10 Tips Menghemat Uang Bulanan Buat Kamu Anak Kost

10 Tips Menghemat Uang Bulanan Buat Kamu Anak Kost

Menghemat Keuangan Via Pixabay.com

Jika kamu adalah seorang mahasiswa/mahasiswi yang sedang berjuang di perantauan untuk menimba ilmu, uang tentunya menjadi salah satu hal yang paling keras kamu pikirkan. Bertahannya dirimu disana tergantung bagaimana dirimu mengatur keuangan. Jika kamu tidak memiliki kerja paruh waktu, tentu saja hal ini sangat menakutkan bagimu.

Di perantauan tentu kamu harus pintar dalam mengatur keuanganmu. Jika tidak, kamu bisa kelabakan menerima kenyataan di akhir bulan bahwa uangmu sudah mengering. Oleh sebab itu, sangat penting bagimu mengetahui tips-tips saja yang bisa dilakukan untuk menghemat uang bulanan.

Simak penjelasan berikut ini.

1. Naik Sepeda Atau Berjalan Kaki

Ini adalah hal yang harus kamu pikirkan jika ingin menghemat uangmu bertahan hingga bulan depan. Sesekali, kamu bisa naik sepeda atau berjalan kaki jika memungkinkan. Pergi ke kampus dengan menaiki sepeda tentu saja menghemat pengeluaranmu. Jika kamu menggunakan sepeda motor, sudah dipastikan resiko pengeluaran uang akan menjadi lebih banyak.

Tidak hanya menghemat pengeluaran, dengan bersepeda atua berjalan kaki, kamu juga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. Hitung-hitung jika kamu sedang dalam program diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

2. Membawa Bekal Minuman

Jika selama ini kamu rajin membeli air minum kemasan, tentu hal ini sangat tidak efisien dan terkesan membuang-buang uang. Padahal, dengan membawa bekal minuman dari rumah, setidaknya kamu bisa memenuhi kebutuhan tubuhmu akan air. Jadi, tidak mesti selalu membeli minuman ke kantin.

Bayangkan, jika sekali minum saja kamu mengeluarkan uang sekitar Rp 3.000 saja, dalam sebulan, kamu mengeluarkan biaya Rp. 90.000 hanya untuk  air putih saja. Hitungan tersebut belum dihitung jika kamu rajin membeli hingga 2 bahkan 3 kali dalam satu hari.

3. Pisahkan Keinginan Dan Kebutuhan

Mindset hidup hemat itu adalah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan mengetahui apa yang sebenarnya merupakan suatu keinginan. Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang sangat berbeda. Jika hanya untuk mengeluarkan uang untuk kebutuhan, maka kamu dapat menghemat keuanganmu bahkan hingga 80%.

Baca Juga 11 Tipe Mahasiswa Yang Selalu Ada Di Seluruh Fakultas Indonesia

Faktanya, 80% uang yang keluar cenderung untuk hal-hal yang berbau keinginan dan sebenarnya tidak dibutuhkan oleh dirimu.

4. Tidak Merokok

Jika kamu adalah seorang pria atau wanita yang merokok, tentu hal ini sangat dianjurkan untuk dihentikan. Pengeluaran seseorang untuk rokok tergolong sangat tinggi. Di Indonesia, seorang perokok mampu untuk mengeluarkan setidak Rp 700.000 s/d Rp 1.000.000 tiap bulannya.

Uang sebanyak itu jika disimpan atau ditabung tentu saja bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal yang lebih berguna.

5. Menghindari Ajakan Traveling

Pada saat ini traveling adalah salah satu keharusan bagi mahasiswa. Dengan dalih menjadi mahasiswa pecinta alam, namun nyatanya untuk mengikuti aktifitas tersebut, kamu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jika kamu ingin berhemat di bulan-bulan krisismu, jangan paksakan untuk mengikuti kegiatan seperti itu.

Cobalah tahan godaan tersebut agar keuangan anda tidak memasuki fase krisis lagi.

6. Berpuasa

Ini adalah cara hemat paling ekstrim yang bisa anda lakukan. Cobalah berpuasa dengan tujuan untuk mendapatkan kesehatan. Cobalah cari informasi yang pasti berkaitan manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuhmu. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi. Jika kamu mampu melakukannya, uangmu tentu akan awet hingga bulan depan.

7. Manfaatkan Voucher Makan Siang Gratis

Kamu dapat menemukannya melalui situs-situs online yang memberikan voucher makan siang gratis. Ini adalah cara yang bisa anda terapkan untuk menghemat pengeluaran untuk makanan sehari-hari. Jika kamu bisa mendapatkan setidaknya 3-5 voucher makan siang gratis selama sebulan, tentu uang untuk pengeluaran tersebut bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal lainnya.

