7 Arti Mimpi Lari Menurut Psikolog dan Primbon

Arti Mimpi Lari

Arti Mimpi Lari

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatanpendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur. Tentu saja setiap orang pernah bermimpi dan memiliki pengalaman mimpi yang berbeda-beda, bahkan kita bisa memimpikan sesuatu yang mustahil terjadi di kehidupan nyata. Sebagian orang menganggap bahwa mimpi hanyalah sebuah “bunga tidur”. Namun, sebagian yang lain menganggap bahwa mimpi pasti memiliki makna dan merupakan sebuah gambaran dari masa depan.

Karena mimpi merupakan pengalaman tidur yang dirasakan oleh semua orang, maka berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan mimpi pun bermunculan. Sehingga banyak teori dan ilmu yang membahas tentang mimpi. Baik ilmu pendidikan maupun ilmu masyarakat atau budaya. Namun, semua itu kembali kepada kepercayaan masing-masing.

Salah satu cabang ilmu yang membahas tentang mimpi adalah ilmu psikologi. Arti mimpi dalam ilmu psikologi sangat bertolak belakang dengan arti mimpi menurut ilmu masyarakat atau budaya. Ilmu psikologi menolak anggapan bahwa mimpi adalah hal mistis dan gambaran dari masa depan.

Mimpi dalam psikologi yang dikatakan oleh Freud adalah hal yang tidak berhubungan dengan hal mistis seperti ilham atau untuk meramalkan masa depan. Mimpi dalam psikologi adalah suatu manifestasi keinginan alam bawah sadar yang direpresi dalam alam sadar.

Mimpi dalam psikologi, seperti yang menjadi kutipan terkenal Freud, adalah jalan bebas hambatan menuju alam bawah sadar. Para psikolog menganggap bahwa mimpi adalah gambaran dari emosi dan harapan si pemimpi, dan tentu saja hal ini juga dipengaruhi oleh otak dan perasaan. 

Ada 2 hakikat mimpi dalam ilmu psikologi, yaitu sebagai bentuk keinginan terlarang dan pesan alam bawah sadar. hakikat pertama yaitu sebagai bentuk keinginan terlarang. Menurut Freud, bahwa dengan mimpi, individu secara tak sadar berusaha memenuhi hasrat dan menghilangkan ketegangan dengan menciptakan gambaran tentang tujuan yang diinginkan.

Karena di alam nyata sulit bagi kita untuk mengungkapkan kekesalan, keresahan, kemarahan, dendam, dan yang sejenisnya kepada obyek-obyek yang menjadi sumber rasa marah, maka muncullah keinginan-keinginan tersebut dalam bentuk mimpi.

Dan hakikat yang kedua adalah mimpi merupakan pesan alam bawah sadar. pesan-pesan ini berisi keinginan, ketakutan, dan berbagai macam aktivitas emosi lain, hingga aktivitas emosi yang sama sekali tidak disadari.

Sehingga cara analisis mimpi dalam psikologi dapat digunakan untuk mengungkap pesan bawah sadar atau pemasalahan terpendam, baik berupa hasrat, ketakutan, kekhawatiran, kemarahan yang tidak disadari karena ditekan oleh individu. Ketika masalah-masalah alam bawah sadar ini telah berhasil diungkap maka untuk penyelesaian selanjutnya akan lebih mudah diselesaikan.

Selain menurut ilmu psikologi, ternyata ilmu masyarakat atau budaya juga ikut serta dalam mengartikan mimpi seseorang. Bertolak belakang dengan ilmu psikologi, menurut ilmu masyarakat atau budaya mimpi adalah hal mistis dan merupakan gambaran masa depan atau bisa diartikan sebagai sebuah “tanda”.

Salah satu ilmu dan budaya masyarakat mengenai mimpi dikenal dengan sebutan “primbon” yang berasal dari tanah Jawa. Bahkan hingga saat ini, masih banyak orang yang mencari arti dari mimpi mereka dari buku-buku primbon jawa ataupun blog-blog yang memuat konten primbon mimpi. Bagaimana dengan anda?

Sesuai dengan judul artikel kali ini, saya akan membantu anda menemukan arti mimpi lari menurut psikolog dan primbon. Meskipun beberapa orang mimpi berlari, namun pasti memiliki detail yang berbeda-beda. Ada yang lari karena dikejar binatang buas, lari karena ingin mengejar sesuatu, ataupun lari tapi tidak tahu sebab akibatnya.

