Arti Mimpi Melihat Cahaya Menurut Islam, Primbon dan Psikolog

Diposting pada

Arti Mimpi Melihat Cahaya

Mimpi melihat cahaya didalam mimpi biasanya melambangkan sesuatu hal yang positif. Menurut mitos, ia bisa berarti petunjuk spritual yang mengarah pada kebaikan. Dalam sejarah, ibrahim bermimpi melihat cahaya yang berbicara padanya untuk membangun kahba.

Menurut psikolog, cahaya secara simbolik merefleksikan suatu kegembiraan, jalan baru, dan kreatifitas. Ia juga melambangkan motivasi dan semangat untuk bertindak terhadap sesuatu.

Sedangkan menurut primbon, melihat cahaya adalah perlambang ilmu dan pengetahuan. Ia juga kerap disimbolkan dengan kekayaan dan datangnya kesempatan baru bagi kehidupanmu.

Lalu apakah pengalaman tidur ini memiliki makna yang positif atau negatif bagi kehidupanmu? Apakah sepenuhnya cahaya disimbolkan dengan sesuatu yang berkaitan dengan datangnya petunjuk Tuhan?


Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari sudut pandang psikolog dan ramalan primbon tentang apa yang terjadi dalam kehidupanmu.

Tafsir Mimpi Melihat Cahaya

Umumnya, melihat cahaya didalam mimpi merupakan pertanda positif bagi kehidupanmu. Namun untuk mengetahui secara lebih rinci, simak penjelasan berikut ini.

1. Cahaya Secara Psikologis

Cahaya kerap kali disimpulkan dengan sesuatu yang bersifat spritual. Ia diyakini sebagai bentuk motivasi positif yang lahir dari dalam dirimu. Cahaya juga diyakini sebagai bentuk datangnya ide dan harapan baru dalam kehidupanmu.

Didalam mimpi kamu mungkin mengalami beberapa pengalaman tidur seperti,

  • Mimpi melihat cahaya di langit
  • Melihat cahaya yang bertuliskan Tuhan/Allah
  • Melihat cahaya biru
  • Melihat cahaya merah
  • Dan melihat cahaya aurora

Reaksi yang mungkin ditimbulkan dari apa yang kamu lihat,

  • Ketakutan
  • Mengejarnya atau penasaran terhadap datangnya cahaya
  • Berdoa atau memohon sebuah doa

Menurut psikolog, mimpi ini merupakan gambaran koneksi batin dengan keyakinan-keyakinan spritual. Ia kerap merefleksikan keyakinan terhadap apa yang kamu lakukan akhir-akhir ini.

Mimpi ini biasanya mencerminkan motivasi yang kuat dari dirimu dalam mengejar sesuatu. Mungkin kamu memiliki beberapa harapan atau misi dalam hidup. Memimpikan hal ini menandakan kamu mendapatkan support atau dukungan, mendapati ide atau jalan baru yang mendukungmu mewujudkan hal tersebut.

Mimpi melihat cahaya dikaitkan dengan kreatifitas karena ia merupakan simbolik dari suatu petunjuk kehidupanmu.

Dalam kehidupan sehari-hari, memimpikan hal ini menandakan kondisi kegembiraan atau kemerihaan. Hal ini menunjukkan bahwa kehidupanmu sedang berjalan dengan sangat baik.

Dalam sudut pandang spritual, ini dikaitkan dengan keimanan dan koneksi batin terhadap apa yang kamu percayakan. Ia menunjukkan bahwa kamu berada dalam keimanan yang positif dan terus bertambah.

2. Melihat Sinar Terang Menurut Islam

Menurut Ibnu Sirin, melihat cahaya didalam mimpi berarti datangnya suatu bimbangan dalam kehidupanmu. Berjalan dari suatu tempat yang gelap menuju ke sebuah cahaya, menandakan akan mendapatkan petunjuk, penerimaan, dan perlindungan dunia dan akhirat.

Cahaya berarti agama, atau menandakan seseorang yang tunduk atau patuh terhadap Allah SWT.

Melihat cahaya yang berkilau dapat menunnjukkan pengetahuan, Alquran, atau seorang pria yang sholeh. Ia juga bisa berarti seseorang yang tumbuh didalam hatinya untuk mengingat Allah atau melakukan suatu pertobatan.

Jika seseorang diantara kamu mendapati situasi hidup yang sulit, seperti sakit, atau mendapatkan suatu bencana, mimpi melihat cahaya dapat menunjukkan suatu penderitaan yang diberikan untuk menghapus dosa si pemimpi.

3. Mimpi Melihat Cahaya Menurut Primbon

Didalam primbon mimpi melihat cahaya bisa menjadi pertanda datangnya keberuntungan dalam kehidupanmu.

Melihat cahaya didalam rumah menandakan datangnya kegembiraan dann keharmonisan didalam keluarga. Sedangkan melihat cahaya yang berpindah-pindah atau terbang menandakan bahwa kamu akan bertemu dengan orang baru.

Melihat cahaya yang jatuh dari langit menandakan datangnya rezeki besar dan ilmu yang bermanfaat. Sedangkan melihat cahaya dari bol api menandakan suatu pertikaian atau akan bertemu dengan musuh.

Cahaya biasanya menandakan datangnya pesan-pesan dari langit atau Tuhan.

Memimpikan cahaya mengajakmu pada kebaikan, menandakan bahwa kamu harus membenahi kehidupan dan sikapmu selama ini terhadap banyak orang.

Jika kamu memimpikan cahaya yang berwara biru, menandakan datangnya seorang teman yang baik atau bersahabat.

Memimpikan melihat cahaya berwarna merah menandakan datangnya situasi buruk dalam kehidupanmu. Dalam bisnis hal ini menandakan kebangkrutan atau datangnya persaingan yang tidak sehat.

Baca Juga:

Demikia beberapa penjelasan tentang arti mimpi melihat cahaya dari berbagai sudut pandang psikolog dan ramalan primbon tentang keberuntungan hidupmu di masa depa. Semoga kita semua terhindar dari keburukan mimpi.