Baca Juga 10 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Pengguna Smartphone Android

Ada banyak aplikasi yang menawarkan hadiah voucher gratis untuk makan siang dengan syarat kamu harus menyelesaikan beberapa misi yang diperintahkan.

8. Gunakan Wifi Gratis

Kebutuhan paket internet adalah hal yang sangat mutlat. Namun, pengeluaran untuk membeli paket internet tidak bisa dibilang sedikit. Dengan memanfaatkan wifi gratis yang ada di lingkunganmu, kamu mampu untuk menghemat pengeluaran paket internet. Setiap bulannya, kita bisa mengeluarkan Rp 100.000 – Rp 200.000 hanya untuk internet saja.

Kamu tentu tidak bisa begitu saja meninggalkan internet. Solusinya, kamu harus menggunakan wifi yang ada di kampus dan disekitaran lingkungan kost-an mu.

9. Hindari Berkumpul Terlalu Lama Bersama Teman

Banyak teman tentu saja banyak pengeluaran. Tapi, kamu tidak bisa begitu saja langsung apatis terhadap mereka. Cara terbaik untuk kamu tetap berhubungan namun dengan resiko pengeluaran yang sedikit adalah memangkas waktu bersama mereka. Hindari ajakan ke cafe atau sekedar berkumpul di kantin. Kamu dapat mengajak mereka berkumpul di kelas atau di perpustakaan.

10. Cucilah Pakaian Sendiri

Kebanyakan anak kost biasanya menggunakan jasa laundry kiloan yang ternyata membuat dompetnya terkuras. Jika kamu mau saja mencuci pakaianmu sendiri, maka kamu dapat menghentikan pengeluaran hanya untuk pakaian. Bayangkan, jika kamu menyimpan uang untuk jasa laundry, dalam sebulan kamu bisa membeli pakaian lagi.

Baca Dulu Tips Menabung dan Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Demikian beberapa tips dari kami untuk menghemat uang bulanan terkhusus bagi kamu yang saat ini ada di perantauan. Bijaklah mengeluarkan uangmu untuk hal-hal yang beguna dan bermanfaat. Untuk menambah keuanganmu tanpa harus menunggu kiriman, kamu dapat mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu kuliahmu.

10 Tips Menghemat Uang Bulanan Buat Kamu Anak Kost | Siopung | 4.5

Related Post

Tips Merawat Batu Red Borneo Agar Lebih Merah dan ... Batu red borneo dengan kualitas unggulan , memiliki tekstur warna yang dominan ke merah atau sering disebut Fowlerite . Fowlerite adalah varian dari k...
Walaupun Tidak Booming, Harga Ring Titanium Tetap ... Hai para gemslover, mengingat batu akik saat ini tidak terlalu booming seperti di tahun 2015, namun yang anehnya harga ring titanium masih terlihat st...
Ini Sebab Batu Kecubung Cutting Memiliki Harga Yan... Ini Sebab Batu Kecubung Cutting Memiliki Harga Yang Tinggi . Kecubung atau Amethyst dan varian lainnya seperti Citrine ( Yellow Quartz )  , Kecubung A...
5 Tips Merawat HP Android Agar Awet Dan Tahan Lama Pada saat ini, ponsel merupakan salah satu barang wajib yang dibawa oleh manusia . Dengan semakin banyaknya produsen smartphone, maka semakin beragam ...
Lirik Lagu Kesempurnaan Cinta Rizky Febian Full Lagu Kesempurnaan Cinta dinyanyikan oleh penyanyi serta aktor Rizky Febian Ardiansyah Sutisna atau juga di kenal Rizky Febian (lahir di Bandung, 25 Fe...
Arti Mimpi Makan Nasi Menurut Ahli Lengkap Mimpi makan nasi merupakan bentuk refleksi diri terhadap kesendirian dan pandangan pribadi anda terhadap sebuah kehidupan . Secara umum , hal ini tida...
Tips Menjual Batu Akik Dengan Harga Yang Tinggi Tips Menjual Batu Akik - Batu akik memiliki perbedaan harga jual di tiap-tiap daerah di Indonesia . Hal ini tentunya dipengaruhi oleh trend , jumlah k...
10 Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantika... Gambar Lemon Hijau Via Pixabay Air lemon ternyata tidak hanya dikonsumsi sebagai munuman saja . Sejak dahulu kala, kandungan air perasan dari jeru...
Arti Mimpi Digigit Buaya Menurut Primbon dan Psiko... Gambar Ilustrasi Mimpi Digigit Buaya Via Pixabay.com Mimpi digigit buaya merupakan pertanda bahwa anda sedang dalam kondisi tertekan, ketakutan, a...
Tips Perawatan Kecantikan Wajah,Bibir, dan Rambut ... Gambar Ilustrasi Diperankan Model Via Google.co.id Kebanyakan orang bilang cantik itu relatif, tetapi sebenarnya wanita yang disebut cantik itu pa...