Berlari adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan berlari, maka seseorang akan lebih cepat mendapatkan apa yang ia inginkan. Lalu, apa arti mimpi lari menurut ilmu psikologi? Berikut adalah arti lengkap mimpi lari menurut ilmu psikologi.

1. Mimpi Berlari Dengan Banyak Orang

Bagi anda yang memiliki pengalaman mimpi berlari dengan banyak orang, maka menurut ilmu psikologi ini bermakna bahwa anda akan mempunyai tugas yang sulit. Sesuai dengan hakikat mimpi dalam ilmu psikologi, keresahan dan ketakutan anda diungkapkan melalui mimpi. Anda yang cemas dengan persaingan dengan teman sekantor atau teman sekelas anda membuat alam bawah sadar anda mengungkapkannya melalui mimpi. 

Orang-orang yang berlari bersama anda di dalam mimpi adalah saingan anda dalam mengejar apa yang anda inginkan. Artinya, bukan hanya anda yang menginginkan hal tersebut, namun orang lain juga.

Sehingga mereka juga ikut berlari agar memiliki kecepatan yang sama atau bahkan mengalahkan kecepatan anda untuk mendapatkan hal yang juga mereka inginkan. Tentu saja hal ini membuat anda sulit dan lelah, karena mereka berlari bersama anda menuju arah yang sama. Sehingga anda harus menambah kecepatan agar menjadi yang terdepan.

Jika anda mimpi berlari bersama banyak orang, maka hal yang sebaiknya anda lakukan adalah lebih berusaha lagi dalam mencapai target anda.

Jangan pernah bermalas-malasan ataupun meremehkan lawan anda di tempat kerja atau kampus. Karena anda dan mereka mempunyai tujuan dan target yang sama. Namun, jika anda terus berusaha, anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari mereka. Seperti hal nya jika kamu pernah mengalami Mimpi Cicak .

2. Mimpi Berlari Dengan Seseorang

Apakah anda pernah bermimpi berlari dengan seseorang? Menurut ilmu psikologi, mimpi ini melambangkan bahwa anda menginginkan kontak dengan seseorang yang mengabaikan anda. Sesuai dengan hakikat mimpi menurut ilmu psikologi yang pertama, mimpi merupakan bentuk keinginan terlarang dari seseorang.

Mimpi berlari bersama sesorang adalah sebuah harapan bahwa anda bisa menggapai apa yang anda inginkan bersama orang yang anda sayang. Namun, orang tersebut mengabaikan anda.

Sehingga harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan ini diungkapkan melalui mimpi. Secara tidak langsung, alam bawah sadar anda merekam harapan dan perasaan anda. sehingga harapan tersebut muncul dalam mimpi anda.

Jika anda memimpikan hal ini, maka hal yang harus anda lakukan adalah tenangkan pikiran anda. Anda tidak bisa terus berharap tanpa melakukan suatu perubahan dalam hidup anda.

lupakan semua harapan tersebut dengan meluangkan waktu anda dalam berbagai kesibukan. Jika ada waktu luang, pergilah dengan teman-teman ataupun keluarga untuk liburan.

Hal ini akan mengembalikan hari-hari anda dan membuang harapan tersebut. Seiring berjalannya waktu, perasaan anda akan pulih kembali, dan semua harapan-harapan palsu tersebut akan hilang.

3. Mimpi Dikejar-Kejar Orang Ataupun Hewan Buas

Menurut ilmu psikologi, mimpi dikejar-kejar orang ataupun hewan buas bermakna anda sedang memiliki masalah dan tidak tahu cara menyelesaikannya. Hewan atau orang yang mengejar anda merupakan simbol dari masalah yang sangat mengganggu dan menakuti anda. namun hingga saat ini anda belum berhasil menyelesaikannya.

Rasa takut dan kegelisahan anda terungkapkan melalui mimpi. Anda yang berlari menunjukkan usaha anda dalam menyelesaikan masalah tersebut namun belum berhasil. Jika anda bermimpi dan makna mimpi ini benar-benar terjadi dalam kehidupan anda, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.

Pertama, anda harus menyadari tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi. Anda harus lebih membuka pikiran anda dan lebih berani menyelesaikannya. Masalah ini muncul dari diri anda, tentu saja solusinya juga ada pada anda, jadi jangan pernah berputus asa.

