11 Bahaya Membiarkan Anak Dibawah 12 Tahun Bermain Gadget

Bahaya Anak Dibawah Umur Bermain Smartphone

Gambar ilustrasi Via Pixabay.com

Saat ini kita hidup di era dimana semua hal bisa dijangkau menggunakan teknologi. Saat ini hampir semua orang menggunakan gadget, baik di rumah, tempat kerja maupun di tempat tempat umum. Dan hampir setiap hari saya lihat orang tidak bisa lepas dari gadget terutama untuk bermain sosial media atau bermain game.

Namun, meskipun teknologi memiliki banyak manfaat dan menyederhanakan hidup kita, penggunaan reguler gadget ini, terutama oleh anak-anak, dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius, seperti menghalangi perkembangan mental dan fisik.

Ini adalah 11 alasan mengapa anak-anak anda harus menghindari penggunaan hp, komputer, atau tablet:

1. Paparan Radiasi

Kepala anak-anak dua kali lebih rentan terhadap penyerapan radiasi dan sumsum tulang tengkorak mereka menyerap sepuluh kali radiasi dibandingkan dengan orang dewasa. Radiasi dari gadget sendiri dapat menyebabkan kanker, tumor otak dan kelainan otak lainnya.

2. Perilaku Sosial dan Kecemasan

Semakin anak bergantung pada penggunaan teknologi, mereka akan menjadi anti-sosial. Mereka kesulitan berkomunikasi dalam hal memilih nada yang sesuai, bahasa tubuh, frasaologi, dan ekspresi wajah untuk melakukan komunikasi dengan orang lain.

3. Menurunkan Kualitas Tidur Anak

Penggunaan telepon seluler dan layar biru lainnya dapat memperburuk kualitas dan jumlah waktu tidur. Kita semua tahu bahwa anak-anak membutuhkan waktu tidur yang cukup agar dapat berkembang dengan baik. Jika mereka memiliki kualitas tidur yang buruk, ini dapat mempengaruhi secara negatif pertumbuhan fisik mereka.

Baca juga: 7 Langkah Rahasia Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat

4. Agresi

Sebanyak apa pun kita mencoba mengontrol apa yang dilihat atau tidak dilihat anak kita di internet hampir tidak mungkin kita bisa mengontrol mereka terus menerus, kadang meskipun kita mengontrol mereka, kita juga kesusahan menghentikan anak kita untuk tidak menggunakan gadget terutama ketika menyangkut game dan segala macam video.

5. Kesulitan Belajar

Gadget dan internet adalah gangguan besar yang dapat mengalihkan perhatian anak anak untuk belajar. Anak anak cenderung lebih memilih bermain game atau menonton video yang mereka sukai.  Inilah yang menyebabkan mereka kurang fokus dalam hal belajar, mereka juga akan malas untuk belajar, dan untuk jangka panjang mereka bisa mengalami kerusakan memori visual.

6. Ketegangan Mata

Penggunaan layar secara terus-menerus dapat mengganggu mata orang dewasa dan anak-anak. Biasanya ini diikuti oleh mata yang sakit, migrain, dan gangguan penglihatan.

7. Kesehatan Mental

Itu dapat membahayakan kesehatan mental mereka juga. Faktor-faktor ini dapat menjadikan anak anak sangat traumatis:

  • Cyberbullying
  • Tekanan seksual
  • Depresi Media Sosial.

8. Mengurangi Kesehatan

Para ilmuwan telah menemukan bahwa media dan teknologi memiliki efek negatif pada kesehatan anak-anak dan remaja baik secara emosional maupun fisik. Anak-anak menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap depresi dan kesulitan bersosialisasi dengan orang lain.

9. Postur Tubuh Terganggu

Bermain gadget dalam jangka waktu lama dapat merusak postur anak-anak yang selanjutnya menyebabkan gangguan muskuloskeletal.

10. Meningkatkan Resiko Obesitas

Waktu yang dihabiskan untuk perangkat elektronik ini biasanya dihabiskan untuk waktu yang lebih lama. Dengan kata lain, anak anak kurang melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan obesitas.

Selain itu, anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya menggunakan ponsel, tablet, komputer, dan video game cenderung lebih banyak mengemil  dari pada makan makanan yang sehat.

Baca juga: 7 Cara Efektif Membuat Anak Tidur Di Kamar Sendiri Dengan Cepat

11. Kecanduan Internet

Menurut penelitian kecanduan internet telah dikaitkan dengan jalur frontostriatal pada otak, jalur saraf ini juga terhubung dengan kecanduan narkoba dan perjudian.

11 Bahaya Membiarkan Anak Dibawah 12 Tahun Bermain Gadget | Siopung | 4.5