Kenali 5 Ciri Orang Yang Tidak Memiliki Rasa Percaya Diri Dalam Hidupnya

5 Ciri-Ciri Orang Yang Tidak Memiliki Rasa Percaya Diri

Foto Orang Yang Percaya Diri Via Pixabay

Sebelum kita mengetahui bagaimana ciri-ciri orang yang tidak percaya diri, kita patut ketahui dahulu apa itu percaya diri . Percaya diri adalah keadaan dimana pikiran dan perasaan seseorang yakin terhadap dirinya sendiri . Apa yang membuatnya menjadi yakin ? . Keyakinan yang ditimbulkan disebabkan adanya gambaran atau visualisasi terhadap apa yang akan dilakukannya .

Jika seseorang tidak memiliki pengetahuan atau wawasan yang mendalam terhadap suatu hal, maka akan timbul sebuah kondisi dima dirinya tidak akan yakin terhadap dirinya . Lalu apa ciri-ciri orang yang tidak memiliki rasa percaya diri ? .

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa anda kenali dari sikap atau tindakannya .

1. Membuat Alasan

Ini adalah sikap umum yang banyak dilakukan dimana seseorang tidak memiliki rasa keyakinan pada dirinya . Untuk menghindari dirinya mendapatkan serangan dikarenakan kesalahannya, maka ia akan membuat sebuah alasan . Semakin baik alasannya, semakin ia sedikit membuat tindakan . Orang yang suka membuat alasan adalah orang yang berjalan ditempat .

Orang yang berjalan ditempat adalah orang-orang yang hidupnya tanpa perubahan . Seseorang yang tidak memiliki perubahan dalam hidupnya, tidak akan bisa mencapai sebuah kesuksesan yang ia inginkan . Sebaiknya hindari sikap seperti ini. Jika anda tidak ingin orang lain melihat anda adalah orang yang kurang percaya diri .

2. Menghindari Hal-Hal Yang Sulit

Hasil dari sikap kurang percaya diri adalah menurunnya keberanian . Keberanian merupakan refleksi dari keyakinan seseorang dalam memandang suatu hal . Sedangkan keyakinan seseorang tercipta akibat gambaran dan visualisasi yang positif dari dirinya . Orang yang memiliki keberanian yang rendah cenderung menghindari hal-hal yang sulit .

Sikap tidak berani dalam dirinya ditimbulkan karena sedikitnya wawasan dan visualisasi terhadap masalah yang dihadapinya .

3. Hidup Berdasarkan Opini Orang Lain

Ini adalah salah satu hal yang banyak terjadi pada saat ini . Kurangnya rasa percaya diri menciptakan karakter dan kepribadian yang mudah terkontaminasi oleh cara-cara orang lain . Mereka yang memiliki rasa percaya diri dalam hidupnya akan melakukan aktifitas yang sesuai dengan apa yang ia percaya . Hal ini dilandaskan keyakinan yang kuat pada dirinya .

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keyakinan terciptaka akibat seseorang sudah mengetahui dengan pasti apa yang dia lakukan . Gambaran dan wawasan yang luas dalam pikirannya menciptakan sebuah keyakinan . Untuk mendapatkan keyakinan yang kuat, kamu memerlukan landasan yang kuat juga .

4. Mencari Pengakuan Orang Lain

Akibat kurangnya keyakinan pada diri sendiri akan membuat tindakan untuk memperkuat posisinya dalam sebuah lingkungan . Ia akan cenderung mencari pengakuan dari orang lain . Pasalnya, ia hanya melakukan apa yang orang inginkan, bukan apa yang dirinya inginkan dalam hidupnya . Hal ini adalah tindakan murni sebuah refleksi dari ketidakpercayadirian pada diri seseorang .

Faktanya, hidup dengan cara seperti ini membuat dirimu jauh dari kata bahagia . Pasalnya, ada banyak keingingan orang yang ingin kamu penuhi . Sedangkan dirimu tidak mampu memenuhi semua keinginan tersebut . Jadi, fokuslah pada keinginanmu bukan pada keinginan orang lain .

5. Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Melanjutkan apa yang sudah kita bahas sebelumnya . Tindakan rasa percaya diri terfokus pada diri bukan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain merupakan indikasi dari rasa percaya diri yang sangat rendah . Pasalnya, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak membandingkan diri menciptakan keyakinan yang kuat pada diri sendiri .

Baca Juga 5 Cara Menghilangkan Stres Dan Membuat Suasana Hati Bahagia

Sebaiknya hindari hidup dengan membanding-bandingkan diri . Tentu tidak dewasa jika kita hanya melihat kelebihan orang lain dan berfokus pada kekurangan diri . Orang yang mengenal dirinya dengan baik, mengetahui dengan pasti apa yang menjadi kelebihannya yang tidak dimiliki orang lain .

 

Kenali 5 Ciri Orang Yang Tidak Memiliki Rasa Percaya Diri Dalam Hidupnya | Siopung | 4.5