7 Gejala Luar Biasa Gagal Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui

Gejala Gagal Ginjal

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Salah satu penyakit yang paling serius dunia ini adalah gagal ginjal. Gagal ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh ginjal karena fungsi ginjal tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ini ditandai dengan penyaringan darah yang buruk oleh ginjal. Pada saat darah tidak tersaring dengan baik, maka itu akan mengumpulkan banyak racun dan bahan limbah yang sangat berbahaya bagi organisme tubuh kita.

Setiap 5 menit sekitar 3 hingga 4 liter darah disaring di dalam ginjal dan ada lebih dari 2 juta nefron di dalamnya. Nefron tersebut bekerja secara konstan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Oleh karena itu jelas bahwa mereka memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan kita. Mereka adalah senyawa yang bertanggung jawab atas keseimbangan kadar mineral dan garam di dalam tubuh kita.

Kami tau semua orang ingin menjaga kesehatannya dan selalu menjaga kondisi tubuhnya dalam kondisi yang baik. Maka dari itu kami telah membuat daftar 7 gejala gagal ginjal yang bisa anda pahami, sehingga anda dapat belajar dan tetap waspada setiap saat, atau jika anda melihat salah satu dari keluarga anda mengalami gejala seperti ini, anda bisa mengajaknya untuk pergi ke dokter segera.

1. Pola / Siklus Urin

Anda dapat dengan mudah melihat fungsi ginjal anda melalui air kecil.Berikut adalah gejala utama yang dapat anda perhatikan dari air kecil anda sebagai tanda adanya disfungsi ginjal oada tubuh anda.

  • Sering buang air kecil di malam hari
  • Air seni berbusa
  • Jumlah air seni menurun atau meningkat drastis
  • Air seni pucat atau gelap
  • Kesulitan buang air kecil

2. Inflamasi / Pembengkakan

Pembengkakan pada tubuh bisa menjadi salah satu gejala ketika ginjal seseorang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ketika ginjal tidak berjalan dengan baik, darah kita tidak dimurnikan dengan benar dan itu memberitahu kita bahwa limbah dan racun terakumulasi pada tubuh kita.

Baca juga: Cara Makan Biji Pepaya Untuk Mendetoksifikasi Liver, Ginjal, Serta Pencernaan

Retensi cairan atau racun yang ada pada tubuh kita tersebut dapat menyebabkan pembengkakan di kaki. Dan itu adalah salah satu tanda paling umum yang menunjukkan gagal ginjal atau ginjal tidak berfungsi dengan baik.

3. Kelelahan

EPO atau juga dikenal sebagai erythropoietin adalah hormon yang diproduksi ginjal yang bertugas mengendalikan produksi sel darah merah. Oleh karena itu ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, hormon ini juga tidak diproduksi oleh ginjal dan kita akan merasakan kurangnya energi dan kelelahan yang cepat.

Jika anda merasa lelah dan pusing sepanjang hari , dan anda juga melihat perubahan yang terlihat dalam urin anda ,maka anda perlu mengunjungi dokter segera.

4. Ruam

Melalui warna dan tekstur kulit , kita bisa lihat biasanya yang memiliki disfungsi ginjal akan merasa sensasi gatal dan ruam yang terjadi di atas kulit mereka. 

5. Rasa Logam di Mulut

Jika anda merasakan rasa logam dalam napas dan mulut anda, maka anda juga akan merasakan makanan dengan rasa yang sangat berbeda. Ini berarti bahwa ginjal anda tidak berfungsi dengan baik untuk menyaring darah anda sebagaimana mestinya, karena itu meninggalkan rasa logam di mulut anda.

6. Sesak Nafas

Kerusakan fungsi ginjal akan menghasilkan darah yang tidak baik. Dan ketika itu terjadi jumlah sel darah merah di dalam organisme kita sangat rendah,dan jika jumlah sel darah merah rendah, maka anda akan kekurangan oksigen yang akan mengakibatkan sesak napas.

Baca juga: 7 Campuran Makanan Yang Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh

7. Pusing, Mual, dan Konsentrasi Lebih Rendah

Berkurangnya suplai darah ke otak kita, ginjal rusak dan kurang konsentrasi sebagian besar dipicu oleh anemia. Seringkali orang-orang yang menghadapi gagal ginjal sangat mungkin untuk menghadapi pusing, ketidakmampuan untuk mengingat hal-hal tertentu dan juga mual.

7 Gejala Luar Biasa Gagal Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui | Siopung | 4.5