11 Tipe Mahasiswa Yang Selalu Ada Di Seluruh Fakultas Indonesia

11 Tipe Mahasiswa Berikut Ini Selalau Ada Di Seluruh Fakultas Indonesia

Foto Ilustrasi Berbagai TIpe Mahasiswa Yang Ada Di Indonesia Via Pixabay.com

Mahasiswa – mahasiswa baru atau biasa disebut maba, pasti memiliki beberapa kebingungan tersendiri saat baru memasuki bangku perkuliahan. Beberapa dari mereka masih canggung untuk sekedar bertegur sapa, ada juga yang memanfaatkan keadaan baru dengan menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi dan berusaha menutupi dalam – dalam kekurangannya. Lantas, bagaimana dengan mahasiswa senior? .

Tentu mereka sudah lebih berpengalaman dan memiliki daya pikir yang lebih maju karena sudah membiasakan diri menjadi mahasiswa. Dalam keadaan seperti itu, mereka sudah tentu banyak mengenal karakter teman dan dosen yang mereka hadapi setiap harinya. Sistem ketebalan imun dan dompet juga mempengaruhi kesuksesan mereka dalam menyelesaikan tugas – tugas yang selalu ada sepanjang masa, seperti kasih ibu.

Nah, berikut beberapa tipe – tipe lifestyle unik yang dimiliki mahasiswa. Mungkinkah anda termasuk ?

1. Gadget Mania

Tak heran jika mahasiswa dikatakan sebagai gadget mania, karena berlomba – lombanya mereka dalam mengetahui info seputaran gadget terbaru. Terlebih lagi tugas yang diberikan oleh dosen juga selalu mengandalkan internet dan beberapa aplikasi. Ditambah lagi calon – calon maba adalah anak – anak yang lahir di tahun milenium, yang tentunya membuat mereka sejalur dengan keadaan sistem pendidikan / perkuliahan saat ini.

Baca Dulu 10 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Pengguna Smartphone Android

Nah, biasanya ciri – ciri mahasiswa seperti ini adalah ia yang selalu update soal gadget dan senang memamerkan gadgetnya ataupun aplikasi – aplikasi terbaru unik yang belum banyak diketahui orang.

2. Wi-Fi Hunter

Bisa dibilang hampir 100% populasi mahasiswa yang ada di Indonesia, sangat mengidamkan fasilitas publik yang satu ini. Layaknya udara segar, Wi-Fi sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas – tugas yang menumpuk ataupun sekedar mencari bahan tambahan dan mengirim email kepada dosen, bahkan menduplikatkan tugas yang tentu tidak untuk dibiasakan.

Nah, mahasiswa seperti ini tidak bisa dinilai dari tampilan luar mereka. Terlihat sekeren apapun mereka atau sekuno apapun mereka, tetap mereka semua sama, para Wi-Fi Hunter. Bisa jadi, motivasi mereka sering berada di Kampus adalah karena adanya fasilitas publik yang satu ini.

Selain itu, mereka akan merasa lebih aman baik secara mental maupun materi, yang tentu menjadi kegemaran mahasiswa rantauan.

3. The Trendsetter

Namanya juga mahasiswa, penampilan sudah jauh berbeda dengan anak sekolahan yang masih berseragam massal. Mereka jadi lebih ekspresif dan membebaskan diri untuk bergaya dan berpakaian. Mereka bebas mewarnai dan menggondrongkan rambut, mencat dan memanjangkan kuku, memakai aksesoris nyentrik, dan bebas membawa benda – benda mereka.

Biasanya ciri – ciri mahasiswa seperti ini adalah ia yang berani tampil beda, unik, berselera khas, dan terlihat selalu modis. Mereka yang berpenampilan simpel juga bisa menjadi trendsetter karena fisiknya yang memang sudah enak dipandang, gaya berbicaranya yang unik, dan sosialnya yang luas.

