5 Hal Sepele Yang Menyebabkan Tubuh Mudah Lelah Saat Beraktifitas

Penyebab Cepat Lelah

Gambar Ilustrasi Aktifitas Bekerja

Dalam beraktifitas setiap hari nya, mungkin kamu adalah salah satu diantara orang-orang yang mengalami masalah cepat lelah saat beraktifitas. Tentu hal tersebut sangat mengganggu produktifitas kamu setiap hari nya. Tubuh yang lelah akan menyebabkan kamu sulit untuk fokus dan mengerjakan banyak hal.

Ada banyak hal yang tidak kamu duga ternyata dapat menyebabkan kamu mudah merasa lelah. Beberapa hal tersebut akan kami rangkum khusus untuk anda sebagai berikut.

1. Kurang Tidur

Tidur merupakan proses alami yang dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi atau kembali mengisi kekuatan tubuh kita. Adapun manfaat tidur diantaranya adalah mampu meningkatkan kapasitas memori otak, menyegarkan tubuh kembali, dan menghilangkan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, orang yang tidak cukup tidur sangat rentan untuk diserang penyakit.

Dengan tidur cukup, kita mengistirahatkan otak kiri dan mengurangi beban jantung. Jadi tidur yang cukup sangat penting agar kamu tidak mudah lelalh dalam beraktifitas setiap harinya.

2. Terlalu Banyak Minum Kopi

Kopi mengandung kafein yang sebenarnya dapat menambah energi pada tubuh kita. Namun disamping itu, sisi negatif dari kopi adalah mampu menyebabkan tubuh lebih cepat dehidrasi daripada biasanya. Oleh sebab itu, tubuh kita akan mudah sekali merasa lelah saat beraktifitas.

Jika kamu adalah seorang pecandu kopi, pastikan bahwa kamu mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi. Hal ini tentu saja dapat menurunkan kadar kafein yang ada didalam tubuh.

3. Mengkonsumsi Makanan Yang Manis

Produksi insulin akan lebih cepat jika kamu sering mengkonsumsi makanan yang manis. Oleh sebab itu, kamu akan cenderung diserang perasangan kantuk yang berat secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan hormon insulin yang kamu miliki memiliki kadar yang tinggi.

Baca Juga: 11 Makanan Sehat Yang Membuat Anda Menjadi Panjang Umur

Selain itu, mengkonsumi makanan yang manis secara berlebihan akan meningkatkan potensi terserang diabetes, jantung, kanker, dan lain-lain. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi banyak gula dapat meningkatkan resiko resistensi leptin. Dimana resiko tersebut akan disertai dengan meningkatnya sel lemak.

4. Suka Minuman Soda

Seperti yang kita ketahui, kadar gula dalam minuman soda sangatlah tinggi. 1 gelas soda setidaknya mengandung 10 sendok gula lebih. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh kita. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengkonsumsi banyak gula akan meningkatkan produksi hormon insulin yang berlebihan.

Menurut penelitian, soda sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu efek negati atau dampak buruk yang akan anda terima adalah berpotensi terkena diabetes tipe 2. Selain itu soda sangat tidak baik bagi tulang dan gigi anda.

5. Tidak Pernah Berolahraga

Olahraga memiliki berbagai macam manfaat yang dapat diterima oleh tubuhmu. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolestrol. Kurang berolahraga akan membuat kamu akan mudah lelah dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Sangat penting bagi kamu untuk menyempatkan diri melakukan jogging atau bersepeda di sore hari. Selain itu, dengan berolahraga kamu dapat menurunkan resiko depresi dan mengembalikan perasaan yang positif.

Baca Juga: Penyebab Masalah Tubuh Lelah Dan Sakit Saat Bangun Tidur

Demikian beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa kamu mudah lelah saat beraktifitas setiap hari. Pastikan bahwa kamu meninggalkan smartphone di jam tidur untuk menghindari gangguan sulit tidur di malam hari.

5 Hal Sepele Yang Menyebabkan Tubuh Mudah Lelah Saat Beraktifitas | Siopung | 4.5