Tips Ampuh Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android

Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android – Facebook merupakan jejaring sosial dengan pengguna mencapai 1 miliar lebih saat ini . Namun , membuka facebook di browser dan di aplikasi mampu menyerap data hingga 40% dari total pemakaian keseluruhan . Tentu hal ini merupakan dampak dari tipe website fb yang notabene realtime dan kaya akan gambar yang di upload oleh teman-teman kamu . Untuk melihat gambar-gambar tersebut , kamu tentunya harus mengeluarkan data yang besar untuk melakukan download .

Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android

Penyebab Facebook Memerlukan Data ( Bandwidth ) Internet Yang Besar

Facebook saat ini merupakan salah satu jejaring sosial yang tidak pernah turun peminatnya . Berdasarkan laporan terbaru , saat ini jejaring sosial yang dibangun oleh Mark Zuck tersebut telah digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di dunia ini . Sungguh fantastis , mengingat banyak jejaring sosial sebelumnya yang telah gulung tingkar akibat kalah saing .

Namun bagi anda pengguna Smartphone Android , tentu terkadang kesal mengingat aplikasi facebook sering menyedot kuota data internet dengan jumlah yang sangat besar . Hal ini tentunya tidak anda sadari sebelumnya . Bahkan , untuk menggunakan fb melalui browser yang telah memiliki fitus kompres data , tetap saja memiliki permintaan data yang cukup besar saat membuka fb . Lantas , apa yang menyebabkan anda tidak bisa hemat data saat buka facebook ?

Realtime – Ini salah satu kelebihan fb dan menjadi salah satu momok bagi anda yang ingin menghemat data internet . Faktanya , facebook dibangun sedemikian rupa untuk mengetahui update status , photo , video , dan kiriman lainnya secara realtime . Oleh sebab itu , setiap detiknya anda memerlukan data yang cukup besar untuk mendapatkan kabar berita yang terdiri dari berbagai jenis file .

File Gambar dan Video – Facebook memiliki tampilan yang penuh gambar dan video dari lingkaran pertemanan . File tersebut tentunya membutuhkan data yang tidak sedikit . Bahkan , untuk membuka profile seseorang , anda harus mendownload ke browser beberapa gambar yang ada . Diantaranya adalah photo profile , photo kiriman , dan photo pribadi . Jika sebuah gambar saja berukuran 100 kb , maka jika anda membuka sebuah halaman dengan jumlah gambar sebanyak 10 , maka anda telah menggunakan data sebanyak 1 mb . Itu pun cuma untuk satu halaman saja .

Lupa Waktu – Membuka fb terkadang membuat penggunanya menjadi lupa waktu . Hal ini sangat wajar mengingat fb adalah tempat seseorang berinteraksi dengan sosial tanpa harus bertatapan langsung . Sungguh fitur yang memudahkan semua orang untuk melihat perkembangan dan kabar terbaru dari teman , saudara , dan lain-lain. Oleh sebab itu , kita sering lupa waktu saat bermain fb tanpa sadar penggunaan data yang telah anda pakai sangat tinggi.

Tips Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android

Facebook LIte Hemat Data

Facebook Lite

Namun anda tidak perlu khawatir boros data saat membuka media sosial ini . Kini facebook telah mengembangkan sebuah aplikasi yang terbukti membutuhkan data yang lebih kecil daripada biasanya . Facebook Lite merupakan sebuah aplikasi besutan dari tim Mark Zuckerberg untuk memberikan akses yang mudah bagi mereka para pengguna yang masih menggunakan jaringan 2G. Apa saja keuntungan yang anda dapatkan jika menginstal aplikasi ini ? . Berikut ini kami berikan pengalamannya kepada anda.

Hemat Memori – Aplikasi facebook lite sangat berukuran kecil yaitu tidak lebih dari 2 mb . Kecil banget bukan ? . Yah , memang pihak facebook memutar otak mereka untuk membuat aplikasi yang super ringan bagi penggunanya . Dengan ukuran file sekecil itu , kamu tentunya tidak akan takut jika aplikasi lainnya akan terganggu akibat porsi ram diambil oleh aplikasi ini .

Loading Cepat – Karena berukuran sangat kecil serta adanya fitur kompress data pada aplikasi ini , memungkinkan anda dapat membuka fb dengan sangat cepat . Bahkan dengan menggunakan jaringan 2g , anda sudah dapat berinteraksi dengan teman-teman anda . Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang kurang memiliki akses jaringan cepat .

Hemat Data – Yang terahir dan yang paling penting adalah hemat data . Dengan menggunakan facebook lite , penggunaan data yang anda pakai diklaim hanya 20% dari pemakaian biasa . Jadi , anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu kuota habis dikarenakan anda terlalu asyik bermain fb.

Simak juga: Tips Ampuh Menghemat Baterai Android

Dengan menggunakan aplikasi ini , anda dapat hemat data saat buka facebook di android . Namun , perlu anda ketahui bahwa produk ini masih dalam tahap pengembangan untuk mencapai kesempurnaan . Jadi , jangan terkejut jika anda menemukan banyak fitur yang biasa anda temukan kini menjadi hilang , serta beberapa permasalahan sederhana akan sering anda temukan . Namun , pihak dari facebook berjanji untuk menyempurnakan aplikasi besutannya ini.

Tips Ampuh Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android | Siopung | 4.5