Arti Nama Azzam dan Kombinasinya Untuk Bayi Laki-Laki

Arti Nama Azzam

Arti Nama Azzam

Bagi para penyuka nama islami, terdapat banyak nama yang bisa dijadikan sebagai inspirasi penamaan buah hati, adik, atau keponakan. Salah satunya adalah Azzam, nama dari bahasa Arab yang biasanya digunakan oleh bayi laki-laki.

Azzam memiliki arti “kebulatan tekad”. Apabila kamu menyematkan nama Azzam, maka kamu menyematkan doa bahwa anak, adik, atau keponakan kamu akan menjadi orang yang tegas dan berkemauan kuat. Ia tidak mudah disetir orang lain, apalagi dimanfaatkan.

Azzam adalah nama yang cocok dikombinasikan dengan banyak nama, baik itu sebagai nama depan, tengah, atau belakang. Berikut adalah beberapa kombinasi yang bisa jadi inspirasi kamu.

1. Abrisam (Azzam Abrisam, Abrisam Azzam)

Abrisam adalah nama islami yang memiliki arti “lembut”. Sekalipun arti nama Azzam dan Abrisam bertentangan, keduanya tetap cocok dikombinasikan. Makna yang akan tercipta adalah lelaki yang lembut hatinya, tetapi teguh pendiriannya.

Tak hanya cocok dikombinasikan karena makna, nama Azzam dan Abrisam juga cocok dikombinasikan karena akhiran kata -am yang sama.

Abrisam cocok digunakan bagi kamu yang menginginkan nama anti-mainstream, alias jarang digunakan. Rekomendasi nama lain yang juga anti-mainstream adalah Aijaz (diberkati) dan Auladi (anakku).

2. Fahreza (Azzam Fahreza, Fahreza Azzam)

Fahreza adalah nama yang berasal dari Arab. Ia memiliki arti yang amat dalam, yakni “ksatria”.

Apabila nama Fahreza dan Azzam dikombinasikan, maka makna yang tercipta adalah lelaki tegas yang bersikap ksatria. Dalam konteks ini, ksatria dapat berarti kuat secara fisik dan memiliki mental baja. Nama yang mengagumkan untuk seorang anak laki-laki, bukan?

3. Abiyu (Azzam Abiyu, Abiyu Azzam)

Abiyu adalah nama islami yang juga terdengar tradisional (Jawa). Ia memiliki arti “bangsawan”.

Dengan nama Abiyu, berarti kamu berharap bahwa anak, adik, atau keponakan laki-laki kamu tumbuh menjadi seseorang yang menciptakan pengaruh besar bagi orang-orang di sekitarnya. Ia juga dihormati akibat kepribadian baik serta auranya yang kuat.

Baca jugaArti Nama Alfarizi

Apabila kamu kurang menyukai nama Abiyu, kamu bisa menggunakan nama Miyaz (terkenal).

4. Muzakki (Azzam Muzakki, Muzakki Azzam)

Muzakki, nama yang memiliki arti “membersihkan diri dengan zakat” cocok dikombinasikan dengan Azzam. Selain karena sama-sama merupakan nama islami, makna nama Muzakki juga melengkapi makna Azzam: orang yang teguh pendirian, terutama dalam hal kesucian.

Nama Muzakki menyimpan harapan bahwa anak, adik, atau keponakan laki-laki kamu akan senantiasa bersikap jujur dan tak serakah. Ia akan mementingkan akhirat daripada dunia.

Nama lain yang juga bisa kamu gunakan adalah Awwab (taat kepada Tuhan) dan Hanif (taat pada ajaran Islam).

5. Altan (Azzam Altan, Altan Azzam)

Jika rekomendasi-rekomendasi di atas berasal dari bahasa Arab, rekomendasi kali ini berasal dari bahasa Turki: Altan.

Altan memiliki arti fajar, alias waktu di mana matahari baru akan terbit. Sama seperti arti fajar, seseorang yang menyandang nama Altan diharapkan akan menjadi manusia yang menjadi awal dari semangat. Tak hanya itu, ia juga ditunggu-tunggu dan dikonotasikan dengan berbagai hal baik.

Apabila kamu kurang tertarik untuk menggunakan nama Altan, rekomendasi nama lain yang juga terinspirasi dari benda-benda menarik adalah Jauhara (mutiara) dan Adhara (rasi bintang Canis).

6. Nareswara (Azzam Nareswara, Nareswara Azzam)

Nareswara adalah nama Indonesia yang memiliki arti serupa dengan raja.

Apabila dikombinasikan dengan nama Azzam, maka makna yang tercipta akan saling melengkapi: raja yang teguh pendirian. Anak, adik, atau keponakan laki-laki kamu pun diharapkan akan menjadi pemimpin yang cerdas, tegas, dan berprinsip. Ia selalu yakin akan keputusannya, juga tak mampu disogok oleh orang lain.

Baca jugaArti Nama Umar

Apabila kamu menginginkan nama lain yang juga berkonotasi dengan pemimpin, tapi lebih islami, nama lain yang bisa digunakan adalah Aulian (pemimpin).