4. Mahasiswa Tembus Pandang.

Maksudnya adalah, kursinya sih kosong tetapi di absen ia selalu ada. Nah, ini adalah ciri khas dari seorang mahasiswa yang terlalu sibuk, tipe sosialis, dan memiliki fasilitas keuangan yang memadai. Mahasiswa seperti ini senangnya TA – Titip Absen.

Namun, perlu diketahui, untuk melakukan hal ini sebaiknya pastikan bahwa kelas yang akan dimasuki tidak sepi, kemudian pastikan memiliki hoki gede jika akan terlambat, karena kedua hal itu yang harus menjadi perhatian utama jika ingin titip absen.

Sebenarnya hal tersebut adalah kesenangan sementara yang berujung kesia – siaan. Semakin sering menitip absen, dosen akan semakin tidak mengenali mahasiswa tersebut dan akhirnya berpengaruh terhadap nilai keseharian yang tentu saja merupakan penyelamat bagi mahasiwsa tersebut untuk terhindar menjadi mahasiswa abadi.

5. Ask-King / Tukang Tanya

Jika mahasiswa seperti ini melakukan kebiasaannya dengan tepat, maka ia akan sangat disenangin dosen. Namun sebaliknya, jika ia bertanya hal – hal nyeleneh dan gemar mengagumentasikan hal – hal konyol, ia akan sangat ditandai dosen dan berdampak buruk terhadap kelas mahasiswa itu sendiri.

Maka dari itu, pastikan anda adalah seorang mahasiswa tukang tanya yang sportif yang disenangin dosen dan dipercaya teman – teman anda. Hal tersebut akan memberi anggapan positif dari teman dan dosen anda. tentu nilai anda akan sangat bagus dan jika nilai anda jelek, banyak yang tidak akan mempercayainya.

Dalam perkuliahan, menjadi aktif adalah nomor satu dan memberi jawaban benar adalah nomor dua, namun pastikan anda mengambil sisi tengahnya karena keduanya sama pentingnya. Jika anda aktif namun isinya tidak berbobot, anda akan dijuluki Asbu – Asal Bunyi.

6. The Activist

Mahasiwsa seperti ini sangat senang bersosialiasasi dan tentu saja bukan seorang yang pendiam. Mahasiswa ini terlihat humble dan sangat gemar bergabung dalam organisasi dalam maupun luar kampus. Biasanya mahasiswa seperti ini suka akan tantangan dan menghargai waktu kebersamaan dengan baik.

Ia akan lebih senang jika berkumpul dan bertukar pendapat dengan anggota – anggota organisasi. Ia akan berusaha agar bisa dikenal dan memberi manfaat baik kepada orang disekitar. Namun, mahasiswa seperti ini belum tentu memiliki tempat di hati setiap dosen.

7. Mahasiswa Couple

Yah, masih terbawa – bawa nuansa kisah kasih di masa SMA, tentu mahasiswa seperti ini setidaknya ada di lingkungan kampus anda. Tetapi, tidak melulu cowok – cewek, tentu ada couple yang sejenis dengan makna persahabatan. Mereka akan selalu terlihat sama, bahkan dalam keadaan tertentu, mereka bisa sangat saling akrab dan lengket satu sama lain.

Biasanya, jika salah satu dari mereka tak datang, mahasiswa yang satunya juga mungkin akan meniru hal yang sama, dan apabila ia tetap datang ke kampus, akan banyak pertanyaan dicercakan untuknya mengenai ketidakhadiran couplenya tersebut.

Selain itu, apabila mereka terlihat tidak duduk bersama/sebangku, akan menimbulkan pertanyaan besar dibenak teman maupun dosen mereka, apakah sedang terjadi konflik? Nah itu karena mereka selalu terlihat kemana – mana dan dalam keadaan apapun selalu berdua, bahkan tingkat rajin ngampusnya akan sedikit berbeda karena ingin bertemu dengan couplenya tersebut.

