Tips Memoles Batu Akik Rapuh ( Kekerasan Rendah )

Sebuah batu setidaknya harus melewati 3 syarat agar disebut mulia . Yang pertama adalah keindahaan , kelangkaan , dan ketahanan . Namun tidak semua batu akik yang kita temui memenuhi semua syarat tersebut . Paling umum kita dapati adalah kurangnya ketahanan dari sebuah batu akik terhadap benturan atau goresan . Contohnya saja adalah batu akik belimbing aceh , yang kita ketahui memiliki kekerasan yang sangat rendah . Apalagi untuk anda yang kebetulan ingin membuka usaha jasa pemolesan batu akik , setidaknya anda harus mempelajari setiap karakteristik dari seluruh batu akik .

Memoles Batu Akik Rapuh

Proses Pemolesan Batu Akik

Tips Memoles Batu Akik Rapuh

Untuk memoles batu akik dengan kekerasan rendah , maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan . Yang pertama adalah mesin gerinda yang digunakan untuk menggsok batu . Mesin gerinda yang banyak kita temui saat ini adalah jenis rakitan dari dinamo rumahaan . Oleh sebab itu , banyak mesin para pemoles yang kurang stabil dan memiliki kekuatan yang tidak menentu . Tips-nya pertama kali adalah membuat mesin anda dalam ferforma yang baik dan stabil atau tidak goyang .

Dalam memilih batu gerinda , maka usahakan untuk memilih tipe yang halus . Hal ini berguna untuk mengurangi gesekkan dalam jumlah besar terhadap batu tersebut . Sehingga anda dapat mengontrol suhu batu agar tidak menjadi retak atau pecah .

Simak juga : Cara Mengatasi Batu Cincin Yang Retak

Saat semua sudah beres dari segi mesin , maka ada beberapa bahan yang harus anda tambahkan untuk mendukung proses pemolesan batu akik dengan kekerasan rendah . Bahan tersebut adalah minyak atau air . Namun saat ini para pengerajin lebih memilih memakai air dibandingkan minyak . Dengan cara membuat selang infus khusus , sehingga air menetes setiap waktu diatas batu gerinda . Fungsi utama air saat penggosokkan batu adalah menjaga suhu dan memudahkan gesekkan pada batu . Jika kebetulan sekali anda takut mengambil resiko batu pacah , maka anda dapat memolesnya didalam air . Cara ini dianggap paling aman , karena batu tidak akan retak atau pecah saat digosok dengan mesin gerinda .

Tips Memoles Batu Akik Rapuh ( Kekerasan Rendah ) | Siopung | 4.5