10 Tips Mengurangi Nafsu Makan Dan Ngemil Agar Tubuh Sehat

Tips Mengurangi Nafsu Makan Dan Ngemil

Via Google.co.id

Adapun penyebab kenapa kamu memiliki nafsu makan yang begitu tinggi bisa dilihat dari beberapa hal. Salah satunya adalah aktifitas yang begitu padat dan berat. Seorang yang baru melakukan aktifitas seperti berenang, tentu saja memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Namun, apa jadinya jika tidak melakukan aktfitas padatpun, nafsu makanmu tetap tinggi?

Nafsu makan tersebut juga dipengaruhi peningkatan hormon yang terjadi didalam tubuhmu. Ada banyak hal yang mempengaruhinya. Anak yang berada pada fase pertumbuhan, cenderung memiliki keinginan untuk ngemil yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa cara mengurangi nafsu makan

1. Minum Air Putih Yang Banyak

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Kurang mengkonsumsi air putih akan membuatmu menjadi dehidrasi dan berujung kamu akan sering merasa lapar. Oleh sebab itu, bawalah air putih dalam segala aktifitasmu di luar.

2. Mengkonsumsi Buah-Buahan

Tingginya tingkat ingin makan anda juga bisa menjadi gejala bahwa anda kekurang vitamin. Mengkonsumsi buah akan membuat tubuhmu mendapatkan nutrisi yang sempurna. Salah satu buah yang dapat membuat anda merasa kenyang adalah lemon. Kamu dapat mencampurkan lemon dengan air putih dan di konsumsi setiap pagi.

3. Jangan Terlalu Cepat Makan

Mengkonsumsi makanan membutuhkan setidak 25-30 kunyahaan dan tergantung jenis makanan yang anda konsumsi. Jangan terlalu cepat mengunyah kemudian kamu langsung menelannya. Proses makan seperti  ini, akan membuatmu merasa lapar dengan cepat.

4. Mengkonsumsi Permen Karet

Cara terbaik untuk membuat anda tetap merasa kenyang adalah mengkonsumsi permen karet. Dengan mengunyah permen tersebut, kamu menghantarkan sinyal ke otak bahwa kamu sedang dalam kondisi mengkonsumsi sesuatu. Ini adalah cara sederhana untuk menghipnotis otak sendiri.

5. Mengkonsumi Sayur-Sayuran

Mengkonsumsi sayur-sayuran akan membuat pencernaanmu lancar. Sayuran mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin A,B,C, D ada disana. Untuk membuatmu kuat seharian meski hanya makan sedikit, kamu dapat mengkonsumsi sayur dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga 4 Makanan Yang Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

6. Jangan Mengkonsumsi Junk Food

Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji. Makanan tersebut hanya akan membuatmu kenyang beberapa menit saja. Kebanyakan makanan cepat saji yang dijual dijalanan tidak mengandung gizi dan nutrisi yang cukup bagi tubuhmu. Bahkan cenderung mengandung lemak yang sangat berbahaya.

7. Ganti Nasi Dengan Kentang

Cara berikutnya adalah mengganti menu karbohidratmu dengan kentang. Kentang merupakan umbi-umbian yang sangat baik membuatmu tetap kenyang selama seharian. Mengkonsumsi kentang juga membantumu menurunkan berat badan dengan sangat cepat. Jadi, mulai sekarang, kamu bisa mencoba secara perlahan untuk mengganti nasi dengan kentang.

8. Biasakan Sarapan Pagi

Sarapan merupakan cara terbaik untuk tetap menjaga siklus laparmu berada pada jalan yang benar. Dengan mengkonsumi makanan yang sehat di pagi hari, kamu tidak akan merasakan lapar sepanjang hari. Oiya, pastikan bahwa kamu  tidak lupa untuk memasukkan air perasan jeruk lemon disetiap kali kamu sarapan.

9. Tidur Yang Cukup

Jika kamu begadang atau tidak memiliki waktu tidur yang cukup, kamu cenderung akan merasakan stress yang berat. Oleh sebab itu, disaranin untuk memiliki waktu tidur setidak 6 jam dalam sehari jika kamu sudah cukup dewasa. Anak-anak, membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa.

Baca Dulu 11 Makanan Sehat Yang Membuat Anda Menjadi Panjang Umur

10. Makan Yang Teratur

Tubuh memiliki siklus nya sendiri dalam menerima makanan. Jika kamu sering telat makan, maka tubuhmu akan berada pada siklus yang kacau. Oleh sebab itu, usahakan setiap hari untuk makan tepat waktu. Seperti pagi dibawah jam 9, dan saat siang dibawah jam 2 , dan saat malam dibawah jam 8 .

10 Tips Mengurangi Nafsu Makan Dan Ngemil Agar Tubuh Sehat | Siopung | 4.5