Tips: Cara Cepat Alami Menghilangkan Kapur Batu Lavender

Batu Lavender adalah jenis Natural Chalcedony Purple Color yang memiliki keindahaan yang terletak pada warna dan bentuk kristal-nya . Tahukah anda , jenis ini sangat sulit ditemukan dibelahan bumi lain selain Indonesia . Betapa hebatnya indonesia memiliki ragam jenis Chalcedony yang tidak hanya berwarna ungu saja , tetapi juga memiliki warna lain-lain yang tidak kalah indahnya . Batu lavender bisa anda dapatkan di beberapa daerah di Indonesia khususnya Aceh , Baturaja ( Ogan Komering Ulu ) , Bengkulu , dan Sukabumi .

Menghilangkan Kapur Batu Lavender

Gambar Batu Lavender via Google.co.id

Salah satu kelemahaan dari jenis batuan yang mengandung zat Chalcedony adalah mudah menyatu dengan senyawa Kalsium , yang merupakan bentuk redoks dari senyawa yang ada didalam tanah dan juga didalam batu . Oleh sebab itu , tampilan dari batu lavender terkadang tidak berwarna sempurna . Hal ini dikarenakan adanya biasan warna putih dari zat kapur yang terkandung didalam batu .

Cara Menghilangkan Kapur Batu Lavender

Untuk menghilangkan zat kapur yang ada didalam batu , beberapa gemslover tanah air telah berhasil mengembangkan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan alami . Salah satunya adalah dengan menggunakan air kelapa . Air kelapa adalah cairan yang saat ini sedang trend digunakan oleh para gemslover dalam merawat batu akik miliknya .

Merendam batu akik lavender dengan menggunakan air kelapa muda dapat dilakukan selama 3 hari 3 malam . Namun , jika dalam 1 hari atau 2 hari sudah terlihat perubahaan , sebaiknya batu langsung diangkat dari wadah perendaman . Metode perawatan menggunakan air kelapa telah kami bahas di artikel sebelumnya .

Simak juga: Cara Membuat Batu Akik Cepat Tua Dengan Air Kelapa

Selain menggunakan air kelapa , anda juga dapat menggunakan air cuka . Namun hanya bentuk kapur permukaan saja yang bisa diangkap oleh cuka . Jika kalsium beku tertanam didalam kapur , air cuka belum dapat mengatasinya . Saat perendaman menggunakan air cuka , usahakan untuk menutup wadah . Setelah proses perendaman berjalan 1 hari 1 malam , batu sudah bisa diangkat dan dibilas menggunakan air hangat .

Tips

Metode cara perawatan menghilangkan kapur pada batu akik dengan menggunakan air kelapa akan lebih bekerja jika batu dalam keadaan belum dipoles atau dikilapkan . Hal ini dikarenakan pori-pori pada permukaan batu masih terbuka dan belum tertutup sama sekali . Sehingga lebih memudahkan air kelapa terserap di dalam batu . Jangan lupa juga untuk menutup wadah , untuk memperlambat proses perubahan kimia yang terjadi pada air kelapa .

Tips: Cara Cepat Alami Menghilangkan Kapur Batu Lavender | Siopung | 4.5