5 Rahasia Manfaat Jogging Yang Bisa Kamu Dapatkan Untuk Kesehatan

5 Rahasia Manfaat Jogging Yang Bisa Kamu Dapatkan Untuk Kesehatan

Foto Aktifitas Jogging Via Pixabay.com

Jogging adalah suatu kegiatan berolahraga ringan yang bisa dilakukan semua orang. mulai anak-anak, remaja, dewasa, orang tua bahkan lansia sekalipun. Pastinya aktifitas ini memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh. Tetapi manfaat jogging bukan hanya sampai disitu saja, aktifitas ini juga memiliki sangat banyak manfaat tidak hanya untuk kesehatan saja.

Menurut penelitian, mereka yang melakukan jogging setiap hari setidaknya 30 menit lebih cenderung bahagia dibandingkan mereka yang tidak melakukan hal tersebut sama sekali. Untuk itu, mari kita simak beberapa manfaat jogging yang mungkin belum kamu ketahui .

1. Menyehatkan Tubuh

Jogging sangat baik untuk menjaga kesehatan badan anda. jogging yang dilakukan pada pagi hari dapat menguatkan tulang dan memperlancar peredaran darah anda. pada sore hari, setelah melakukan aktivitas yang membuat pikiran anda jenuh, lakukan lah jogging minimal 15 menit di sore hari. Dengan menerapkannya, kamu akan mendapatkan pikiran yang lebih segar kembali .

Baca Dulu Tanpa Disadari Aktifitas Sederhana Ini Justru Menyehatkan Tubuh

Selain itu, suasan sore di ruang terbuka memberikan efek relaksasi bagi pikiran anda. Menghirup oksigen di area yang terbebas polusi membuat paru-parumu menjadi lebih bersih. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu juga akan mendapatkan peredaran darah yang lebih lancar lagi.

2. Membakar Lemak

Jogging juga dapat membakar lemak, tetapi dengan syarat durasi jogging kamu harusditambah. Aktifitas berlari  yang mampu memberikan efek menurunkan berat badan adalah aktifitas yang dilakukan setidaknya 30 menit- 60menit setiap harinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu dengan intensitas waktu yang telah disebutkan.

Dengan melakukan aktifitas jogging setiap hari, kamu akan mendapatkan tubuh idel yang tepat untuk tipikal tubuhmu.

 

3. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Berlari atau berjalan setiap hari selama 30 menit sangat efektif untuk membantumu terhindar dari gangguan insomnia. Dengan berjalan, kamu membantu tubuh untuk mengeluarkan kemampuannya yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, pada saat malam, kamu akan mendapatkan tubuh yang idel untuk diajak tidur. Kondisi lelah akibat berlari merupakan salah satu hal yang menyebabkan kamu akan mudah tidur setiap malamnya.

Jika anda adalah orang yang sangat sulit tidur pada saat malam hari, mungkin Joging di pagi hari merupakan solusi yang tepat untuk anda. Tetapi jika anda kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak atau sering terbangun saat tengah malam, maka direkomendasikan untuk melakukan aktifitas jogging di sore hari .

 

Jika berolahraga pada pagi hari, hal ini merupakan aktifitas yang dapat membakar kalori yang banyak pada tubuh. Sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang cepat di malam hari.

4. Menjaga Kesehatan jantung

Dengan jogging maka anda juga dapat memelihara kesehatan jantung anda. dengan jogging, maka peredaran akan berjalan lancar dan kerja jantung juga menjadi baik. dengan memompa oksigen keseluruh tubuh dan juga mengembalikan karbondioksida yang akan dikeluarkan melalui pernafasan. sehingga tidak ada penumpukan kolesterol didalam pembuluh darah.

Menurut penelitian, berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu, dapat membantumu terhindar dari resiko penyakit jantung dan membuat tubuh menjadi lebih produktif setiap harinya.

5. Meningkatkan Stamina Dan Daya Tahan Tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, melakukan aktifitas jogging setiap hari minimal 20 menit, akan membuat stamina dan energi meningkat hingga 50%. Hal ini merupakan reaksi alami yang terjadi pada tubuh saat dilatih untuk melakukan gerakan ringan dalam jogging.

Baca Juga 4 Hal Yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Mulai Menurunkan Berat Badan

Alhasil, saat stamina atau energimu meningkat, organ tubuh juga akan bekerja secara maksimal. Bahkan daya tahan tubuh juga akan meningkat dengan baik.