Arti Nama Aisyah Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan

arti nama aisyah

arti nama aisyah

Penggemar nama berunsur islami yang tertarik pada kisah-kisah Rasulullah Saw pasti pernah memikirkan nama ini untuk diberikan pada anak, adik, atau keponakan perempuan: Aisyah.

Wajar saja. Aisyah memang nama yang amat populer, terutama karena betapa seringnya nama itu disebut-sebut dalam kisah Rasulullah Saw. Sebagai informasi, Aisyah (binti Abu-Bakar) merupakan istri dari Rasulullah Saw yang terkenal dengan kelembutan serta rasa cintanya pada Rasulullah Saw yang begitu besar.

Bagi kamu yang ingin anak, adik, atau keponakan kamu tumbuh menjadi seseorang yang patut diteladani seperti Aisyah, tak ada salahnya, lho, jika kamu mempertimbangkan nama ini!

Asal Usul Nama Aisyah

Aisyah adalah kata yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti “hidup dan sehat”. Aisyah juga dapat ditulis menggunakan ejaan lain, seperti Aisha, Ayesha, atau Aishat. Kamu bisa menggunakan salah satu dari keempatnya sesuai selera.

Aisyah adalah nama yang cukup fleksibel. Ia bisa ditempatkan sebagai nama depan, tengah, atau belakang. Yang jelas, di mana pun ia ditempatkan, ada baiknya jika ia dikombinasikan dengan nama lain yang juga memiliki makna yang indah.

Bingung ingin mengombinasikan Aisyah dengan nama apa? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Mufida (Aisyah Mufida, Mufida Aisyah)

Terkadang, menjadi “hidup dan sehat” saja tidaklah cukup. Seseorang juga harus memiliki kualitas lain yang membuat dirinya lebih hebat. Salah satu kualitas tersebut adalah “senantiasa menebar manfaat pada orang-orang di sekitarnya” yang merupakan makna dari nama Mufida.

Baca jugaArti Nama Cindy

Apabila Mufida bukanlah nama yang menurut kamu tepat, jangan khawatir. Kamu juga bisa menggunakan nama lain, kok, seperti Khairiyah (baik).

2. Kamilah (Aisyah Kamilah)

Sama seperti Mufida, Kamilah (bisa ditulis Kamila atau Kamalia) juga merupakan kata dari bahasa Arab. Ia memiliki arti “sempurna”.

Walaupun sebenarnya tidak ada manusia yang sempurna, nama Kamilah tetap pantas untuk digunakan, kok. Terutama bagi kamu yang menginginkan anak, adik, atau keponakan perempuan kamu tumbuh menjadi pribadi yang senantiasa memperbaiki diri dan mendekati kesempurnaan.

3. Syafiqah (Aisyah Syafiqah, Syafiqah Aisyah)

Syafiqah adalah nama yang cocok untuk menggambarkan kepribadian Aisyah binti Abu Bakar, alias istri Rasulullah Saw. Pasalnya, ia memiliki arti “yang bersimpati dan lemah lembut”.

Bagi kamu yang kurang menyukai nama Syafiqah, kamu bisa menggantinya dengan Ghaada, Halimah, Haniyah, atau Nimra. Keempatnya juga merupakan nama islami yang memiliki arti “lembut”.

4. Shalimar (Aisyah Shalimar, Shalimar Aisyah)

Shalimar adalah kata dalam bahasa Arab yang memiliki arti “indah dan kuat”. Nama ini amat cocok digabungkan dengan Aisyah, karena makna keduanya melengkapi satu sama lain. Kamu tentu menginginkan putri yang lembut hati, tetapi teguh pendirian dan kuat fisik (tidak mudah sakit), kan?

Rekomendasi nama lain yang bisa kamu gunakan adalah Azizah. Ia merupakan bentuk feminin dari kata Aziz yang berarti perkasa.

Namun, apabila kamu merasa Azizah adalah nama yang terlalu umum sehingga kamu kurang menyukainya, kamu bisa menggunakan nama Cala yang berarti benteng (melambangkan kekuatan pertahanan).

5. Jauhara (Aisyah Jauhara, Jauhara Aisyah)

Jauhara adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti mutiara perhiasan.

Apabila kamu menggunakan nama ini bersama nama Aisyah, maka makna yang tercipta adalah “anak perempuan berhati lembut yang dianggap sebagai mutiara atau perhiasan keluarga”. Akhirnya, anak, adik, atau keponakan perempuan kamu pun tumbuh dengan perasaan bahwa ia memiliki arti yang penting bagi keluarganya.

Baca jugaArti Nama Putri

Nama lain yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti Jauhara adalah Jauza (bintang), Yasmina (bunga melati), dan Rayya (cahaya). Ketiganya sama-sama merupakan objek yang menjadi “simbol” tersendiri bagi suatu kualitas.