Arti Nama Dewi Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan

Arti Nama Dewi

Arti Nama Dewi

Siapa yang tak menginginkan sosok anak perempuan yang tangguh secara fisik, tapi memiliki hati yang lembut?

Sepertinya tak ada. Bahkan, kamu mungkin adalah satu dari sekian banyak orang tua yang menginginkan hal tersebut.

Untuk mendidik anak perempuan menjadi wanita yang tangguh sekaligus lembut bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu banyak belajar, meluangkan banyak waktu untuk mendidik karakternya, bahkan terkadang sampai harus mengorbankan sesuatu. Tak hanya itu, kamu juga perlu memberinya motivasi untuk selalu berbuat baik, juga memercayakan harapan padanya.

Salah satu cara untuk “menitipkan” harapan tersebut adalah menyelipkan doa-doa baik dalam namanya.

Ada banyak nama yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan, seperti misalnya Dewi.

1. Asal-Usul Nama Dewi

Dewi adalah kata dalam bahasa Sansekerta yang berarti bidadari. Ia adalah pasangan dari kata dewa, tetapi dalam konteks feminin.

Akibat penyerapan kata yang selama ini umum ditemui dalam bahasa Indonesia, kata dewi juga dapat ditemui dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahkan juga bahasa Jawa. Dalam bahasa Indonesia, ia memiliki arti yang kurang lebih sama, sementara dalam bahasa Jawa, ia memiliki makna “wanita yang tabah”.

Baca jugaArti Nama Syifa

Nama Dewi (turunan dari Devi) adalah nama yang cukup umum ditemui, terutama di Indonesia dan India. Namun, walaupun sudah cukup umum dijumpai, bukan berarti nama ini sudah usang atau tidak pantas digunakan lagi, lho! Dewi dapat dikombinasikan dengan nama lain yang lebih unik, atau bahkan lebih menyimpan kenangan. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

2. Amitha (Dewi Amitha, Amitha Dewi)

Sama seperti Dewi, Amitha (bisa ditulis sebagai Amita) adalah kata dalam bahasa Sansekerta yang memiliki arti “tak terbatas”.

Makna Amitha memiliki berbagai konteks. Pertama, tak terbatas kekayaan harta duniawi maupun surgawinya, sehingga dengan kebaikan hatinya, ia tak keberatan untuk membagi apa pun. Kedua, tak terbatas kemampuannya, sehingga ia dianggap sebagai anak serbabisa.

Apabila kamu kurang menyukai nama Amitha, kamu bisa menggunakan Ambar untuk kesan yang lebih Indonesia, atau Amberley untuk kesan modern. Keduanya sama-sama bermakna langit (yang tak terbatas).

3. Gayatri (Dewi Gayatri, Gayatri Dewi)

Gayatri adalah nama dari bahasa Sansekerta yang berarti “cerdas dan sejahtera”.

Apabila nama Gayatri digabungkan dengan nama Dewi, maka makna yang tercipta adalah “wanita secantik bidadari yang cerdas dan sukses”. Makna yang indah, bukan?

Rekomendasi nama lain yang bisa kamu gunakan adalah Navya (cerdas dan dihormati), Rajita (cerdas dan dikagumi), dan Widya (cerdas dan berpengetahuan).

4. Maharani (Dewi Maharani, Maharani Dewi)

Maharani adalah istilah yang memiliki arti maharatu.

Sosok Maharani, alias ratu yang memimpin banyak rakyat, digambarkan sebagai sosok wanita pemimpin yang adil, tegas, jujur, dan bijaksana. Ia dikagumi dan dihormati oleh orang lain akibat kepiawaiannya dalam memimpin.

Apabila kamu menginginkan sosok anak, adik, atau keponakan perempuan yang berjiwa pemimpin dan kelak dihormati oleh banyak orang, nama ini adalah nama yang patut menjadi pertimbangan.

5. Chandani (Dewi Chandani, Chandani Dewi)

Apakah kamu penggemar nama-nama islami yang unik?

Jika ya, nama Chandani adalah nama yang tepat untuk kamu. Chandani sendiri adalah nama islami yang memiliki arti “sinar rembulan”.

Apabila digabungkan dengan nama Dewi, makna yang tercipta adalah wanita laksana bidadari yang anggun, lembut, dan senantiasa menjadi penerang saat gelap gulita.

Kombinasi nama Dewi dan Chandani adalah kombinasi yang tepat apabila kamu ingin anak, adik, atau keponakan perempuan kamu tumbuh menjadi wanita anggun yang berguna bagi orang-orang di sekitarnya.

Nama lain yang juga berhubungan dengan objek secantik sinar rembulan adalah Jauhara (mutiara), Jauza (bintang), dan Nura (cahaya).

6. Salma (Dewi Salma, Salma Dewi)

Salma adalah kata yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti “selamat”. Nama ini sendiri cukup mudah ditemui di Indonesia. Salah satu tokoh terkenal yang menyandang namanya adalah Happy Salma, artis Indonesia yang kerap malang-melintang di dunia pertelevisian.

Apabila kamu menyandangkan nama Dewi dan Salma, kamu berharap bahwa anak, adik, atau keponakan perempuan kamu tumbuh menjadi wanita yang senantiasa mendapat pertolongan Tuhan, dikelilingi oleh orang-orang baik, dan dijaga oleh para malaikat. Selain itu, kamu juga berharap bahwa ia selamat, baik di dunia maupun akhirat.

Baca jugaArti Nama Zahra

Rekomendasi nama lain yang bisa kamu gunakan adalah Saidah, Fauziyah, dan Faizah. Ketiganya memiliki makna “beruntung”.

Arti Nama Dewi Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan | nur azizah | 4.5