Arti Mimpi Menangkap Ikan

Diposting pada

Arti Mimpi Menangkap Ikan

Mimpi menangkap ikan umumnya memiliki makna yang baik bagi kehidupanmu. Namun di satu sisi ia bisa berarti datangnya masalah jika kamu menenangkapnya di air yang kotor atau berlumpur.

Menurut psikolog, ikan adalah bentuk emosi positif dalam realitas kehidupanmu. Ia merupakan manifestasi dari sebuah kekayaan, kebahagiaan, ketenangan, dan juga terkait ide-ide baru.

Menurut islam dalam tafsir Ibnu Sirin, ikan disimbolkan dengan kekayaan, keturunan, dan juga jabatan. Seorang wanita yang sedang hamil memimpikan melihat seekor ikan, menandakan bahwa ia akan melahirkan seorang putra.

Menurut primbon, ikan melambangkan kesuksesan dan keberhasilan dalam perniagaan atau pekerjaan. Memimpikan seekor ikan yang kecil menandakan keuntungan yang kecil, jika melihat yang besar maka menandakan keuntungan yang besar.


Lalu apakah menangkap ikan didalam mimpi merupakan pertanda positif bagi kehidupanmu ? Siapkan sedikit cemilan, duduk yang santai, mari kita simak penjelasan berikut.

1. Arti Mimpi Menangkap Ikan Menurut Psikolog

Menangkap Ikan
Dalam berbagai kebudayaan, ikan melambangkan kebahagiaan, keberuntungan, kekayaan, dan juga simbol positif bagi si pemimpinya.

Menangkap sesuatu didalam mimpi mewakili motivasi baru, rencana, dan ide-ide baru dalam kehidupanmu.

Menurut psikolog, menangkap ikan merefleksikan sebuah peluang positif yang kamu lihat dalam kehidupanmu. Selain itu, hal ini juga dapat menunjukkan kesadaran akan adanya potensi dari dalam diri.

Pengalaman tidur ini juga menunjukkan rasa percaya diri yang tumbuh dikarenakan kondisi tertentu yang kamu alami saat ini dalam kehidupanmu.

Melihat ikan yang sangat banyak, menandakan sisi optimis dirimu yang tumbuh. Setiap orang tentu memiliki permasalahan kehidupannya, namun kamu masih melihatnya dari sisi yang positif.

Ikan yang berenang melambangkan kebebasan, pengetahuan, dan juga kebahagiaan. Mengejar ikan yang sedang berenang, menandakan bahwa kamu menikmati pekerjaanmu saat ini.

Baca Juga : Arti Mimpi Digigit Ikan

2. Arti Mimpi Menangkap Ikan Menurut Islam

Mimpi Menangkap Ikan Menurut Islam

Dalam tafsir Ibnu Sirin, menangkap ikan menandakan berjuang untuk suatu kekayaan, keturunan, dan pekerjaan.

Jika seseorang bermimpi sedang berjuang menangkap ikan yang besar seperti paus, menandakan perjuangan hidupnya untuk mendapatkan kekayaan yang besar. Jika ia sabar atau lebih berusaha, maka ia akan mendapatkan kekayaan yang diinginkannya.

Seekor ikan yang bersisik menandakan suatu keuntungan bisnis atau harta yang perlu dibersihkan. Jika kamu baru-baru ini mendapatkan keuntungan yang besar atau mendapatkan kentungan bisnis dalam waktu dekat, hendaklah membayar hutang, memberikan dan melunasi kewajibanmu atas hak seseorang, atau membagikan sedekah.

Ikan asin menandakan kekayaan yang abadi, tetapi juga dapat menandakan datangnya beban hidup. Melihat ikan asin yang kering menandakan harta yang tidak membuat pemiliknya bahagia. Ikan asin yang terlihat basah menandakan harta yang membahagiakan atau mendamaikan kehidupannya.

Ikan yang sudah mati atau telah mengapung dikonotasikan dengan hal-hal yang tidak baik. Ia bisa berarti suatu bisnis atau project yang tidak berjalan baik atau tidak memiliki harapan lagi.

Menangkap ikan di air yang keruh atau berlumpur, seseorang yang berjuang keluar dari masalah hidupnya. Ia juga disimbolkan dengan orang-orang yang tidak memiliki ilmu atau membutuhkan petunjuk.

Mendapatkan ikan yang besar di air yang keruh menandakan keluar dari masalahnya karena keberuntungan dan usaha yang besar. Jika mendapatkan ikan yang kecil, menandakan masalah yang kecil.

Sedangkan melihat ikan di air yang jernih atau berenang hingga muncul ke permukaan menandakan ilmu pengetahuan dan wawasan baru.

Baca Juga : Arti Mimpi Menangkap Ular

3. Arti Mimpi Menangkap Ikan Menurut Primbon

Mimpi Ikan

Dalam primbon, menangkap ikan berarti kebahagiaan, kekayaan, keuntungan, dan percintaan yang positif. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang mungkin kamu tangkap di dalam mimpi beserta artinya.

  • Ikan Cupang : Seorang wanita yang cantik yang kuat dan penyabar, melahirkan seorang putri atau putra.
  • Ikan Mas : Keberuntungan hidup, berhubungan dengan orang yang kaya.
  • Ikan Puas atau Lumba-Lumba : Menandakan seorang sahabat atau teman dekat.
  • Ikan Asin : Mendapatkan ucapan atau kata-kata yang menyakitkan.

Ikan emas menandakan kemujuran yang menyertaimu dalam kehidupan. Ia bisa berarti kemuliaan, kepopuleran, dan juga harta pusaka dari keluarga. Bagi yang belum menikah ia bisa berarti pasangan yang kaya.

Ikan lele menandakan seorang putra yang kuat dan membanggakan. Lele adalah ikan yang berkumis, dalam primbon ia berarti seorang pria yang kaya. Jika kamu sedang hamil, menandakan seorang putra. Jika kamu adalah seorang wanita yang belum menikah, menandakan datangnya seorang pria yang kaya.

Menangkap ikan di air yang jernih menandakan apa yang kamu kerjakan saat ini tidak akan terhalang oleh apapun. Ia berarti suatu usaha yang berjalan lancar, pernikahan yang sesuai harapan, dan keturunan yang kamu impikan.

Air yang keruh menandakan kesedihan, kecemasan, penyakit, dan juga kemiskinan. Mendapatkan ikan di air yang berlumpur menandakan akan keluar dari masalah hidupnya. Jika ia sakit, menandakan akan sembuh dalam waktu dekat.

Mencari ikan dengan pancingan atau joran menandakan akan mendapatkan rezeki yang tidak terduga.

Baca Juga : Arti Mimpi Membeli Ikan

Demikian beberapa penjelasan terkait mimpi menangkap ikan dari berbagai sudut pandang islam, primbon, dan psikolog. Jika kamu melihat mimpi yang tidak kamu suka, meludahlah ke kiri sebanyak 3 kali. Semoga kita terlindung dari keburukan mimpi.