Arti Mimpi Beras Menurut Islam, Primbon, dan Psikolog

Mimpi Beras

Mimpi Beras

Beras didalam mimpi adalah sebuah pertanda yang baik dan sering dikaitkan dengan kemakmuran, kesuburan, kesuksesan serta keberuntungan.

Apa Arti Melihat Beras di Dalam Mimpi ?

Ada banyak konteks kejadian mimpi yang mungkin kamu alami. Semua kejadian tersebut memiliki intrepretasi yang berbeda-beda. Tergantung bagaimana emosi dan keputusan yang kamu ambil saat mendapati mimpi tersebut.

Dalam agama hindu, beras dikaitkan dengan dewi sri. Sang pelindung kelahiran dan kehidupan di dunia. Melihat beras berarti akan terjaga kehidupannya dengan sangat baik atau datangnya kelahiran baru dalam rumah tangganya.


Ia juga dapat mewakili aspek lainnya dalam kehidupanmu. Seperti bisnis, pekerjaan, dan juga hubungan antar sesama manusia.

Didalam mimpi ini, kamu mungkin akan mengalami beberapa kejadian seperti,

  • Membawa beras, dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Misalnya sekarung.
  • Kehilangan beras, seseorang atau hewan memakan atau mencurinya.
  • Diberi beras, seseorang yang kamu kenal atau tidak kamu kenal datang memberinya. Beberapa kejadian kamu akan melihat seseorang yang sudah meninggal, seperti keluarga atau teman memberikan beras kepadamu.
  • Menjual dan membeli beras, kamu mungkin menjual atau membeli kepada seorang yang kamu kenal atau tidak kamu kenal.
  • Melihat beras dalam keadaan kotor, busuk, berkutu, atau bersemut.
  • Beras tumpah atau berserakan.

Semua kejadian tersebut memiliki intrepretasi yang berbeda-beda. Tergantung latar belakang budaya, agama, dan juga genre.

Arti dan Simbol Mimpi Beras

Menurut psikolog, melihat beras didalam mewakili motivasi dirimu untuk memenuhi aspek mendasar dalam kehidupanmu. Mungkin kamu sedang berencana untuk menikah, mencoba mempersiapkan pekerjaan atau bisnis baru, atau mimpi ini dikaitkan dengan usahamu untuk menyelesaikan masalah didalam keluargamu saat ini .

Menurut islam, beras menandakan uang yang diperoleh dengan cara bekerja keras, tertekan, bersemangat, atau melanggar agama.

Menurut primbon, mimpi ini dikaitkan dengan sebuah keuntungan bisnis atau kekayaan.

Secara umum, pengalaman tidur ini mewakili sesuatu yang berkaitan dengan kondisi ekonomi, ide tentang bisnis atau mencari keuntungan, serta berkaitan dengan motivasi dirimu tentang sebuah kesuksesan hidup.

1. Bermimpi Membawa Beras

Seseorang yang mendapati dirinya membawa beras yang sangat banyak atau karung yang besar, menandakan bahwa ia tengah berjuang keras untuk kehidupannya. Hal ini juga menandakan kesulitan, beban, serta tanggungjawab yang besar.

Seorang wanita yang memimpikan hal ini, menandakan ia akan mengandung, melahirkan, atau membesarkan seorang anak dengan kesulitan.

Didalam primbon, menandakan akan menjadi tulang punggung keluarga. Dalam islam, menandakan sebuah uang yang didapati dengan kerja yang sangat keras.

2. Bermimpi Diberi Beras

Seseorang yang mendapati dirinya bermimpi diberi oleh seseorang beras, menandakan bahwa ia akan mendapatkan uang dengan cara yang mudah. Dalam primbon, menandakan datangnya keberuntungan dan kemudahan dalam bisnis serta pekerjaannya.

Jika kamu melihat prang yang sudah meninggal memberikan beras kepadamu, dalam islam menandakan sebuah uang yang didapat dengan cara yang tidak baik. Seseorang yang bermimpi tentang hal itu harus membersihkan hartanya, memberikan kepada anak yatim, atau menghentikan pekerjaan-nya yang haram.

Jika seorang teman atau seseorang yang tidak kamu kenal memberikan beras yang kotor, menandakan datangnya keburukan atau kecemasan dari suatu pekerjaan atau keuntungan yang kamu dapatkan.

Jika tetangga atau orang yang dekat dari rumah datang memberikan beras yang banyak atau sedikit, menandakan besaran hubungan silahturahmi antara si pemimpi dengan orang-orang disekitarnya. Jika yang diberikan dalam jumlah yang sedikit, menandakan silahturahmi yang harus dibangun.

Begitu pula jiika mertua atau keluarga datang memberi beras didalam mimpi, menandakan hubungan silahturahmi yang baik atau mungkin harus dibangun kembali.

3. Bermimpi Kehilangan Beras

Jika seseorang didalam mimpinya kehilangan beras atau dimakan oleh hewan seperti burung atau ayam, menandakan harta yang perlu dibagikan kepada orang-orang yang tidak beruntung. Dalam islam, kehilangan beras menandakan akan kehilangan pekerjaan atau keuntungan.

Jika kamu bermimpi seseorang merebut beras dari tanganmu, menandakan suatu pekerjaan yang sia-sia atau tidak memiliki hasil.

Jika kamu kehilangan beras hanya sedikit, menandakan datangnya gangguan kecil dalam pekerjaan atau kehidupanmu.

4. Bermimpi Memasak Beras

Dalam intrepretasi islam, seseorang yang sedang memasak nasi menandakan sebuah keuntungan dalam hidupnya. Jika ia memasak dalam jumlah yang besar, menandakan suatu keuntungan yang besar.

5. Bermimpi Memberi Beras

Seseorang yang didalam mimpinya memberi beras yang banyak kepada orang lain, menandakan sebuah harta atau uang yang membahagikannya.

Menurut psikolog,  berbuat baik didalam mimpi menandakan kondisi emosional yang stabil atau situasi kehidupan yang bahagia.

Dalam islam, memberi beras kepada seorang teman atau orang yang kita kenal, menandakan si pemimpi akan atau sudah memberikan bantuan seperti pelajaran, informasi, atau sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

6. Bermimpi Melihat Beras Kotor, Busuk, Berkutu, atau Bersemut

Dalam primbon, pengalaman tidur ini menandakan sebuah harta atau bisnis yang tidak berjalan baik. Jika ia melihat kutu didalam berasnya, menandakan datangnya seorang pesaing bisnis yang mengalahkanmu.

Didalam islam, semut berarti kekayaan serta kutu berarti seseorang yang mengambil keuntungan dari keberhasilan orang lain. Sedangkan melihat beras yang buruk, menandakan harta yang didapat dari sesuatu yang haram.

Masih dalam penjelasan tafsir islam, seseorang yang bermimpi melihat banyak semut didalam berasnya, menandakan suatu harta yang menjebak atau perlu berhati-hati dalam mengelola nya.

Jika kamu melihat kutu, menandakan seseorang tengah mengincar atau sudah mengambil keuntungan dari kekayaan atau hartamu.

Akhir Kata

Bermimpi tentang beras dikonotasikan dengan hal-hal yang berbeda-beda tergantung situasi dan kejadian yang kamu alami. Kamu dapat menafsirkannya dari beberapa kejadian lainnya dengan mengandalkan simbol-simbol mimpi yang terkandung didalamnya. Semoga kita terhindar dari keburukan mimpi

Tags: ,