3 Alasan Penderita Diabetes Harus Makan Buah Delima Setiap Hari

Manfaat Buah Delima Untuk Penderita Diabetes

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Tidak ada camilan sehat yang lebih baik daripada biji delima. Biji delima biasanya digunakan dalam banyak smoothies dan juga salad.Tetapi kadang-kadang orang yang berurusan dengan diabetes, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah atau jus buah.

Tetapi apakah mereka benar-benar perlu menghindari buah atau jus buah terutama buah delima? kebanyakan orang yang berada dalam situasi itu akan menghindari buah atau jus buah karena dokter mereka mengatakan demikian. Mereka dianjurkan untuk melakukan itu karena buah dapat menyebabkan lonjakan dalam glukosa darah mereka. Tetapi menurut penelitian terbaru, orang yang berurusan dengan diabetes tidak perlu menghindari buah delima.

Apakah penderita diabetes dapat manfaat dari mengonsumsi buah delima?

Kita semua hanya menganggap buah delima sebagai buah untuk camilan, tetapi tampaknya delima manfaatnya jauh lebih dari itu. Jika kita mencari tahu lebih lanjut tentang buah ini ternyata buah ini sangat membantu bagi penderita diabetes dengan memberikan efek berikut:

1. Mengurangi Resistensi Insulin

Fungsi sel beta dapat didukung dan ditingkatkan oleh konsumsi jus delima (tanpa gula). Sel-sel beta ini adalah sel yang menghasilkan insulin. Jus ini juga mampu merangsang sel-sel beta untuk menghasilkan lebih banyak insulin dan dengan itu resistensi insulin menurun.

Dengan ini gula dalam tubuh kita akan digunakan dengan benar. Jus buah delima juga sangat bermanfaat pada pasien yang lebih muda dan pada orang yang memiliki kadar gula darah puasa rendah.

Baca juga: Tips Sederhana Mencegah Datangnya Penyakit Diabetes

2. Menurunkan Kolesterol

Ada penelitian terbaru yang membuktikan bahwa jus buah delima juga bermanfaat bagi penderita diabetes karena mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Dalam studi ini para peserta telah mengkonsumsi jus buah delima segar selama hampir 3 bulan.

Buah delima juga dapat mencegah perkembangan penyakit atherosclerosis. Aterosklerosis adalah penyakit berbahaya di mana arteri dapat mengeras. Juga disimpulkan bahwa jus buah delima mampu menurunkan absorbansi kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang sebenarnya diserap oleh sel-sel kekebalan tubuh kita.

Faktanya, orang yang berurusan dengan diabetes memiliki risiko lebih besar terkena atherosclerosis dan penyakit itu dapat menyebabkan banyak penyakit jantung, seperti stroke, serangan jantung, dll. Menurut penelitian risiko terkena penyakit jantung yang berkaitan dengan diabetes sebenarnya berkurang oleh antioksidan yang terkandung dalam jus delima.

3. Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Sebuah penelitian dilakukan di mana para peserta minum jus delima yang takaran nya disesuaikan dengan berat badan masing masing orang. Dari partisipan yang mengonsumsi jus, ada penurunan besar kadar gula darah puasa yang peneliti perhatikan.

Buah delima sangat berbeda dari buah lain yang juga mengandung gula dalam bentuk bebas. Buah delima mengandung gula tetapi gula bebas tersebut melekat pada antioksidan yang juga terkandung dalam buah delima.

Kesimpulan

Buah ini seperti yang anda lihat sangat bermanfaat terutama bagi orang-orang yang berurusan dengan diabetes. Orang diabetes selalu disarankan untuk menghindari semua buah atau jus buah yang mengandung gula tetapi para dokter salah, mereka lupa tentang buah delima. Buah yang memiliki gula dalam bentuk bebas yang melekat pada antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan orang diabates secara keseluruhan.

Inilah yang harus anda lakukan jika anda ingin merasakan manfaat dan efek positif buah delima. Cukup konsumsi 1 buah delima segar atau bisa dibuat jus.

Baca juga: 7 Makanan & Bahan Herbal Yang Menurunkan Kadar Gula Darah

Perhatian: Sebelum melakukan sesuatu dengan kemauan kita, hendaknya juga tetap dikonsultasikan dengan dokter atau spesialis anda. Jangan memasukkan buah delima ke makanan anda jika dokter anda tidak setuju karena mungkin dokter anda tau bahwa anda alergi terhadap buah delima.

3 Alasan Penderita Diabetes Harus Makan Buah Delima Setiap Hari | Siopung | 4.5