Arti Nama Arya dan Kombinasinya untuk Bayi Laki-Laki

Arti Nama Arya

Arti Nama Arya

Dari sekian banyak karakter baik yang ada, karakter apa yang paling kamu inginkan dari buah hati kamu?

Beberapa orangtua menjawab rupawan. Fisik yang baik memang bukan segalanya, tapi tentu menyenangkan, kan, apabila dipuji tampan atau cantik oleh orang lain? Selain rupawan, beberapa orangtua juga menjawab suka menolong. Mereka ingin agar sang buah hati tumbuh menjadi orang yang berguna bagi orang lain.

Salah satu karakter baik yang juga menjadi jawaban dari banyak orangtua adalah mulia. Mulia sendiri bermakna dianggap tinggi, terutama di mata agama.

Apabila kamu sedang menanti kehadiran sang buah hati (laki-laki) dan tertarik untuk memberi nama berarti mulia kepadanya, Arya adalah pilihan yang tepat.

Dengan kesan netral serta jumlah suku kata yang sedikit, nama ini cocok dikombinasikan dengan berbagai nama lainnya. Simak rekomendasi-rekomendasinya di bawah ini, yuk!

1. Ganesha (Arya Ganesha – Ganesha Arya)

Ganesha adalah sosok dewa ilmu pengetahuan yang berkepala gajah. Inilah alasan mengapa Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu kampus di Indonesia yang dikenal dengan istilah “kampus Ganesha”, memiliki gajah (Ganesha) sebagai logonya.

Ganesha memiliki arti penguasa banyak hal. Nama ini adalah doa agar buah hati kamu menjadi sosok yang multitalenta, hebat, dan bisa diandalkan. Ia juga dikenal pandai dan bijaksana.

Baca juga : Arti Nama Azka

2. Hutama (Arya Hutama – Hutama Arya)

Hutama, yang berasal dari kata utama dalam bahasa Indonesia, memiliki arti yang pertama atau yang terbaik. 

Terdapat dua interpretasi tentang nama Hutama jika dikaitkan dengan konteks nama untuk sang buah hati. Interpretasi pertama, nama ini adalah doa agar putra kesayangan kamu selalu menjadi manusia terbaik di jalan apa pun yang ia pilih.

Interpretasi kedua, nama ini adalah janji dari kamu sebagai orangtua untuk selalu memberikannya hal-hal terbaik. Mulai dari makanan hingga pendidikan.

Intepretasi mana yang kamu pilih? Pertama, kedua, atau malah dua-duanya? Yang mana pun tidak masalah, kok!

3. Mandala (Arya Mandala – Mandala Arya)

Apakah kamu familiar dengan mandala? 

Mandala adalah bentuk geometris yang berkaitan dengan kesucian dalam agama Hindu dan Budda. Secara harfiah, mandala sendiri memiliki arti lingkaran. Jika kamu memerhatikan bentuk mandala secara seksama, kamu akan menyadari bahwa bentuk mandala amatlah rapi dan stabil.

Dengan memberikan nama ini, maka kamu berharap agar putra kecil kamu tumbuh menjadi seseorang yang tenang dan tertata. Porsi kerja, istirahat, dan bersenang-senang dalam hidupnya amatlah seimbang, sehingga ia terhindar dari penyakit maupun stres berlebihan.

Baca juga : Arti Nama Azzam

4. Wira (Arya Wira – Wira Arya)

Wira memiliki arti pemberani. Nama ini juga merupakan kependekaan dari kata perwira yang berarti sosok tentara atau polisi dengan pangkat di atas bintara.

Nama ini adalah doa agar putra kecil kamu tumbuh sebagai seorang ksatria yang tidak takut membela orang-orang lemah maupun kebenaran. Apabila dikombinasikan dengan nama Arya, makna yang tercipta adalah: ksatria pemberani yang dianggap mulia.

5. Satya (Arya Satya – Satya Arya)

Masih butuh inspirasi nama yang bernuansa khas Nusantara? Satya adalah salah satunya.

Satya memiliki arti kebenaran, juga dapat diartikan sebagai kesetiaan. Nama ini adalah pilihan yang tepat apabila kamu menghargai kejujuran dan loyalitas lebih apa pun.

Kejujuran dan loyalitas inilah yang membuat putra kecil kamu tumbuh menjadi sosok lelaki yang mulia dan dihormati.

6. Karuna (Arya Karuna – Karuna Arya)

Karuna memiliki arti belas kasih. Menurut berbagai sumber yang beredar, dalam filosofi Timur, Karuna berarti belas kasih yang paling tulus. Belas kasih ini tidak mengharapkan balasan apa pun dari orang lain, apalagi sampai menyakiti. Nama yang amat bermakna, kan?

Apabila kamu kurang menyukai Karuna, mungkin kamu bisa menggunakan nama Karunia.

7. Nareswara (Arya Nareswara – Nareswara Arya)

Apakah kamu sedang mencari nama yang menyimpan kesan klasik? Jika ya, nama Nareswara adalah apa yang kamu butuhkan!

Nareswara memiliki arti raja. Jika dikombinasikan dengan nama Arya, maka kedua nama ini akan membentuk doa agar buah hati kamu kelak menjadi sosok pemimpin yang mulia di mata Tuhan maupun di mata rakyat.

Baca juga : Arti Nama Alfarizi

Bagaimana? Apakah kamu masih bingung menentukan pilihan? Jangan khawatir. Seluruh nama di atas memiliki arti yang baik, kok. Nama apa pun yang kamu pilih, nama itu pasti pantas untuk buah hati kamu.