6 Tanda Bahwa Tubuh Mengalami Ketidakseimbangan Hormon

6 Tanda Bahwa Tubuh Mengalami Ketidakseimbangan Hormon

Gambar ilustrasi Via Pixabay.com

Ketidakseimbangan hormon saat ini cukup banyak ditemui . Biasanya orang yang memiliki ketidakseimbangan hormon akan merasa sering frustasi, emosi yang tak tertahankan atau bahkan rasa takut tanpa ada alasan. Banyak orang yang tidak percaya hal hal tersebut terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubh kita.

Keseimbangan hormon dalam tubuh kita memainkan peran penting terhadap suasana hati kita, kesehatan, kesuburan dan lain lain. Banyak faktor yang mempengaruhi keseimbangan hormon kita. Sebagian terjadi pada masa menopouse, pubertas, atau perimenopause, tetapi hal hal lain juga bisa menyebabkan hormon tubuh kita tidak seimbang seperti kebiasaan gaya hidup yang tidak baik, pil kontrasepsi, siklus menstruasi, stres bahkan kehamilan.

Orang yang mengalami perubahan suasana hati, karena ketidakseimbangan hormon, juga bisa mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Jadi untuk mencegah dari situasi dan masalah ini, anda perlu tahu bagaimana dan kapan seseorang didiagnosis memiliki hormon yang tidak seimbang.

6 Tanda Berikut Bisa Menunjukkan Ketidakseimbangan Hormon Pada Tubuh Anda

1. Perubahan suasana hati

Salah satu gejala paling umum yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon adalah perubahan suasana hati. Merasa bahagia, gila atau kadang-kadang marah dan biasanya semua perasaan ini muncul tanpa alasan. Sebagian besar gejala-gejala ini muncul selama siklus menstruasi, atau juga dapat terjadi selama menopause.

2. Rasa lapar yang terus menerus

Menambah berat badan tanpa alasan, terus menerus merasa lapar, selalu mengidam makanan adalah hasil dari ketidakseimbangan hormon. Sebagian besar jika seseorang memiliki ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya, ia akan sangat menginginkan kadar gula yang tinggi. Ini terjadi karena kadar hormon ghrelin lebih tinggi dari pada seharusnya, dan hormon inilah yang menstimulasi dan meningkatkan nafsu makan kita.

Baca juga: 10 Tips Mengurangi Nafsu Makan Dan Ngemil Agar Tubuh Tetap Sehat

3. Menurunnya gairah seksual

Dorongan seksual anda mungkin menurun ketika terjadi ketidakseimbangan hormon pada tubuh anda. Hal ini dikarenakan hormon yang diproduksi untuk tiroid, libido feminin, estrogen dan testosteron menjadi tidak seimbang.

Ketidakseimbangan hormon-hormon ini juga dapat menyebabkan kekeringan pada vagina yang dapat membuat hubungan seksual menjadi tidak menyenangkan.

4. Kelelahan

Ketika anda tidak begitu banyak melakukan kegiatan yang mungkin menguras tenaga namun merasa lelah yang berlebihan kemungkinan itu disebabkan karena terlalu banyak kortisol dalam tubuh kita. Kortisol adalah hormon yang mengatur stres kita. Jika dalam tubuh kita terdapat kortisol dengan jumlah yang berlebih, malah akan membuat tubuh kita merasakan rasa lelah yang berlebihan pula.

5. Insomnia

Ketika anda mungkin mengalami insomnia atau kesulitan tidur dalam beberapa hari kemungkinan juga bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon pada tubuh anda.

Tingkat hormon yang tidak seimbang ini juga dapat menyebabkan banyak keringat saat Anda tidur. Jika kadar kortisol Anda lebih tinggi daripada rata-rata, dan kadar estrogen dan progesteron lebih rendah daripada rata-rata, anda tidak akan dapat beristirahat dengan baik saat tidur.

6. Berat Badan Terus Menambah

Jika anda menjalani hidup sehat, olahraga secara teratur dan juga menjalani diet yang sangat sehat namun tanpa disadari berat badan terus-menerus bertambah mungkin ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tubuh anda. Ketika kadar hormon berada pada tingkat normal, berat yang diperoleh diatur oleh metabolisme tubuh kita.

Baca juga: 5 Hal Sepele Yang Menyebabkan Tubuh Mudah Lelah Saat Beraktifitas

Tetapi jika ada ketidakseimbangan dalam hormon anda, tubuh anda tidak akan bisa menghasilkan atau membakar semua lemak dan kalori yang anda konsumsi. Oleh karena itu, anda akan mulai mendapatkan banyak lemak dan tidak bisa menurunkan berat badan anda. Sebagian besar lemak terakumulasi di daerah perut karena tubuh anda memiliki lebih banyak kortisol dan estrogen.