semuanya, anda akan terhindar dari kondisi kegelisahaan akibat pekerjaan atau sesuatu hal yang anda lupakan. Selain membantu anda tidur, to do list membuat anda terhindar dari kondisi stress atau tertekan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya .

7. Mematikan Smartphone dan Menjauhkannya

Selain kondisi lingkungan dan medis, hal lainnya yang menyebabkan anda sering terbangun tengah malam adalah smartphone. Pasalnya, jika anda membiarkannya tetap hidup, akan selalu ada notifikasi yang berbunyi. Seperti notifikasi email, grup chat, atau sekedar notifikasi pembaruan aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting bagi anda. Selain menjaga anda agar tidak terbangun tengah malam, menjauhkan smartphone juga dapat membantu anda untuk segera tidur .

Baca Dulu 5 Cara Mudah Tidur Kembali Setelah Terbangun Tengah Malam

Demikian beberapa hal yang membuat anda sering terbangun tengah malam. Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak menguntungkan bagi anda yang dituntut untuk produktif keesokan paginya.

7 Hal Yang Menyebabkan Kamu Terbangun Tengah Malam Setiap Hari | Siopung | 4.5