Tips Mengatasi Sering Buang Air Kecil Tengah Malam

Sangat tidak nyaman ketika kita dibangunkan tengah malam hanya untuk buang air kecil . Jika terjadi setiap malam , tentu hal ini akan sangat mengganggu . Buang air kecil malam hari atau sering disebut nocturia dalam dunia medis merupakan keadaan yang disebabkan oleh banyak kemungkinan . Salah satunya adalah bagi mereka pria lanjut usia yang mengalami pembesaran prostat .

Sering Buang Air Kecil Malam Hari

Gambar Ilustrasi Tempat Buang Air Kecil Via Google.co.id

Penyebab Sering Buang Air Kecil Malam Hari

Selain terjadi pada pria lanjut usia , Nocturia juga sering dialami oleh para wanita . Salah satu penyebab hal ini terjadi adalah perubahaan pola hidup yang anda jalani . Selain itu , kebiasaan minum terlalu banyak air putih sebelum tidur juga menjadi penyebab kamu sering mendapatkan situasi ingin buang air kecil tengah malam saat sudah tertidur.

Namun , bukan berarti kamu harus menghentikan kebiasaan minum air putih yang banyak untuk mengurangi keinginan buang air kecil di malam hari . Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menguranginya . Tips ini bisa anda lakukan setiap hari agar anda tidak mendapatkan gangguan tidur ingin buang air kecil.

Yoghurt –¬†Susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri ini ternyata sangat ampuh untuk mengurangi keinginan anda untuk sering buang air kecil pada tengah malam . Yoghurt dibuat melalui berbagai macam susu termasuk sari kedelai. Namun pada saat ini , lebih dominan beredar di pasaran adalah Yoghurt yang terbuat dari susu sapi .

Kafein – Tidak hanya terdapat pada kopi , kafein juga ada didalam Teh . Untuk menghindari keinginan anda buang air kecil pada malam hari , sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein sebelum tidur . Sudah menjadi budaya atau tradisi orang indonesia untuk minum kopi atau teh pada waktu malam hari sebelum tidur . Agar anda tidak mendapatkan gangguan buang air kecil pada malam hari , sebaiknya hindari minuman yang demikian .

Simak juga: Tips Sederhana Mengatasi Susah Tidur ( Insomnia ) di Malam Hari

Jika sudah mencoba tips diatas namun anda tetap mendapatkan gangguan sering buang air kecil pada tengah malam. Ada baiknya , anda konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan arahan dan rekomendasi kesehatan dengan baik.

Tips Mengatasi Sering Buang Air Kecil Tengah Malam | Siopung | 4.5