Tips Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Didalam menjalankan keuangan rumah tangga , anda dituntut untuk teliti dan bijak dalam mengambil sikap . Karena hal ini bukan hanya untuk anda , melainkan untuk seluruh keluarga anda . Anda dituntut bersabar dan harus mementingkan seluruh kebutuhan anggota keluarga dibandingkan kebutuhan pribadi . Jika anda berada di posisi istri  , maka sikap bijak anda dalam mengontrol pengeluaran harus dimulai saat ini .

Tips Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Keluarga Bahagia Ada Mereka Yang Mengatur Keuangannya

Istri pada umumnya sangat pintar dalam mengelola keuangan . Oleh karena itu , suami pada umumnya akan menyerahkan tugas tersebut kepada sang istri . Jika anda seorang istri , maka ada beberapa tips yang bisa anda jalankan untuk mengatur keuangan didalam rumah tangga .

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan 4 Pembagian

Dalam mengelola keuangan rumah tangga , anda harus melakukan pembagian terhadap uang yang anda miliki . Sebesar apapun dan sekecil apapun , tetap melakukan 4 penggolongan . Misalnya anda mendapat 8 ribu , maka anda harus membaginya menjadi 4 bagian yaitu masing-masing golongan harus anda sisihkan sebesar 2 ribu . Yang pertama adalah biaya dapur selama sebulan , kedua adalah biaya untuk pendidikan , ketiga adalah biaya untuk kesehatan , dan keempat adalah biaya tabungan untuk berwisata/hiburan/tak terduga lainnya .

1. Biaya Dapur

Biaya dapur sendiri meliputi listrik , air , pangan dan kebutuhan primer lainnya . Hal ini menjadi yang paling utama dimana kebutuhan primer menjadi sesuatu yang harus dipenuhi terlebih dahulu . Jika biaya dapur anda terlalu besar , anda dapat memasukkan biaya tabungan berwisata atau biaya tak terduga lainnya .

2. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan untuk anak tidak boleh diganggu gugat . Hal ini menjadi tugas  utama anda memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak anda . Biaya pendidikan tidak boleh dimasukkan kedalam biaya lainnya . Pada saat ini , pendidikan sudah masuk kedalam kebutuhan primer dalam rumah tangga .

3. Biaya Kesehatan

Biaya kesehatan masuk kedalam golongan ketiga . Biaya untuk kesehatan seharusnya sudah anda persiapkan jauh-jauh hari . Anda dapat memberikan asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga . Asuransi kesehatan sangat diperlukan untuk tetap mendapatkan perlindungan finansial walaupun salah satu anggota keluarga dalam keadaan sakit .

4. Biaya Lainnya

Pada poin terakhir anda juga harus menyisihkan untuk biaya lainnya . Biaya lainnya meliputi wisata , hiburan , atau biaya tak terduga . Untuk biaya yang satu ini , anda dapat menariknya demi kebutuhan ketiga poin sebelumnya bila keadaan benar-benar mendesak .

Tips Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga | Siopung | 4.5