Arti Nama Azka Dan Kombinasinya Untuk Bayi Laki-Laki

Arti Nama Azka

Arti Nama Azka

Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi nama islami untuk bayi laki-laki, apakah kamu tertarik untuk menggunakan nama Azka? 

Azka adalah nama yang berasal dari bahasa Arab dan berulang kali disebut dalam Alquran. Ia memiliki makna positif yang tentunya menjadi harapan bagi seluruh orang tua pada sang buah hati: shaleh dan berbudi luhur. Sumber lain juga mengatakan bahwa Azka dapat dikonotasikan sebagai “penguasa”.

Tak hanya memiliki makna positif, Azka juga terdengar indah dan “baru”. Nama ini cocok digunakan bagi kamu yang menyukai nama islami sekaligus modern. Apalagi, kamu bisa mengombinasikannya dengan berbagai nama lain sesuai dengan kesan apa yang ingin kamu dapatkan.

Berikut adalah beberapa kombinasi antara nama Azka dan nama-nama lainnya. Yuk, dibaca! Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk nama buah hati kamu.


1. Ayman (Azka Ayman, Ayman Azka)

Ayman, bisa juga ditulis Aiman atau Aymen, merupakan nama dari bahasa Arab yang memiliki makna “benar, diberkahi, dan beruntung”. Sama seperti nama Azka, ia juga merupakan nama islami dengan sentuhan modern.

Apabila nama Ayman dan nama Azka digabungkan, maka makna yang tercipta adalah “anak laki-laki yang shaleh, berbudi luhur, dan senantiasa mendapat rahmat Allah Swt”. Arti yang indah, bukan?

Apabila kamu kurang menyukai nama Ayman, mungkin kamu bisa mempertimbangkan nama Anfa yang memiliki arti martabat.

2. Hassan (Azka Hassan, Hassan Azka)

Negara-negara yang penduduknya mayoritas muslim, seperti Indonesia dan Pakistan, acapkali menggunakan nama yang berasal dari nama sahabat dan keluarga Rasulullah. Salah satunya adalah Hassan, yang merupakan nama dari cucu kesayangan Rasulullah Saw.

Baca jugaArti Nama Maulana

Hassan sendiri merupakan nama islami yang memiliki arti “dermawan dan tampan”. Apabila digabungkan dengan Azka, maka makna yang tercipta adalah “anak laki-laki yang tampan, dermawan, dan berbudi luhur”.

Apabila kamu kurang tertarik untuk menggunakan nama Hassan, kamu bisa menggunakan nama lain yang tak kalah hebatnya, seperti Hamza (paman Rasulullah Saw yang kuat dan berani).

3. Djiwa (Azka Djiwa, Djiwa Azka)

Bagi kamu, pencinta nama dengan unsur Indonesia, Djiwa adalah pilihan yang tepat!

Djiwa memiliki tiga arti dari tiga bahasa yang berbeda. Dalam bahasa Jawa Kawi, Djiwa memiliki arti “orang yang memiliki ilmu dan mengajarkannya”. Dalam bahasa Indonesia, Djiwa (jiwa) adalah bagian rohani yang ada pada setiap manusia. Dan terakhir, dalam bahasa Sanskerta, ia memiliki arti “benih kehidupan”.

Makna yang tercipta dari pengombinasian Azka dan Djiwa adalah “anak laki-laki yang berjiwa baik, berbudi luhur, dan menjadi manfaat bagi orang-orang di sekitarnya”.

4. Ganendra (Azka Ganendra, Ganendra Azka)

Satu lagi nama Indonesia yang bisa jadi kombinasi untuk nama Azka: Ganendra.

Ganendra adalah nama Jawa dan Sanskerta yang memiliki arti “pasukan para dewa”. Ia digambarkan sebagai sosok yang tangguh, kuat secara fisik, dan pemberani.

Apabila nama Azka dan Ganendra digabungkan, maka kamu berharap bahwa buah hati kamu tumbuh menjadi lelaki yang tak hanya kuat secara fisik, tetapi juga kuat secara mental dan senantiasa berbuat baik. Kamu juga berharap ia akan dihormati oleh banyak orang akibat sifatnya yang bersahaja.

5. Asher (Azka Asher, Asher Azka)

Mengingat nama Azka adalah nama yang fleksibel, sepertinya tak ada salahnya jika kita mengombinasikan nama itu dengan nama barat modern. Contohnya adalah Asher, nama yang penggunaannya banyak dijumpai di Amerika Serikat.

Baca jugaArti Nama Alfarizi

Asher berasal dari turunan kata dalam bahasa Inggris dan memiliki arti “yang diberkati”. Makna yang tercipta ketika ia dikombinasikan dengan Azka adalah “anak laki-laki yang shaleh, berbudi luhur, dan selalu mendapat berkah”.