8. Mahasiswa Veteran

Mahasiswa seperti ini akan dipandang jelek oleh setiap mahasiswa lainnya. Ia bahkan dicap sebagai mahasiswa yang tidak becus, padahal belum tentu ia seperti itu. Beberapa mahasiswa tentu ada juga yang mengaguminya, namun entah apa alasan pastinya, mungkin karena senior yang telah menjadi leluhur yang harus dihormati.

Ciri – ciri mahasiswa seperti ini adalah, sudah sekian tahun namun tak kunjung lulus dan tampak khas dimanapun ia berada. Mengulang – ulang perkuliahan yang gak tuntas dan jika tidak seperti itu, maka skripsi tak kunjung kelar. Bukankah hal tersebut sangat buruk? Mungkin kesibukan dan kendala mahasiswa itu sendiri yang membuatnya jadi seperti itu. Ambil sisi positifnya saja bahwa mahasiswa seperti ini pantang menyerah dan masih sanggup menerima keadaannya tersebut.

Nah, maka dari itu, pastikan anda memiliki semangat kuliah yang tinggi dan membiasakan hal – hal baik dengan totalitas dalam menjadi mahasiswa karena pendidikan tingkat akhir yang dijalanin tersebut, bukanlah untuk bersenang – senang.

9. Mahasiswa Berprestasi

Jika sudah dikenal akan prestasinya, penampilan luar sederhana yang ia miliki tidak akan berpengaruh terhadap kepopulerannya. Beberapa mahasiswa berprestasi juga terbiasa kemana – mana sendiri. Mahasiswa seperti ini biasanya sangat gemar duduk di depan dan bukan tipe mahasiswa yang hobi nongkrong.

Mahasiswa seperti ini biasanya bisa memasuki kelas – kelas lain tanpa khawatir tidak memiliki teman karena dosen adalah teman berbicaranya setiap saat. Dosen akan menghargai keberadaannya dan mempercayakan sesuataunya kepada ia.

Mahasiswa seperti ini biasanya tampak kalem namun ternyata jika sudah ngomong, ia akan menjadi seseorang yang menyenangkan. Tetapi berhati – hatilah dengan mahasiswa seperti ini, karena terkadang ia mudah menganggap sesuatu itu adalah hal yang sepele.

10. Anak Band

Mahasiswa seperti ini biasanya lebih fokus menggunakan otak kanannya ketimbang otak kiri. Ia akan lebih senang dengan dunia seni, dan biasanya teman yang asik dibawa santai. Mahasiswa seperti ini memiliki gaya yang simpel tetapi modis dan akan cukup disenangi mahasiswa lain karena keramahannya.

Namun, tak sedikit juga mahasiswa yang tidak menyukainya. Mahasiswa seperti ini terkadang lebih mengutamakan band dan kebersamaannya bersama satu kelompok tertentu daripada memilih tugas kuliah yang dikerjakan bersama kelompok yang lain. Walau begitu, mahasiswa seperti ini merupakan mahasiswa yang berpikiran bebas.

11. Si Tukang Pinjam

Mahasiswa seperti ini tentu ngeselin. Dibilang bodoh tidak, dibilang pintar juga tidak. Mahasiswa seperti ini jarang kuliah dalam keadaan lengkap dengan alasan lupa. Ia akan meminjam pulpen pada orang yang sama namun tidak pernah mengembalikannya, tentu ia juga gemar meminjam barang – barang yang lain dan tidak memperdulikan si empunya maupun barang pinjaman itu sendiri. Berhati – hatilah, karena mahasiswa seperti ini juga gemar meminjam contekan tugas.

Baca Juga Tips Menabung dan Mengelola Keungan Untuk Mahasiswa

Demikian beberapa tipe mahasiswa yang umumnya akan kamu temui di seluruh indonesia. Tidak hanya melihat dari jurusan kuliah, mulai dari tipe apatis, hedonis, hingga dijuluki si dasi kupu-kupu juga selalu ada. Apakah kamu termasuk diantaranya ? .

11 Tipe Mahasiswa Yang Selalu Ada Di Seluruh Fakultas Indonesia | Siopung | 4.5