5 Jenis Nutrisi Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jenis Nutrisi Yang Bagu Untuk Ibu Hamil

Nutrisi Yang Tepat Menciptakan Kehamilan Yang Sehat Via Pixabay.com

Jika Anda mencoba untuk hamil, suplemen seperti zat besi dan seng dapat membantu. Begitu juga diet seimbang dengan jenis makanan tertentu. Mencoba untuk hamil? anda harus memberi tubuh anda makanan terbaik untuk mendapatkan lebih banyak kandungan gizi yang sehat. 

Dan jika anda sedang hamil, anda juga tetap membutuhkan kandungan berikut untuk menyehatkan janin anda. Berikut lima vitamin, mineral, dan nutrisi yang terbukti membantu kesuburan wanita dan menyehatkan janin.

1. Seng

Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University menyimpulkan bahwa kekurangan zinc atau seng dapat memiliki efek negatif pada perkembangan sel telur wanita. Penelitian ini dilakukan pada tikus dan bukan manusia, tetapi James Hester, penulis utama studi ini mengatakan bahwa penelitian ini juga berlaku bagi manusia karena sejatinya seng adalah “pengatur kunci” dari pertumbuhan sel telur.

Fungsi penting dari seng sendiri adalah divisi oosit (sel telur), pemupukan, regulasi DNA, dan perkembangan embrio. Wanita yang berusaha hamil harus benar-benar berpikir tentang mengonsumsi seng dalam makanan yang mereka konsumsi, mereka bisa mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung seng seperti daging domba, tiram, dan juga daging sapi.

Baca juga: 8 Makanan Selain Daging Yang Mengadung Zat Besi

Jumlah harian yang direkomendasikan untuk mengonsumsi seng adalah 8 miligram per hari untuk wanita dewasa dan 12 miligram per hari selama hamil dan menyusui.

2. Kolin

Kolin sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pada semua tahap kehidupan manusia. Selain itu, kolin juga sangat bagus untuk seseorang yang ingin cepat memiliki keturunan karena dapat menyuburkan sel telur yang ada pada diri perempuan.

Kolin ada dalam banyak makanan seperti kuning telur, kacang lima, dan juga hati binatang, namun jumlah kolin dalam makanan itu dalam jumlah kecil. Asupan harian yang direkomendasikan untuk kolin adalah 550 miligram per hari.

3. Omega-3

Docosahexaenoic acid (DHA) sangat penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Ibu menyediakan sumber satu-satunya untuk bayi mereka. Sebuah studi 2016 di European Journal of Obstetrics & Gynecology and Reproductive Biology menyimpulkan bahwa konsumsi suplemen omega-3 dikaitkan dengan penurunan 58 persen kemungkinan kelahiran bayi prematur.

Untuk wanita hamil dan menyusui, asupan optimal adalah 700 miligram per hari untuk asam eicosapentaenoic (EPA) dan DHA. Omega-3 sendiri bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan laut, kanola, minyak kedelai, dan juga sayuran-sayuran tertentu.

4. Probiotik

Probiotik dan prebiotik sangat penting baik dalam bentuk makanan dan suplemen untuk membentuk usus yang sehat. Saat ini tidak ada jumlah yang disarankan untuk kandungan ini, namun dengan mengonsumsi kandungan ini akan membuat wanita menjadi subur dan bisa mudah hamil dan untuk yan sedang hamil juga bisa menyehatkan janin yang dikandungnya.

5. Besi

Mineral ini sangat penting untuk membentuk sel darah merah pembawa oksigen.

Itu memengaruhi tingkat energi anda dan juga meningkatkan kesuburan, kata Tammy Lakatos Shames dan Lyssie Lakatos, ahli diet dari New York City.

Perempuan harus diperiksa kadar zat besi mereka melalui tes darah. Dari sana, mereka dapat menentukan apakah mereka perlu meningkatkan asupan. Wanita dewasa harus mendapatkan 18 miligram per hari, 27 miligram per hari saat hamil, dan 9 miligram sehari ketika menyusui.

Baca juga: 7 Sumber Protein Nabati Terbaik Yang Wajib Diketahui Vegetarian

Kadar besi yang rendah sebelum konsepsi dapat menyebabkan kurangnya ovulasi. Mendapatkan lebih banyak zat besi saat anda mencoba untuk hamil dapat membantu menghindari masalah ovulasi tersebut dan membantu mencegah anemia setelah anda hamil.

5 Jenis Nutrisi Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Ibu Hamil | Siopung | 4.5