Kedua, jangan pernah lari dari sebuah masalah. Hal itu sama sekali tidak membuat masalah selesai, justru semakin besar dan membuat anda semakin stress.

Ketiga, lakukan segala yang terbaik dalam menyelesaikannya. Jika anda merasa buntu dan tidak menemukan jalan keluar, maka cobalah bercerita dengan keluaraga ataupun sahabat yang anda percayai. Mintalah solusi dan bantuan dari mereka juga.

4. Mimpi Lari Di Tempat

Jika anda mimpi berlari namun hanya berlari di tempat, maka ini merupakan hal buruk. Menurut ilmu psikologi, mimpi ini melambangkan kesehatan anda yang menurun dan segala usaha anda tidak berkembang atau sedang dalam masalah. Mimpi ini merupakan ungkapan dari alam sadar anda yang sudah mulai lelah berlari maju, sehingga hanya berlari di tempat.

Mimpi ini adalah wujud dari sebuah rasa lelah. Oleh karena itu, hal yang bisa anda lakukan adalah lebih peduli dengan kesehatan anda, perbanyaklah istirahat, dan jangan memendam masalah anda sendiri. Cobalah berbagi cerita dengan teman dan keluarga anda. hal ini akan membuat rasa lelah dan stress anda berkurang.

Itulah 3 arti mimpi menurut ilmu psikologi. Lalu, bagaimana arti mimpi menurut primbon? Apakah memiliki arti yang sama atau berbeda? Berikut adalah arti mimpi lari menurut primbon.

5. Mimpi Kekasih Berlari Meninggalkan Anda

Jika anda bermimpi kekasih anda berlari meninggalkan anda, menurut primbon jawa anda harus bersyukur dengan mimpi ini. Hal ini menandakan bahwa anda akan mendapatkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan rumah tangga anda.

Jika berdasarkan primbon jawa, maka tidak ada alasan yang begitu jelas dengan makna mimpi ini. Mungkin para ahli tafsir mimpi mengartikannya sesuai dengan pengalaman yang pernah terjadi pada si pemimpi setelah memimpikan hal ini. Bagaimana menurut anda?

6. Mimpi Melihat Lomba Lari

Jika anda memimpikan hal ini, maka menurut primbon jawa anda harus lebih waspada. Mimpi melihat pertandingan lomba lari bermakna bahwa ada musuh anda yang sewaktu-waktu dapat mengancam diri anda. tidak begitu dijelaskan siapa musuh yang dimaksud.

Namun, para ahli tafsir beranggapan bahwa anda sudah bisa mengenali siapa musuh anda. Maka, jika anda bermimpi seperti ini, anda harus lebih waspada. Berpikirlah  terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

Bisa jadi sedikit kesalahan yang anda lakukan menjadi peluang bagi musuh anda untuk menjatuhkan anda.

7. Mimpi Digendong Pria Tak Dikenal Sambil Berlari

Kabar gembira bagi anda yang bermimpi digendong pria tak dikenal sambil berlari. Menurut primbon jawa, mimpi ini bermakna bahwa anda akan mendapatkan pertolongan yang tak terduga dari orang lain. Meskipun tidak membuat masalah anda selesai, namun bantuan tersebut dapat membuat masalah anda berkurang.

Primbon jawa beranggapan bahwa “digendong” bermakna beban kita berkurang. Karena kita bisa sampai di suatu tempat tanpa harus melakukan sesuatu yang membuat lelah.

Oleh karena itu, para ahli tafsir menyimpulkan, bahwa jika memimpikan hal ini, maka masalah anda akan berkurang karena bantuan dari orang lain yang tidak anda duga sebelumnya. Seperti hal nya jika kamu pernah mengalami Mimpi Menangis .

Mimpi tentu memiliki arti yang berbeda-beda, sesuai dengan kepercayaan dan kondisi mental dan fisik si pemimpi. Namun, jika anda ingin tahu arti mimpi lari, itulah beberapa arti mimpi yang dapat kami simpulkan untuk anda berdasarkan ilmu psikologi dan juga primbon jawa.

Namun, apapun arti mimpi yang anda percayai, semua kejadian telah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kita hanya bisa mengambil hikmah dari arti-arti mimpi tersebut dan berbuat lebih baik lagi untuk diri kita maupun orang lain.

7 Arti Mimpi Lari Menurut Psikolog dan Primbon | Siopung | 4.5