8 Makanan Selain Daging Yang Mengandung Zat Besi

Makanan Yang Mengandung Zat Besi Selain Daging

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Zat besi sangat penting untuk kesehatan tubuh kita karena zat besi memainkan bagian utama dalam berbagai proses yang terjadi dalam organisme tubuh kita. Beberapa sumber zat besi yang paling bergizi antara lain rumput laut, daging merah, krustasea, cokelat, dan rempah-rempah.

Pria harus menerima dosis 9 mg zat besi per hari, sementara wanita dan remaja membutuhkan dosis 18 mg per hari. Bagi wanita, dianjurkan mengonsumsi jumlah zat besi sekitar 9mg setiap hari selama menstruasi, dan 20 mg jika hamil karena zat besi meningkatkan kesehatan janin.

Kurangnya zat besi menyebabkan banyak gejala seperti kelelahan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kulit pucat, serta fungsi fisik dan mental yang lebih rendah.

Kurangnya zat besi dapat terjadi karena:

  • Diet vegie yang tidak seimbang atau diet defisiensi zat besi
  • Kebutuhan zat besi yang lebih besar, seperti dalam kasus-kasus jika seseorang hamil dan menyusui
  • Akumulasi zat besi yang lebih rendah karena intoleransi gluten, radang usus, atau kondisi usus lainnya.
  • Banyak kehilangan darah seperti menstruasi atau melahirkan.

Berikut ini adalah daftar 8 makanan yang kaya zat besi dan dapat mengoptimalkan kondisi kesehatan anda:

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang rendah kalorinamun sangat tinggi zat besi, vitamin A, dan antioksidan. Kandungan zat besi pada bayam sekitar 2,71 mg per 100 gram nya.

Baca juga: Bongkar Manfaat Tersembunyi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

2.Kacang Hijau

Kacang-kacangan secara umum mengandung banyak antioksidan, karbohidrat, dan serat, namun cacang hijau adalah sumber zat besi terbesar karena kita dapat menyerap 1,8 miligram zat besi per 100 g kacang hijau.

Kacang hijau juga mengurangi risiko kanker kolorektal, menurunkan berat badan lebih cepat, menghentikan diabetes, dan mencegah masalah kardiovaskular.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat bergizi karena mengandung 1 mg zat besi per 100 gnya. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak vitamin C dan vitamin ini membantu penyerapan zat besi dan juga mencegah kanker.

4. Kubis

kubis menyediakan banyak nutrisi , vitamin dan tentu saja banyak zat besi bahkan lebih banyak daripada daging. Ini membantu mengobati pembekuan darah dan memperkuat tulang serta mencegah sembelit. Kubis juga mengurangi kadar kolesterol, mempercepat pencernaan dan memperkuat jantung.

5. Biji Labu

Biji labu mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh termasuk magnesium, seng, fosfor, vitamin A, F, B, dan E serta dalam 100 gramnya biji labu menawarkan 3.3mg zat besi. Selain itu,biji labu juga kaya asam lemak tak jenuh dan minyak yang berasal dari biji-biji ini memberikan 6 kali lebih banyak asam linoleat dibandingkan dengan minyak zaitun.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, pistachio, almond, hazelnut, kurma dan buah ara semuanya berlimpah zat besi, namun mereka juga bisa sangat tinggi kalorinya, jadi anda harus mengonsumsinya secara teratur, tetapi dalam jumlah terbatas.

7. Akar Bit

Bit mengandung gula yang tinggi dan anda bisa mendapatkan 1,8 mg zat besi per 100gr dari akar bit ini. Akar bit secara efisien dapat digunakan untuk mencegah kanker, meningkatkan operasi hati, dan memurnikan darah.

Baca juga: 7 Sumber Protein Nabati Terbaik Yang Wajib Diketahui Vegetarian

8. Tahu

Produk ini didasarkan pada kedelai yang dikemas dengan tiamina, magnesium, selenium, dan kalsium serta pada 126 g tahu mengandung 3,6 mg zat besi atau 19% dari konsumsi harian yang disarankan. Ini mengurangi manifestasi menopause, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

8 Makanan Selain Daging Yang Mengandung Zat Besi | Siopung | 4.5