Arti Nama Adam Dan Kombinasinya Untuk Bayi Laki-Laki

Arti Nama Adam

Arti Nama Adam

Bagi kamu penggemar cerita nabi dan rasul, kamu pasti akrab dengan nama Adam. Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang Allah turunkan ke bumi, dan sampai saat ini, banyak orang tua yang menyematkan nama Adam pada sang buah hatinya.

Walaupun Nabi Adam terkenal dengan kisah terusirnya beliau dari surga, bukan berarti nama Adam memiliki makna yang sama.

Dalam konteks nama, Adam memiliki makna yang pertama atau yang terunggul dalam segala bidang. Nama ini cocok digunakan bagi kamu yang mendamba-dambakan sosok lelaki yang cerdas, kuat, tampan, sekaligus baik; alias unggul dan mendekati kesempurnaan.

Tertarik untuk menggunakan nama Adam? Yuk, simak rekomendasi nama yang bisa menjadi kombinasinya!

1. Pradipta

Apabila kamu sedang menanti kehadiran anak pertama, nama Pradipta adalah nama yang patut kamu pertimbangkan. Pasalnya, nama yang berasal dari Jawa ini memiliki arti anak pertama. Anak pertama identik dengan stereotip kuat, bermental baja, dan kharismatik.

Namun, sumber lain menyatakan bahwa Pradipta juga bisa berarti cemerlang. Jadi, walaupun kamu sedang menunggu kehadiran anak kedua atau seterusnya, nama Pradipta juga tetap bisa kamu pertimbangkan. Apalagi karena ketika digabungkan dengan Adam, makna yang tercipta akan semakin lengkap: anak lelaki yang cemerlang dan unggul dalam segala bidang.

Nama lain yang juga berarti anak pertama adalah Pratama.

2. Ahya

Kamu pencinta nama islami yang tak lazim digunakan? Jika ya, mungkin kamu tertarik untuk menggunakan nama Ahya.

Ahya memiliki arti bersungguh-sungguh. Apabila kamu menyematkan nama ini di belakang atau di depan nama Adam, maka kamu menaruh harapan bahwa anak laki-laki kamu akan menjadi anak yang senantiasa berdoa dan bersungguh-sungguh, sampai akhirnya ia mencapai kesuksesan.

Baca JugaArti Nama Fadhil

Apabila nama Ahya kurang menarik perhatian kamu, kamu bisa menggunakan nama Afnan atau Aflah yang bermakna lebih sukses. 

3. Hamdani

Nama Hamdani, yang juga bisa ditulis Hamdan, memiliki arti pujian. 

Nama Hamdani cocok dikombinasikan dengan nama Adam karena manusia yang unggul dalam segala bidang tentu pantas mendapatkan pujian. Namun, walaupun begitu, ia tak akan cepat puas dengan pujian tersebut, apalagi sampai menjadi manusia yang sombong. Pujian itu justru akan membuatnya rendah hati dan bekerja lebih keras.

Nama lain yang juga bisa menjadi rekomendasi untuk kamu adalah Humaid (terpuji).

4. Jawahir 

Sama seperti Hamdani dan Ahya, Jawahir juga merupakan nama islami yang bermakna indah: permata-permata.

Dengan memberikan nama ini, maka kamu menegaskan bahwa anak lelaki kamu amatlah berharga bagai permata. Ia adalah kebanggaan dan kesayangan keluarga yang selalu dijaga. Apabila ditambah dengan nama Adam, maka kualitas dari “permata” itu akan bertambah.

Nama obyek berharga lain yang tak kalah indah dan bisa kamu gunakan sebagai pengganti Jawahir adalah Jauhara (mutiara) atau Fairuz (batu mulia berwarna biru kehijauan).

5. Mubaraq

Mubaraq memiliki arti yang diberkahi. 

Penyandang nama Mubaraq diharapkan menjadi manusia yang selalu diberi berkah oleh Tuhan, terutama dalam hal rezeki. Ia selalu diberi petunjuk untuk mencapai kesuksesan, tetapi tetap berada di jalan yang lurus. Apabila dikombinasikan dengan nama Adam, maka makna yang tercipta adalah: anak lelaki yang sempurna dan dirahmati oleh Tuhannya.

Baca jugaArti Nama Kevin

6. Andana

Sebagai rekomendasi terakhir, ada nama Andana yang memiliki arti beribadah dengan baik. 

Nama Andana cocok dikombinasikan dengan nama Adam karena makna mereka saling melengkapi. Manusia yang unggul dalam kecerdasan, fisik, maupun kepribadian tentu tidak boleh tinggi hati dan sombong, apalagi sampai melupakan Sang Pencipta. Sebaliknya, ia tetap harus menjadi manusia beriman, rendah hati, dan beribadah dengan baik.

 

Arti Nama Adam Dan Kombinasinya Untuk Bayi Laki-Laki | nur azizah | 4.5