Arti Nama Dinda dan Kombinasinya untuk Bayi Perempuan

Arti Nama Dinda

Arti Nama Dinda

Bagi kamu yang sedang menantikan kehadiran sang buah hati, kegiatan memilih nama bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyebalkan. Menyenangkan apabila kamu telah memiliki referensi nama, menyebalkan apabila kamu belum menemukan ide sama sekali padahal tanggal kelahirannya semakin dekat.

Apabila kamu adalah salah satu orangtua yang menganggap kegiatan ini “menyebalkan”, tenang saja. Siopung rutin memberikan rekomendasi nama, kok! Kali ini, rekomendasi nama yang diberikan adalah Dinda. 

Dinda memiliki arti yang tersayang. Nama ini juga kerap diasosiasikan dengan nama Adinda, alias panggilan Melayu lama bernuansa puitis dari seorang laki-laki kepada gadis yang lebih muda.

Dinda adalah nama yang umum ditemui di Indonesia. Salah satu public figure yang menyandang namanya adalah Dinda Kirana, pemeran Bebi dalam sinetron lama Kepompong yang sekarang merambah ke dunia per-Youtube-an.


Berikut adalah rekomendasi nama-nama yang tepat untuk dipasangkan dengan nama Dinda.

1. Batari (Dinda Batari – Batari Dinda)

Batari adalah nama Sanskerta yang memiliki arti dewi. Dengan memberikan nama ini kepada putri kecil kamu, maka ia diharapkan tumbuh menjadi seorang wanita yang anggun, cantik, dan bijaksana sebagaimana sosok dewi biasa digambarkan.

Kombinasinya dengan nama Dinda membentuk makna yang bagus: dewi yang tersayang. 

Apabila kamu kurang menyukai penulisan nama Batari, jangan khawatir. Kamu bisa menggantinya dengan Bhetari atau Betari yang memiliki makna serupa, kok!

Baca juga : Arti Nama Gita

2. Utari (Dinda Utari – Utari Dinda)

Masih penasaran dengan nama Sanskerta selain Batari? Nih, ada nama Utari yang juga cocok dipasangkan dengan nama Dinda!

Menurut sumber-sumber yang beredar, nama Utari memiliki dua interpretasi. Pertama, karena Utari kerap diasosiasikan dengan kata utara, maka nama Utari dianggap memiliki makna penunjuk. Kamu sadar, kan, bahwa kompas selalu menunjuk ke arah utara?

Dengan nama ini, maka putri kamu diharapkan selalu memiliki arah dalam hidupnya.

Interpretasi kedua, nama Utari juga kerap diasosiasikan dengan matahari. Dengan nama ini, maka kamu berharap bahwa putri kecil kamu bisa menjadi penerang bagi orang-orang yang membutuhkan. Ia diharapkan memiliki hati yang mulia, sifat penolong, dan kebijaksanaan.

3. Humaira (Dinda Humaira – Humaira Dinda)

Mengombinasikan nama Indonesia dengan nama berunsur islami? Kenapa tidak?

Humaira memiliki arti kemerahan. Nama ini merupakan panggilan sayang dari Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah RA karena Aisyah RA digambarkan sebagai sosok wanita cantik yang pipinya bersemu-semu. Nama ini adalah doa agar buah hati kamu menjadi anak perempuan kesayangan yang berparas cantik dan berkulit sehat.

Baca juga : Arti Nama Najwa

4. Azzahra (Dinda Azzahra – Azzahra Dinda)

Siapa yang tak familiar dengan nama berunsur islami ini? Sepertinya tidak ada. Nama Azzahra adalah nama yang sangat umum dijumpai di Indonesia. Inspirasi penamaannya sendiri berasal dari putri kesayangan Nabi Muhammad SAW, yakni Fatimah Azzahra.

Fatimah Azzahra digambarkan sebagai sosok wanita yang cerdas dan baik. Nama ini cocok digunakan apabila kamu berharap buah hati kamu tumbuh menjadi sosok seperti beliau. Kamu pasti ingin, kan?

5. Aleeya (Dinda Aleeya – Aleeya Dinda)

Tertarik dengan nama islami, tetapi ingin nama yang unik? Aleeya adalah pilihan yang tepat!

Aleeya memiliki arti mulia. Kemuliaan tersebut adalah buah dari kebaikan hati serta taatnya dalam beragama. Dengan kemuliaan ini, ia diharapkan menjadi wanita kesayangan di mata agama maupun orang lain. Nama yang bermakna dalam, bukan?

Baca juga : Arti Nama Aulia

6. Dewi (Dinda Dewi – Dewi Dinda)

Kata siapa nama bersuku kata dua tidak cocok dikombinasikan dengan nama bersuku kata dua lainnya? Bisa, kok! Contohnya adalah nama Dinda dan Dewi.

Dewi adalah nama Sanskerta yang artinya serupa dengan bidadari. Dewi digambarkan sebagai wanita yang tangguh, bijaksana, cerdas, sekaligus tanggap. Apabila kamu mengombinasikan nama Dewi dengan Dinda, maka makna yang tercipta adalah bidadari kesayangan. 

Psst, apabila kamu merasa nama Dinda Dewi terlalu singkat, kamu tentu bisa menambahkan nama lain menjadi nama ketiga, lho! Contohnya adalah Dinda Dewi Gayatri atau Dinda Dewi Laksita. Jadi tambah indah, kan?

7. Maharani (Dinda Maharani – Maharani Dinda)

Sepertinya nama Dinda memang paling cocok dikombinasikan dengan nama Sanskerta, ya! Contohnya adalah nama Maharani.

Maharani memiliki arti maharatu (ratu). Nama ini adalah harapan agar putri kecil kamu menjadi pemimpin yang hebat nantinya. Ia diharapkan memiliki sifat adil, cerdas, kuat, dan bijaksana.