5 Website Di Indonesia Yang Menyediakan Tempat Bagi Penulis Muda

5 Website Di Indonesia Yang Menyediakan Tempat Bagi Penulis Muda

Penulis Via Pexel

Menulis sebenarnya merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan. Dengan menulis, kamu dapat berkontribusi memberikan inpirasi dan informasi bagi banyak orang. Cara terbaik agar tulisanmu dengan mudah ditemukan dan dibaca banyak orang adalah dengan menuliskannya ke website yang ada di internet.

Di Indonesia, situs-situs seperti ini mulai banyak bermunculan. Ada yang menawarkan hadiah berupa uang dan ada juga yang hanya menyediaan tempat agar karyamu banyak dibaca oleh orang. Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menulis di internet salah satunya adalah mengasah keterampilan agar memiliki kemampuan menulis yang baik.

Oiya, langsung saja kita simak beberapa situs di indonesia bagi kamu anak muda yang punya hobi menulis. Simak penjelasan dibawah ini.

1. Hipwee.com

Ini adalah salah satu situs besar yang banyak digandrungi oleh anak muda. Memiliki kesan berisi tapi ringan, hipwee hadir menyajikan bergam konten yang banyak menginspirasi kaum muda-mudi di indonesia. Tidak hanya membaca tulisan-tulisan dari para kontributornya, kamu juga bisa berkontribusi langsung untuk mengirimkan tulisanmu didalamnya.

Tidak hanya dirimu, ada banyak ribuan penulis muda lainnya yang mengirimkan karyanya disana. Jadi, jangan heran jika karyamu berada di antrian yang sangat panjang untuk di publish. Pasalnya, para editor hipwee harus melakukan proses verifikasi dan review yang panjang untuk yang satu ini.

Oiya, di hipwee sendiri kamu tidak diberi imbalan uang untuk setiap karyamu. Mereka hanya menjajikan tulisanmu dibaca oleh banyak orang. Pada umumnya, kamu membutuhkan waktu setidaknya 1 – 3 bulan agar kirimanmu di publish.

2. IDNTIMES.com

Tidak jauh berbeda dengan hipwee, idntimes merupakan situs yang fokus untuk pembaca milenia. Didirikan pada tahun 2014, idntimes sendiri masuk kedalam jajaran social news site terbesar di indonesia. Disini kamu juga bisa mengirimkan karya tulismu dengan login disana.

Baca Dulu 7 Cara Mengisi Waktu Luang Yang Menghasilkan Uang

Berbeda dengan situs yang sebelumnya, di idntimes kamu mendapatkan uang dengan mengumpulkan poin dari artikel yang kamu tulis. Jadi, selain bisa melampiaskan hobimu, kamu juga bisa menghasilkan uang yang banyak didalamnya. Pada umumnya, tulisanmu akan terpublish dalam 2 minggu – 1 bulan. Jadi bersabar ya.

3. Viralee.id

Mengusung slogan “Just Share No Hoax” viralee hadir membawa kabar baik untuk citra situs dengan embel-embel “viral”. Walaupun terbilang situsnya masih baru dibandingkan yang lain, namun sudah banyak penulis muda yang berkarya disana. Kamu bisa mengirimkan karya tulismu dengan mendaftar di situs tersebut.

Melalui viralee, kamu dapat memviralkan opini dan aspirasimu terhadap suatu masalah di negeri ini. Di situs ini, kamu tidak mendapatkan imbalan apa-apa. Tetapi kamu bisa mengikuti kontes menulis yang diselenggarakan setiap bulan  nya. Hadiah nya bisa berupa uang, kaos atau merchandise dan lain-lain.

Oiya, dibandingkan situs-situs sebelumnya, di viralee karyamu umumnya akan terpublish dalam waktu kurang dari 1-3 hari. Para editor viralee melakukan proses verifikasi yang sangat cepat. Oiya, mungkin karena situsnya masih baru.

4. Jalantikus.com

Jika kamu suka menulis konten yang bertemakan teknologi, maka jalantikus merupakan situs yang tepat untukmu. Untuk setiap artikel yang diterbikan, jalantikus sendiri berani membayarmu hingga Rp 50 ribu. Bahkan jika artikelmu mendapatkan 10.000 sesi kunjungan, maka jalantikus juga akan menambahkan komisi tersebut kepadamu.

Jalantikus sendiri merupakan salah satu situs besar di indonesia yang fokus mengulas tentang teknologi dan sebagai tempat download aplikasi android. Ada banyak penulis muda yang mengirimkan karya nya disana. Pada umumnya, artikelmu akan terpublish kurang dari 7 – 14 hari. Tim jalantikus akan melakukan review dan verifikasi . Ada syarat-sayarat tertentu yang tentunya harus kamu penuhi.

5. Babe News

Selain UC NEWS yang merupakan situs anak asuh Alibaba, di indonesia kita punya babe news. Babe News adalah sebuah aplikasi news agregator yang sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Jadi sangat cocok bagi kamu penulis muda yang sangat fokus ingin menghasilkan uang dari karya tulisnya.

Baca Dulu 10 Jenis Pekerjaan Yang Cocok Untuk Wanita Pendiam/Introvert

Demikian beberapa situs di indonesia yang menyediakan portal untuk menulis. Menulis itu adalah suatu aktifitas yang sangat suci. Dengan menulis, kamu membuat dirimu menjadi abadi.