Tips Menyimpan Batu Akik Didalam Kulkas/Freezer

Menyimpan batu akik didalam kulkas bertujuan untuk tetap menjaga warna serta memberikan rangsangan guna mempercepat proses kristalisasi. Metode yang satu ini sering disebut Cooling ( pendinginan ) dengan suhu yang ekstrim , untuk menggerakkan proses perubahaan struktur mineral yang ada didalam batu . Setiap batu tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda . Terkait kekerasan , kepadatan , hinga struk warna pembentukanya . Untuk itu , kami akan membagikan rahasianya kepada anda.

Menyimpan Batu Akik Di Kulkas

Gambar Ilustrasi Perawatan Batu Akik di Kulkas

Menyimpan Batu Akik Di Kulkas atau Freezer

Sebenarnya metode ini merupakan kebalikan dari Heat Treatment yang sudah dikenal oleh gemslover seluruh dunia. Proses ini sendiri membalikkan suhu tinggi menjadi suhu rendah untuk menciptakan reaksi kimia yang berasal dari struktur mineral pembentuk batu tersebut . Sampai saat ini , metode ini sangat aman dan dapat anda coba dirumah dengan mudah .

Adapun beberapa hal mendasar sebaiknya tidak anda lupakan dalam menjalankan treatment menggunakan suhu dingin adalah sebagai berikut :

Hindari Penggunaan Air – Hindari penggunaan air didalam mangkuk . Kebanyakan gemslover indonesia akan mengisi mangkuk dengan air kemudian batu dimasukkan didalamnya . Selain menyulitkan anda dalam mengambil batu apabila kondisi air telah membeku , ternyata cara ini justru akan memperlambat reaksi mineral yang ada didalam batu tersebut . Pastikan batu akik berada ditempat yang terpisah dari makanan atau sayuran yang mungkin akan anda temukan didalam kulkas.

Keringkan Secara Berskala РJangan terlalu lama menyimpan batu akik didalam kulkas atau freezer . Anda harus mengeringkannya secara bersakla . Anda bisa menerapkan format Wiro Sableng atau 212 . Dimana anda dapat mengeringkannya pada hari ketiga dibawah hangatnya sinar matahari . Pastikan bahwa anda tidak terlalu lama dalam menjemur batu . Karena dikhawatirkan akan dapat merusak warnanya .

Pisahkan Dengan Jenis Batu Akik Yang Lain – Jika kebetulan anda memiliki koleksi dari beragam jenis batu akik . Pastikan anda memisahkannya dan tidak menempatkannya didalam satu wadah . Hal ini menghindari reaksi kimia yang tejadi diantara batu , justru akan merusak keindahaan batu yang lainnya

Sebelumnya simak juga: Cara Merawat batu Akik Dengan Memanfaatkan Suhu Panas

Merawat batu akik untuk mengubahnya menjadi lebih indah sebenarnya tidak sulit . Namun yang perlu anda sadari adalah jenis batuan tidak semuanya sama . Mereka memiliki komposisi mineral yang berbeda-beda dan pastinya mempengaruhi metode treatment yang cocok dengan jenis batuan tersebut .

Tips Menyimpan Batu Akik Didalam Kulkas/Freezer | Siopung | 4.5