Tips Ampuh Menghemat Baterai Android

Smartphone yang memiliki sistem operasi Android , mempunyai salah satu kelemahan yang terletak pada baterainya . Hal ini disebabkan banyaknya perangkat lunak yang memerlukan daya saat dijalankan , sedangkan kemampuan baterai sangat terbatas . Hal ini tidak hanya menimpa anda saja , bahkan pengguna Android diseluruh dunia mengeluhkan kemampuan baterai smartphone yang tidak bisa tahan lama .

Baterai Android

Adapun cara yang bisa anda jalankan untuk melakukan penghematan baterai android adalah menon-aktifkan aplikasi yang tidak digunakan secara manual . Selain itu juga , anda dapat menggunakan aplikasi seperti DU Battery Saver untuk melakukan penghematan daya secara otomatis . Aplikasi tersebut akan menghentikan perangkat lunak yang memakan banyak daya baterai android anda .

Yang harus anda pahami adalah semakin banyak aplikasi yang berjalan , maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan . Semakin besar ukuran sebuah aplikasi , maka akan semakin banyak daya yang akan digunakan . Jika anda sudah mengerti bagaimana baterai smartphone milik anda dapat bertahan , maka mulai sekarang cobalah untuk menggunakan aplikasi yang penting .

Untuk menghemat baterai , anda dapat menghentikan aplikasi tersembunyi . Jenis aplikasi tersebut yang paling umum banyak memakan daya baterai adalah sosial media . Hal ini dikarenakan jenis aplikasi tersebut , akan memberikan pemberitahuan dalam jarak waktu tertentu . Contohnya saja adalah Facebook . Untuk mengehentikannya , anda dapat menuju Pengaturan ( setelan/setting ) – Aplikasi (App ) – Facebook – Kemudian hilangkan centang pada tulisan “Tampilkan Pemberitahuan/Show Notifications” .

Android Aplikasi

Selain aplikasi sosial media ,anda juga dapat menerapkannya pada aplikasi lainnya yang sering memunculkan pemberitahuan . Salah satu penyebab lainnya yang menyebabkan baterai Android terlalu cepat habis adalah penggunakan launcher yang salah . Anda dapat mencari Android Launcher yang benar-benar ringan dan memiliki ukuran yang kecil .

Jika anda mengutamakan tampilan launcher yang cantik dan memiliki animasi yang indah , maka jangan harap baterai anda akan bertahan lama . Efek animasi juga mempengaruhi ukuran file yang dijalankan oleh sistem . Semakin kecil file yang dijalankan , maka semakin kecil pula daya yang dibutuhkan . Semakin besar ukuran file , maka bersiaplah baterai android anda akan habis dengan sangat cepat .

Tips Ampuh Menghemat Baterai Android | Siopung | 4.5