7 Makanan & Bahan Herbal Yang Menurunkan Kadar Gula Darah

Makanan Penurun Gula Darah

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Kadar gula dalam darah anda sangat dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang anda konsumsi. Makanan tertentu dapat meningkatkan glukosa dalam darah, sementara makanan yang lain dapat menurunkannya. Oleh karena itu, anda harus sangat sadar makanan apa yang anda pilih untuk dimakan untuk mencegah lonjakan gula darah terutama jika anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Dalam artikel ini kami akan memberikan Anda daftar beberapa bahan herbal dan makanan yang dapat mengurangi kadar gula darah Anda.

1. Kayu Manis

Menurut penelitian, rempah-rempah yang umum digunakan ini mampu menurunkan kadar gula darah hingga 24%. Selain itu, kayu manis juga mampu menurunkan kolesterol LDL hingga 18% dan mengurangi trigliserida sebesar 23%. Tetapi orang-orang yang memiliki masalah hati, seharusnya tidak mengkonsumsi kayu manis itu malah akan memperburuk keadaan mereka.

Jika anda memiliki diabetes dan ingin menurunkan kadar gula dalam darah dengan menggunakan kayu manis, anda bisa mencobanya dengan cara merebus 4 kayu manis ke dalam 2 gelas air putih, lalu meminumnya.

2. Pare

Tanaman pare mengandung banyak polipeptida, charantin dan vicine. Semua bahan ini aktif dan mereka memiliki sifat anti-diabetes. Selain itu, buah pare juga mengandung lektin yang memiliki efek seperti insulin dan lektin ini dapat membantu menurunkan kadar gula karena dapat mengontrol nafsu makan seseorang.

Biasanya orang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun saat ini sudah banyak cara memasak pare agar tidak terlalu pahit yang bisa kita peroleh secara online. Jika anda berpikir untuk diet, anda juga bisa mengonsumsi pare ini. Pare bagus untuk diet karena indeks glikemiks pare tergolong rendah.

3. Bawang Putih & Bawang Merah

Tidak peduli seberapa ringannya mereka, kedua sayuran ini mampu menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan trigliserida. Senyawa sulfida yang dikenal sebagai alliin terkandung dalam dua sayuran ini. Bawang merah dan bawang putih sangat membantu tubuh kita untuk penggunaan insulin yang tepat dan juga dapat membantu tubuh kita dalam mengontrol glukosa darah.

Baca juga: Tips Sederhana Mencegah Datangnya Penyakit Diabetes

4. Ekstra Daun Fenugreek

Ekstra daun fenugreek mampu melindungi hati kita dari kerusakan yang dilakukan oleh alkohol atau rokok. Ekstra daun fenugreek juga dapat membantu tubuh kita dalam hal menurunkan kadar kolesterol. Ekstra daun fenugreek ini sangat dikenal sebagai bahan pembersih alami untuk hati kita.

5. Ekstra Daun Neem

Kebutuhan suntikan insulin dan kadar gula darah kita dapat diturunkan oleh ekstrak daun Neem. Ekstrak daun neem ini mampu mengurangi risiko komplikasi diabetes dengan cara meningkatkan aliran darah kita dan menekan kadar gula dalam darah.

Jika anda ingin menggunakan ekstrak daun neem untuk menurunkan kadar gula dalam darah, anda bisa memakan nya langsung dalam suplemen atau juga bisa mencampurkan bubuk daun neem dalam minuman anda.

6. Benih Chia

Biji Chia mengandung banyak antioksidan, omega-3, serat, dan kalsium dalam jumlah besar. Biji chia mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh kita. Dengan itu, risiko penyakit jantung dapat diturunkan.

Orang-orang yang mempunyai diabetes harus memasukkan benih chia ini dalam makanan sehari-hari mereka, karena indeks glikemik dari benih chia ini bisa dibilang cukup rendah.

Baca juga: 11 Makanan Sehat Yang Membuat Anda Menjadi Panjang Umur

7. Ginseng

Menurut penelitian, glukosa plasma puasa dipengaruhi secara positif oleh efek ginseng. Hal ini juga dapat meningkatkan proses penyembuhan lapisan arteri. Oleh karena itu, risiko serangan jantung dapat berkurang. Penyakit jantung biasanya dikaitkan dengan diabetes. Jika diabetes dapat hindari, kita juga dapat menghindari penyakit jantung ini.

7 Makanan & Bahan Herbal Yang Menurunkan Kadar Gula Darah | Siopung | 4.5