Mengetahui Tua Muda Usia Batu Akik Secara Sederhana

Geliat batu akik di indonesia mengalami kenaikan meski sempat mengalami penurunan . Namun, untuk para gemslover yang sudah terlanjur cinta dengan hobi batu permata yang satu ini , tidak ada kata henti untuk mempelajari dan mengetahui seluk beluk tentang informasi batu akik . Kali ini , kita akan membahas mengenai apa yang dimaksud tua dan muda usia batu akik . Berikut ini kami berikan ulasannya untuk anda.

Usia Batu Akik

Gambar Batu Akik Biduri Bulan Via Google.co.id

Usia Batu Akik Dapat Dideteksi Dengan Alat

Untuk mengetahui usia sebuah batu , para ilmuan menetapkan melalui metode usia relatif yang dapat ditinjau melalui lapisannya . Batuan sendiri melewati proses pengendapan yang berlangsung selama ribuan bahkan jutaan tahun . Secara sederhana , kandungan yang berada didalam tanah semakin tua usianya dibandingkan batuan yang berada diatas tanah . Jadi , semakin dalam temuan sebuah batu , maka usianya pun semakin tua .

Dalam proses terciptanya batuan , terjadi proses pengendapan yang membentuk lapisan-lapisan . Para ilmuan mengukur usia fosil melalui lapisan tersebut . Setiap lapisan batuan memiliki ukuran umur relatif yang memperlihatkan urutan dan kejadian terbentuknya . Melalui lapisan tersebut , para ilmuan dapat mengetahui sejarah geologi dari bumi kita .

Proses sedimentasi misalnya merupakan suatu bagian dari proses pengendapan. Granit ataupun batuan beku lainnya merupakan gambaran adanya intrusi batuan beku pada kerak bumi. Batuan beku ekstrusif menunjukkan suatu kejadian vulkanisme. Batuan metamorf merupakan akibat terjadinya kenaikan suhu dan tekanan di dalam bumi, yang berasal dari aktivitas tektonik atau instrusi dari gunung berapi. Suatu proses geologi merupakan suatu kejadian alam yang didalamnya termasuk pengendapan deformasi dan instrusi.

Tips Sederhana Mengetahui Usia Batu Akik

Untuk mengetahui dan membandingkan usia batu akik anda dengan yang lainnya , anda dapat menggunakan aluminium foil . Walaupun belum ada penjelasan ilmiah terkait hal ini , namun banyak gemslover seluruh indonesia yang membuat trik ini sebagai acuan untuk membandingkan usia sebuah batu akik . Adapun caranya yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut :

Yang harus anda lalkukan adalah melilitkan kertas aluminium foil pada sebuah batu akik . Tunggu sampai lilitan kertas tersebut lepas dengan sendirinya . Jika batu anda memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan batu lainnya , maka usia batu akik yang anda miliki lebih tua . Bahkan metode sederhana ini sudah banyak digunakan dalam berbagai kontes batu akik nasional .

Simak juga: Macam-macam Batuan Fosil Yang Dijadikan Sebagai Batu Akik

Untuk mengetahui lebih akurat mengenai usia dari batu akik yang anda miliki , anda dapat berkunjung ke lab gemologyst yang khusus meneliti batuan .

Mengetahui Tua Muda Usia Batu Akik Secara Sederhana | Siopung | 4.5