6 Jenis Makanan Yang Sangat Buruk Untuk Pencernaan

6 Jenis Makanan Yang Sangat Buruk Untuk Pencernaan

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Ketika anda sedang berjuang melawan masalah pencernaan, hal pertama yang perlu dievaluasi adalah makanan yang anda konsumsi. Sering kali, penyesuaian sederhana dalam asupan makanan dapat membantu mengatur pencernaan anda tanpa menambahkan obat sintetik ke rutinitas harian anda. Berikut makanan yang harus anda hindari karena dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan tubuh kita.

1. Coklat

Meskipun coklat adalah salah satu makanan paling berharga di dunia, cokelat disalahkan karena menyebabkan masalah pencernaan pada individu. Bersama dengan teh hitam dan pisang, cokelat diyakini menghambat pencernaan yang tepat dan menyebabkan ketidaknyamanan usus.

Menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam European Journal of Gastroenterology and Hepatology. Khusus untuk individu yang rentan terhadap sindrom iritasi usus atau gangguan pencernaan lainnya, mengkonsumsi coklat sangat tidak dianjurkan.

2. Camilan Asin

Seperti makanan olahan, makanan asin dapat melemahkan kemampuan tubuh anda untuk tetap terhidrasi, terutama jika anda tidak mengonsumsi cukup air sepanjang hari. Ketika tidak diimbangi dengan banyak cairan, keripik, kacang, dan biskuit asin dapat menghambat pemeliharaan kadar natrium internal anda dan dapat mempengaruhi kemampuan sistem pencernaan anda untuk memproses makanan secara efisien.

Menurut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, bahkan dehidrasi ringan dapat berdampak pada kesehatan pencernaan.

3. Pisang

Pisang dikemas dengan nutrisinya yang cukup banyak yang menjadikannya salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Sayangnya, tidak sabar menunggu proses pisang matang sempurna dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan yang parah.

Baca juga: 5 Manfaat Kulit Pisang Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Pengobatan

Menurut Institut Kesehatan Pencernaan, pisang yang belum matang dengan benar mengandung pati resisten yang mengganggu proses pencernaan. Hindari melukai pencernaan anda dengan menunggu sampai pisang berwarna kuning dengan tanda-tanda coklat pada kulit yang menandakan pisang matang dengan sempurna.

4. Makanan Manis

Baik anda penggemar kue, cookies, pai, atau permen dapat membahayakan kemampuan tubuh anda untuk mencerna makanan dengan baik. Alasannya karena permen biasanya memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi, serat rendah, dan kandungan lemak yang tinggi. Gabungan 3 atribut ini dapat menyebabkan buang air besar yang tidak teratur dan ketidaknyamanan pencernaan menurut National Institute on Aging.

5. Daging Merah

Makan daging berlemak dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius. Secara khusus, kandungan lemak dalam daging merah yang berlebihan akan menutup asupan serat sehingga dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan usus.

Hal ini disebabkan karena daging merah umumnya tebal dan berotot, pencernaan yang baik membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses daging tersebut dalam tubuh kita.

6. Makanan Beku

Makanan beku mengandum konsentrasi tinggi lemak dan garam tetapi kandungan seratnya rendah, makanan seperti ini mengganggu pencernaan tubuh kita.

Menurut Mayo Clinic, orang dewasa harus mengkonsumsi sekitar 25-38 gram serat setiap hari. Konsumsi makanan yang mencakup makanan beku terus menerus dapat menyebabkan masalah pencernaan karena kandungan nutrisi yang didapatkan dari makanan tersebut sangat rendah.

Baca juga: 6 Makanan Yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan Dan Berat Badan

Inilah Makan Sehat untuk Menghindari Masalah Pencernaan

Untuk menjaga sistem pencernaan anda dalam kondisi prima,anda perlu minum air putih, makan makanan segar, dan batasi asupan gula dan juga lemak. Tapi, jangan merasa anda tidak bisa menikmati makanan. Makan apa yang anda suka tapi usahakan yang memiliki serat yang tinggi.

6 Jenis Makanan Yang Sangat Buruk Untuk Pencernaan | Siopung | 4.5