5 Alasan Mengapa Orang Cerdas Sulit Mendapatkan Kebahagiaan

Orang Cerdas Sulit Mendapat Kebahagiaan

Gambar ilustrasi Via Pixabay.com

Untuk orang yang sangat cerdas, kesuksesan dalam karirnya, keluarga yang hebat, kehidupan yang baik dan pasangan yang setia mungkin tidak cukup untuk membuatnya merasa bahagia, terkadang meskipun orang tersebut sudah mendapatkan semua itu kadang mereka masih merasa sedih.

Berikut ini adalah hal hal yang bisa membuat orang yang terlalu cerdas cenderung merasa tidak bahagia sepenuhnya

Mereka Membidik Banyak Hal Yang Lebih Besar

Orang yang lebih cerdas sering tidak puas dengan hal-hal yang mereka miliki dalam hidup mereka. Ini dikarenakan IQ mereka jauh lebih tinggi daripada orang pada umumnya dan mereka yakin mereka mampu mendapatkan hal yang lebih besar dari yang ia punya sekarang.

Biasanya orang yang sangat cerdas pasti menginginkan sesuatu yang lebih besar dan lebih menantang. Itu kadang membuat mereka merasa tertekan dan tidak mungkin bisa menikmati hidup, atau bahagia dengan apa yang mereka miliki saat ini.

Mereka Sering Berpikir Berlebihan

Biasanya orang cerdas akan terlalu banyak berpikir tentang banyak hal. Hampir setiap kali mereka berpikir berlebihan tentang sesuatu dan mereka tidak menemukan solusi dari apa yang mereka pikir, mereka cenderung akan merasa lelah.

Baca juga: 10 Kebiasaan Yang Membuat Pikiran Anda Menjadi Tidak Bahagia

Namun dalam beberapa kasus menganalisis hal-hal yang terjadi dalam hidup anda memang cukup baik dan memang dibutuhkan. Tetapi jangan memperhatikan hal-hal yang sangat tidak penting. Meskipun dunia kita saat ini penuh dengan hal-hal negatif dan salah, cobalah untuk tidak terlalu memikirkan beberapa hal. Jika Anda ingin merasa ceria dan bahagia, cobalah untuk mengabaikan hal-hal ini dan bersantai sedikit.

Mereka Merasa Tidak Ada Yang Bisa Mengerti Dia

Bagi orang-orang dengan IQ lebih tinggi dari biasanya bisa menjadi kesulitan menemukan seseorang yang dapat memahaminya. Tetapi jika mereka memiliki seseorang yang dapat memahami mereka setidaknya satu orang, stres mereka berkurang setengahnya.

Tidak ada yang lebih baik daripada memiliki seseorang di samping anda yang dapat memahami anda. Tetapi kadang-kadang sangat sulit untuk menemukan dan menjaga seseorang di samping anda karena dalam banyak atau sebagian besar kasus, hampir tidak ada orang yang bisa melihat hal-hal yang anda pikirkan.

Menurut penelitian, orang-orang dengan IQ rendah hanya perlu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam waktu yang sedikit untuk merasakan kebahagiaan daripada mereka yang memiliki IQ lebih tinggi. Biasanya orang yang memiliki IQ tinggi masih perlu bertemu seseorang dan jatuh ke dalam percakapan yang mendalam untuk merasa sedikit bahagia.

Mereka Selalu Menilai Apa Yang Mereka Lakukan

Sangat sering orang yang sangat cerdas selalu menilai diri mereka terlalu keras, dan ini sangat mungkin membuat mereka tidak bahagia. Tidak hanya kesuksesan dan kegagalan mereka yang dinilai, tetapi setiap hal yang mereka lakukan.

Hal tentang kecerdasan seseorang yang lebih tinggi adalah pemikiran mendalam mereka, perilaku dan tindakan mereka membuat mereka menetapkan standar mereka terlalu tinggi bahkan untuk mereka sendiri. Terkadang ini dapat membuat mereka menyalahkan diri sendiri sepanjang waktu meskipun terkadang tidak ada alasan untuk itu. Hal ini mengacaukan suasana hati mereka sehari-hari. Mereka juga tidak akan dapat tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu, kebahagiaan akan menjauh dari hidup anda.

Mereka Sering Merasa Depresi

Menurut penelitian telah dibuktikan bahwa ada hubungan antara orang yang cerdas dengan gangguan mental seperti gangguan bipolar dan kecemasan sosial.

Sebagian besar orang yang cerdas mengalami depresi karena hal-hal yang terlalu dipikirkan tentang bagaimana hidup mereka. Dan jika kadang-kadang mereka memiliki pemikiran yang mendalam, mereka mungkin mulai berpikir tentang makna hidup dan mati.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stres Dan Membuat Suasana Hati Bahagia

Pikiran mereka bahkan dapat memikirkan tujuan keberadaan mereka yang merupakan salah satu alasan bagi mereka untuk mulai merasa sedih dan tertekan. Ini juga dapat meningkatkan persentase risiko pengembangan gangguan mental.

5 Alasan Mengapa Orang Cerdas Sulit Mendapatkan Kebahagiaan | Siopung | 4.5