Tips Mengobati Cantengan Pada Jempol Kaki

Cantengan ( paronikia ) adalah rasa sakit yang disebabkan oleh kuku yang ada di kaki . Kuku yang menusuk ke daerah daging , menyebabkan infeksi dan peradangan/pembengkakkan . Cara menggunting kuku yang tidak benar menjadi penyebab utama anda selalu mengalami cantengan pada jempol kaki .

Mengatasi Cantengan Pada Jempol Kaki

Biasanya , Cantengan akan sembuh dengan sendirinya . Namun jika anda merasakan sakit berupa denyutan , anda dapat mengatasi masalah ini dengan beberapa tips dibawah ini .

Merendam Kaki Dengan Air Hangat

Anda dapat merendam kaki dengan air hangat . Untuk membuat air menjadi lebih  efektif mengurangi denyutan dan pembengkakkan yang ada di Jempol Kaki , maka anda dapat memberi garam dapur secukupnya untuk dilarutkan didalam air hangat tersebut . Garam digunakan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi .

Jangan Mengorek Kuku Terlalu Dalam

Ini adalah salah satu yang paling sering dilakukan banyak orang . Mengorek dan memotong kuku terlalu dalam , dapat membentuk pelebaran kuku . Sehingga bagian dari ujung kuku samping dalam masuk kedalam daging dan menyebabkan area tersebut bengkak . Dalam beberapa kasus , cantengan dapat sembuh dengan sendirinya .

Pemotongan Secara Manual

Anda dapat melakukan pemotongan kuku secara manual Memotong kuku hingga membelah bagian yang menusuk , dapat mengurangi pembengkakkan dan juga cantengan . Walaupun sembuh dengan cepat , pemotongan secara manual dapat berakibat kambuhnya cantengan di masa depan .

Mengunjungi Dokter

Jika anda tidak kuat dengan rasa nyeri dan terlihat pembengkakkan yang semakin parah , anda dapat mengunjung dokter untuk dilakukan pembedahaan kuku yang rusak . Pembedahaan kuku dilakukan untuk menghindari infeksi yang semakin parah dan dapat menyebar keseluruh bagian kuku .

Untuk mengurangi rasa nyeri yang lebih parah , anda dapat menjaga jari tidak tersentuh dengan batu , meja , atau benda-benda tumpul lainnya . Saat area Jempol yang sakit terkena benda keras , biasanya akan menyebabkan infeksi dan terjadinya pendarahaan .

Selain menghindari benda-benda yang keras terkena Jempol Kaki , anda dapat menjaga kebersihan dan mengurangi kelembaban dengan memakai sendal biasa . Saat area kaki sedang basah , maka segerahlah untuk mengeringkannya . Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko pembusukkan .

Tips Mengobati Cantengan Pada Jempol Kaki | Siopung | 4.5