10 Cara Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

10 Cara Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Kita semua tahu betapa tidak nyaman dan intensnya ketika kita berurusan dengan radang tenggorokkan. Ini biasanya disebabkan karena infeksi bakteri yang masuk ke tenggorokkan kita. Masing-masing dari kita pernah mengalami radang tenggorokan. Jika anda tidak bertindak tepat waktu dalam situasi ini, anda mungkin terkena banyak masalah lain seperti demam rematik dan peradangan ginjal.

Radang tenggorokan terjadi karena bakteri streptokokus grup A atau Streptococcus pyogenes dan mereka sangat menular. Sebagian besar, penyakit ini diobati dengan antibiotik. Tetapi ada cara lain yang alami dan lebih efektif untuk mengobatinya. Itulah sebabnya kami menyiapkan daftar solusi alami yang mampu membebaskan anda dari gejala-gejala radang tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda :

1. Vitamin D

Menurut penelitian, vitamin D mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Oleh karena itu,  jika kadar vitamin D anda menurun, sangat mungkin bahwa bakteri streptokok grup A dapat menyebabkan banyak penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan. Karena itu, jika anda ingin melindungi diri dari situasi semacam ini, minumlah vitamin D setiap hari (namun dengan dosis yang dianjurkan).

2. Minyak Lemon

Minyak lemon mampu mengurangi proses pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik dan detoksifikasi tubuh kita karena sifat antibakterinya. Untuk menghilangkan dari radang tenggorokan,anda cukup oleskan beberapa tetes minyak dalam segelas air dan minum air itu.

3. Minyak Peppermint

Minyak Peppermint memberikan sensasi pendinginan di tenggorokkan kita dan dapat menenangkan tubuh kita. Cukup tambahkan beberapa tetes dalam segelas air, dan minum atau anda bisa langsung menambahkan beberapa tetes di tenggorokan.

Baca juga: Cara Membuat Rebusan Daun Sirih Untuk Obat Batuk Anak/Dewasa

4. Madu

Madu dapat mencegah dari berbagai infeksi karena sifat antibakterinya yang kuat. Banyak antioksidan yang tersembunyi dalam madu dan ini adalah salah satu yang memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan itu dapat mencegah rasa sakit pada radang tenggorokan.

5. Teh Herbal

Karena Teh Herbal mampu melawan peradangan dan menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh radang tenggorokan, itu telah terbukti sangat efektif dan bermanfaat. Teh Chamomile sangat tinggi antioksidan yang mampu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan kemerahan. Teh Dandelion adalah salah satu yang dapat mengobati radang tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

6. Garam Himalaya

Garam ini mampu membasahi rongga mulut kita, juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang kuat yang membuatnya mampu menyediakan lingkungan yang bebas dari bakteri. Untuk mengobati pembengkakan dari radang tenggorokan, masukkan garam Himalaya ke dalam segelas air, dan berkumurlah dengan itu.

7. Elderberry

Karena sifat antiviral dan antibakterinya yang kuat, elderberry sangat cocok untuk perawatan radang tenggorokan. Elderberry biasanya ditemukan dalam bentuk kapsul ada juga bentuk bubuk atau cair.

8. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mampu memberikan sifat antibakteri karena kaya dengan asam asetat. Ini adalah salah satu antibiotik alami yang paling kuat. jadi anda bisa mencicipinya sedikit untuk menstimulasikan pertumbuhan bakteri baik.

9. Kaldu Tulang

Kaldu tulang adalah salah satu sumber mineral terkaya, seperti kalsium, fosfor dan magnesium. Ia mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melembabkan tubuh kita.

Baca juga: 7 Manfaat Perasan Jeruk Lemon Untuk Bau Mulut dan Berat Badan

10. Minyak Kelapa

Cara sempurna untuk memusnahkan bakteri di mulut anda adalah dengan mendetoks area oral dengan menggunakan minyak kelapa. Masukkan beberapa sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut anda dan diamkan selama 10 menit, kemudian keluarkan minyak tersebut dan berkumurlah dengan air untuk membersihkan mulut anda.

10 Cara Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami | Siopung | 4.5