Arti Nama Bilqis dan Kombinasinya untuk Bayi Perempuan

Arti Nama Bilqis

Arti Nama Bilqis

Pernahkah kamu mendengar nama Bilqis?

Sepertinya pasti pernah. Bilqis adalah nama perempuan yang cukup populer di Indonesia, terutama di kalangan muslim. Nama itu pertama kali dipopulerkan oleh Ratu Bilqis, ratu Negeri Saba yang kisahnya tercantum di Alquran.

Ratu Bilqis menikah dengan Nabi Sulaiman AS, nabi yang membuat beliau memercayai Islam.

Kecantikan, kepiawaian Ratu Bilqis dalam memimpin, dan kepercayaan beliau terhadap Islam membuat beberapa orangtua terinspirasi untuk menamani buah hati mereka dengan nama ini. Salah satunya adalah penyanyi Ayu Ting-Ting yang menamai putri kecilnya dengan nama Bilqis Khumairah Razaq. Bilqis juga memiliki arti yang bagus, lho: cantik. 

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan nama Bilqis? Berikut adalah nama-nama yang bisa kamu pasangkan dengan nama ini!

1. Humaira (Bilqis Humaira – Humaira Bilqis)

Nyaris sama dengan nama putri Ayu Ting-Ting, nama Humaira terdengar bagus untuk nama Bilqis, lho!

Humaira adalah nama islami yang memiliki arti kemerahan. Nama ini merupakan panggilan sayang Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah RA karena Aisyah RA memiliki pipi kemerahan. Sampai saat ini, pipi kemerahan sendiri merupakan simbol dari kulit yang cantik dan sehat.

Nama ini cocok untuk buah hati kamu yang manis, kan?

2. Azura (Bilqis Azura – Azura Bilqis)

Azura adalah nama islami yang cantik, tetapi jarang digunakan. Apalagi di Indonesia. Ia memiliki arti langit biru yang cocok bagi sifat putri kamu yang teduh.

Oh iya, Azura sendiri diriwayatkan sebagai anak dari Nabi Adam AS dan Hawa, lho! Azura menikah dengan saudaranya yang bernama Syits, lalu melahirkan keturunan-keturunannya di dunia. Syits sendiri terkenal dengan wawasannya yang dalam dan sifatnya yang dewasa.

3. Alisha (Bilqis Alisha – Alisha Bilqis)

Walaupun berasal dari Arab, nama Bilqis juga cocok disandingkan dengan nama dari daerah lain, lho! Salah satunya adalah Alisha yang berasal dari India.

Alisha memiliki arti yang dilindungi Tuhan. Apabila dikombinasikan dengan nama Bilqis, maka makna yang tercipta adalah ratu cantik yang piawai dan selalu dilindungi Tuhan dalam melaksanakan tugasnya. Dengan begitu, ia pun terhindar dari masalah maupun marabahaya yang mengintai.

Baca juga : Arti Nama Anindita

4. Lakshita (Bilqis Lakshita – Lakshita Bilqis)

Bagi kamu penyuka nama yang anggun, Lakshita adalah pilihan yang bagus, lho!

Lakshita memiliki arti yang terhormat. Dengan memberikan nama ini bersama nama Bilqis untuk buah hati kamu, maka kamu berharap agar ia tumbuh menjadi pemimpin wanita yang bersahaja. Ia dihormati akibat kepemimpinan serta sifatnya yang baik.

5. Khandra (Bilqis Khandra – Khandra Bilqis)

Khandra memiliki arti cahaya. Apabila dikombinasikan dengan Bilqis, maka makna yang tercipta adalah pemimpin wanita yang menjadi cahaya bagi orang-orang yang ia pimpin. Ia adalah orang yang cerdas, suka membawa perubahan baik, dan senantiasa berempati pada orang-orang di sekitarnya.

Nama ini cocok digunakan apabila kamu menginginkan putri kecil kamu tumbuh jadi wanita yang berpengaruh.

6. Ayyara (Bilqis Ayyara – Ayyara Bilqis)

Kamu penggemar puisi atau sastra? Nama ini pasti menarik untuk kamu: Ayyara.

Ayyara adalah nama dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti puisi. Selain menggambarkan minat dan kecintaan kamu terhadap dunia sastra, nama ini juga merupakan doa agar putri kesayangan kamu menjadi orang yang terpelajar, berwawasan, dan indah seperti puisi.

7. Assyifa (Bilqis Assyifa – Assyifa Bilqis)

Assyifa adalah nama perempuan islami yang memiliki arti penyembuh. Arti nama ini adalah pelengkap yang tepat bagi nama Bilqis.

Jika disandingkan, keduanya membentuk makna: ratu yang menjadi “penyembuh” di daerah yang ia pimpin. Dalam konteks ini, “penyembuh” bisa dimaknai sebagai orang yang memperbaiki keadaan buruk.

Ssst, nama ini juga cocok kamu pilih apabila kamu ingin putri kamu tumbuh menjadi seorang dokter.

Baca juga : Arti Nama Aulia

Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah menentukan pilihan?