Tips Menabung dan Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Jika kamu seorang mahasiswa, kamu pasti tau bagaimana rasanya perjuangan menabung uang dan mencari pemasukan untuk jajan tambahan. Biasanya untuk berhemat seorang mahasiswa merubah sedikit gaya hidupnya seperti mengurangi waktu nongkrong dengan kawan – kawan, dan memastikan tidak ada makanan yang bersisa di kost-an sebelum akhirnya harus menghabiskan lebih banyak uang dan bahan makanan. Dibawah ini ada beberapa tips keuangan untuk mahasiswa yang dapat anda gunakan untuk berhemat dan menabung .

Tips Menabung dan Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Gambar Mahasiswa Via Google.co.id

Dapatkan Kartu Tanda Mahasiswa

Biasanya saat kamu sah menjadi mahasiswa, kamu akan mendapatkan kartu ID sebagai identitas. Terutama jika kamu seseorang yang suka belanja, atau pecinta makanan, kartu ID tadi akan membantu kamu mendapatkan diskon misalnya di restoran di kampus kamu, bahkan bioskop, museum dan acara – acara tertentu memberikan diskon untuk mahasiswa sehingga membuat kamu gak takut kehabisan uang lagi saat nongkrong bareng teman.

Carilah Kode Diskon/Promosi Sebelum Kamu Belanja

Saya mungkin tidak bisa membuat kamu percaya, tapi jumlah yang sudah saya simpan selama beberapa tahun terakhir hanya dengan menghabiskan beberapa menit sebelum akhirnya saya menemukan pencarian di Google seperti “Kode Diskon Lazada”. Kamu dapat menemukan promosi yang pasti membantu memotong biaya. Hal – hal kecil seperti ini benar – benar membuat perbedaan dan pastinya menguntungkan. Kamu bisa menemukan kode promosi ini di toko – toko besar saat belanja.

Ketika Makan Diluar, Cari Restoran Yang Menawarkan Diskon Untuk Mahasiswa

Apakah di waktu tertentu kamu bisa makan dengan harga yang lebih murah? Seperti disebutkan sebelumnya, cari restoran yang memberikan diskon untuk mahasiswa . Jika kamu tinggal di sebuah kawasan pelajar , kamu akan mendapati berbagai macam tempat yang menawarkan harga khusus untuk mereka yang masih pelajar atau mahasiswa . Hal ini tentunya dapat anda manfaatkan untuk lebih menghemat keuangan anda disaat anda ingin makan diluar . Jangan malu atau ragu , karena tidak ada yang salah bila anda makan ditempat yang memberikan diskon khusus .

Punya Barang Tak Terpakai , Jual Saja Di Internet

Kita hidup dalam generasi dimana semua orang sudah cerdas menggunakan Internet bahkan bisa bekerja di aplikasi atau situs tertentu. Saya pernah melihat ketika habis pulang liburan, ada pakaian yang hanya di gantung di lemari karena sudah tak bisa digunakan lagi. Lalu saya memakai berbagai situs seperti OLX.co.id untuk menjual berbagai macam barang yang sudah tidak saya gunakan lagi. Selama kamu masih jadi mahasiswa, penghasilan tambahan itu sangat berguna.

Pesan Makanan Via Online/Internet

Daftar belanja kamu harus di isi dengan makanan yang tepat dan pastinya yang kamu butuhkan, jangan terganggu dengan penawaran yang ada di supermarket. Kebanyakan di situs belanja online, kamu bisa menyimpan daftar belanjaan, sehingga kamu punya waktu misalnya 1 mingggu atau 2 minggu dengan bahan dan resep yang berbeda – beda sehingga anda tidak makan yang itu – itu aja tapi juga menjadi selektif dalam mengonsumsi makanan. Dan tidak tertarik dengan jajanan yang ditawarkan oleh supermarket.

Lemari Es/Pendingin Makanan

Maksudnya, jika kamu mau makanan kamu lebih lama waktu pemakaiannya masukkan saja ke pendingin makanan dan simpan untuk beberapa waktu kedepan, terutama seperti daging – dagingan. Pastinya ini menghemat uang bukan? Apalagi daging harganya lumayan mahal. Tips lain adalah waktu kamu membeli roti, dan memasukkan nya ke lemari es ini akan membuatnya bertahan lebih lama. Kamu bisa konsumsi 2 potong roti setiap hari, dan bisa mengontrol pengeluaran untuk sepotong roti .

Tips Menabung dan Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa | Siopung | 4.5